Rafflesia Arnoldii Mekar Sempurna di Palupuh Agam

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 24 Mei 2022

Editor :

BETAHITA.ID - Satu individu Rafflesia ditemukan mekar sempurna oleh pegiat wisata di kawasan hutan lindung di Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam Maninjau Ade Putra menjelaskan, bunga Rafflesia jenis arnoldii itu termasuk langka dan dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Oleh karenanya, Ade mengimbau pengunjung menjaga dan tidak boleh merusak habitatnya.

"Tumbuhan itu termasuk dilindungi dan ada sanksi yang diatur dalam undang-undang jika merusaknya," kata Ade, dilansir dari Antara, Senin (23/5/2022).

Pegiat wisata Batang Palupuh Joni Hartono menyebut, bunga rafflesia itu mekar sempurna hari kedua pada Senin (23/5/2022).

Bunga rafflesia yang mekar di kawasan hutan lindung./Foto: Antara/Dok Joni Hartono

"Bunga Rafflesia itu mekar hari pertama pada Minggu (22/5) dan posisi bunga itu berada di luar kawasan Cagar Alam Batang Palupuh," katanya.

Joni mengatakan, bunga itu tumbuh pada inangnya di antara pohon dengan jarak sekitar 10 centimeter dari tanah.

Di lokasi, ujarnya, ada enam knop bunga Rafflesia lain dengan jarak tempuh sekitar dua jam perjalanan dari lokasi kendaraan parkir. Keberadaan bunga itu telah dipromosikan melalui travel dan hotel.

"Kunjungan wisatawan ke lokasi belum ada, karena saya baru mempromosikan pada Minggu (22/5)," katanya.

Ia mengakui, sebaran bunga Rafflesia di daerah itu ada empat titik di hutan lindung dengan jumlah 18 knop. Sementara di halaman rumah orang tuanya ada 20 knop dan kawasan Cagar Alam Batang Palupuh sebanyak enam knop.

"Diperkirakan ada satu individu bunga Rafflesia itu bakal mekar sempurna beberapa bulan ke depan," katanya.