Peneliti BRIN Temukan Dua Jenis Tanaman Begonia Baru

Penulis : Aryo Bhawono

Biodiversitas

Senin, 25 Juli 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Peneliti Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wisnu Handoyo Ardi, menemukan dua jenis baru begonia yaitu Begonia Fairchildii dan Begonia Molucca. Penemuan ini menambah daftar penemuan spesies baru flora di Indonesia.

“Begonia fairchildii saat ini hanya dapat ditemukan di Pulau Halmahera dan Kahatola, sedangkan Begonia moluccana hanya di Halmahera saja” ujarnyaseperti dikutip dari situs BRIN.

Begonia adalah tanaman berbunga yang mekar sepanjang tahun dari famili Begoniaceae. Umumnya begonia bisa ditemukan di daerah beriklim subtropis atau tropis lembab, seperti di Amerika Selatan, Afrika dan Asia. 

Begonia fairchildii merupakan jenis yang unik pada kelompok begonia seksi Petermannia yang ada di wilayah Indonesia. Karakter spesifik pembeda dari jenis ini dengan jenis lainnya lainnya terdapat pada perhiasan bunga betinanya yang berjumlah dua helai, dan adanya bintil-bintil pada bagian pertemuan antara pangkal daun dengan ujung tangkai daunnya..

Dua jenis baru begonia baru yang ditemukan peneliti BRIN, yaitu Begonia Fairchildii dan Begonia Molucca.

Sedangkan Begonia molucca dapat dibedakan dari beberapa kombinasi karakter, seperti pada tangkai daunnya yang lebih panjang, dan tangkai buah (infructescence) yang lebih pendek. 

Kedua jenis begonia tersebut memiliki buah bersayap tiga. Pada saat buah matang, tangkai buahnya akan tetap lurus dan tidak melengkung, walaupun jenis ini mirip dengan Begonia glabricaulis yang berasal dari Papua.

Spesimen kedua jenis ini dikoleksi pada tahun 2011, pada kegiatan eksplorasi kerjasama antara Kebun Raya Bogor dan Fairchild Tropical Botanic Garden (USA). Kegiatan eksplorasi tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk napak tilas eksplorasi David Fairchild ke Maluku. Nama Begonia fairchildii digunakan sebagai bentuk apresiasi kepada botanis Amerika yaitu David G Fairchild, sebagai kolektor spesimen tipe dan juga botanis yang melakukan ekspedisi botani di wilayah Maluku pada tahun 1940-an. Sedangkan nama Begonia moluccana sendiri diambil dari nama kepulauan di mana jenis ini ditemukan.

Begonia sendiri banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena keunikan baik corak, serta bentuk daunnya. Beberapa jenis diketahui memiliki potensi obat yang cukup prospektif, diantara salah satu jenis endemik dari Sulawesi (Begonia medicinalis) yang telah dimanfaatkan oleh penduduk lokal sebagai obat berbagai macam penyakit termasuk kanker.

Wisnu menambahkan, di dunia terdapat 2070 spesies begonia, sedangkan di Indonesia diperkirakan tedapat kurang lebih 400 jenis. “Adapun sampai saat ini baru 70 begonia yang telah terkonservasi di Kebun Raya Bogor,” ujarnya.