Rafflesia Arnoldii Mekar Sempurna di Halaman Warga Papuluh Agam

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Sabtu, 02 Juli 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Puspa langka Rafflesia jenis arnoldii dilaporkan mekar sempurna di halaman rumah warga Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Rafflesia satu ini bukan tumbuhan liar, melainkan tumbuhan langka yang memang sengaja dibudidayakan oleh Joni Hartono, pegiat Wisata Palupuh, di halaman rumah orang tuanya.

"Bunga ini mekar semenjak Kamis (30/5/2022) dan diperkirakan pada 5 Juni 2022 akan layu," kata Joni, dikutip dari Antara.

Menurut Joni, sejak Januari hingga Juni 2022, sudah ada empat Rafflesia arnoldii yang mekar sempurna di halaman rumah orang tuanya ini. Sementara jumlah knop atau bonggol Rafflesia yang ada di tempat itu masih ada sekitar 20 buah.

"Diperkirakan beberapa bulan ke depan masih ada bunga itu mekar. Bunga itu dibudidaya semenjak 2000 dengan mengambil dan menanam inang di halaman rumah."

Joni menunjukkan Rafflesia arnoldii yang mekar sempurna di halaman rumah orang tuanya di Palupuh, Agam, apda April 2022 lalu./Foto: Antara

Selain di halaman rumah orang tuanya, lanjut Jono, Rafflesia arnoldii juga ada yang mekar di sekitar hutan dekat Cagar Alam Batang Palupuh. Lokasinya berjarak sekitar satu kilometer dari rumah orang tuanya.

Joni bilang, keberadaan Rafflesia arnoldii mekar ini sudah disampaikan kepada sejumlah agen travel, hotel dan lainnya. Sejauh ini sudah ada 6 wisatawan mancanegara, asal Perancis, Jepang, Inggris dan lainnya, yang mendatangi lokasi Rafflesia mekar itu.

"Kalau jumlah tamu mengunjungi tidak menentu. Kadang banyak dan kadang kurang. Seluruh wisatawan saya bawa ke Rafflesia yang hidup di hutan, kecuali tidak ada di hutan, baru dibawa ke halaman rumah," ujar Joni.