Pelepasan Air Limbah Radioaktif Fukushima Harus Transparan

Penulis : Aryo Bhawono

Nuklir

Senin, 23 Mei 2022

Editor : Kennial Laia

BETAHITA.ID - Kepala Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/ IAEA) menekankan pentingnya transparansi dalam persiapan pelepasan air limbah radioaktif pembangkit nuklir Fukushima. Persiapan pelepasan limbah radioaktif ini memicu kekhawatiran di dalam dan di luar Jepang.

Direktur Jenderal IAEA, Rafael Grossi, yang membantu rencana Jepang untuk mulai melepaskan air limbah ke laut tahun depan, mengatakan lembaganya akan membantu menjaga transparansi selama proses tersebut.

Grossi bertemu dengan para pejabat untuk membahas rencana pelepasan air limbah radioaktif yang telah mendapat perhatian internasional. Pada hari Kamis (19/5/2022), ia mengunjungi pabrik Fukushima Daiichi untuk mengamati penghentian yang sedang berlangsung dan persiapan untuk pembuangan air limbah.

Pemerintah Jepang sendiri mengatakan pembuangan air, yang disimpan dalam ratusan tangki besar, diperlukan untuk pembersihan dan penonaktifan pabrik untuk bergerak maju.

Pembangkit Nuklir di Fukushima, Jepang. (Dok. IAEA Image Bank)

Grossi menyinggung kekhawatiran di Jepang dan negara-negara tetangga tentang kemungkinan bahaya kesehatan dari pelepasan air limbah. Air tersebut mengandung tritium, produk sampingan dari produksi tenaga nuklir yang tidak dapat dipisahkan dari air dan kemungkinan karsinogen pada tingkat tinggi.

“Saya berangkat dari prinsip bahwa setiap perhatian serius yang jujur ​​harus ditanggapi dengan serius dan setiap upaya harus dilakukan untuk mengatasinya. Untuk negara-negara ini, negara mana pun, yang berhak mereka minta adalah agar standar internasional dipatuhi, tidak lebih, tidak kurang,” kata Grossi seperti dikutip dari APNews.

Ia menekankan peran IAEA adalah untuk memastikan bahwa tindakan yang diambil sepenuhnya sejalan dengan standar internasional. Hingga kini Cina dan Korea Selatan menentang keras rencana tersebut.

Komunitas nelayan setempat mengatakan pelepasan akan merusak reputasi tangkapan mereka karena air limbah juga mengandung isotop lain seperti cesium dan stronsium, yang akan dikurangi jauh di bawah batas legal, tetapi tidak sampai nol.

Pemerintah Jepang telah menghadapi kritik publik berulang kali karena meminimalkan risiko apa pun dari air limbah. Tahun lalu, badan rekonstruksi harus menghapus video yang menggambarkan tritium sebagai karakter kartun lucu yang berenang di segelas air.

Regulator nuklir Jepang minggu ini menyetujui rencana oleh operator pembangkit listrik, Tokyo Electric Power Company Holdings, untuk melepaskan air, dengan mengatakan risiko radiasi terhadap lingkungan minimal.

Gempa bumi besar dan tsunami pada tahun 2011 menghancurkan sistem pendingin pembangkit Fukushima, menyebabkan tiga inti reaktor meleleh dan melepaskan sejumlah besar radiasi. Air yang digunakan untuk mendinginkan inti reaktor yang rusak, yang tetap mengandung radioaktif, telah bocor ke ruang bawah tanah reaktor. Air ini ditampung, dikumpulkan, dan disimpan dalam tangki.