Perubahan Tingkat Temperatur Dapat Menyebabkan Kepunahan

Penulis : Aryo Bhawono

Ekologi

Selasa, 26 Juli 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  

Seorang profesor emeritus di Universitas Tohoku menemukan bukti yang menunjukkan hubungan kuat antara besarnya kepunahan massal dan perubahan suhu global pada masa geologis. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Biogeosciences pada 22 Juli 2022.

Perubahan iklim yang tiba-tiba, disertai dengan kerusakan lingkungan akibat letusan gunung berapi besar dan meteorit, telah menyebabkan kepunahan massal besar-besaran di sepanjang Eon Fanerozoikum, meliputi 539 juta tahun hingga saat ini.

Sampai saat ini terdapat beberapa evaluasi kuantitatif tentang hubungan antara anomali suhu tanah dan kepunahan hewan darat. Selain itu, hewan laut dan darat telah mengalami tingkat kepunahan yang berbeda, dan fenomena ini masih belum dieksplorasi.

Genus dan Spesies Punah Akibat Perubahan Temperatur Pada Masa Geologis . Sumber: Biogeosciences

Profesor Emeritus, Kunio Kaiho, menunjukkan bahwa tingkat kepunahan invertebrata laut dan tetrapoda terestrial (hewan vertebrata di darat) berhubungan dengan penyimpangan suhu permukaan global dan habitat, terlepas dari apakah itu mendingin atau memanas. Hilangnya spesies selama lima besar kepunahan besar berkorelasi dengan pendinginan global lebih besar 7 Derajat Celcius dan pemanasan global lebih besar 7-9 Derajat C untuk hewan laut, dan pendinginan global lebih besar 7 Derajat C dan global pemanasan lebih besar atau sama dengan 7 Derajat C untuk tetrapoda terestrial.

"Temuan ini menunjukkan bahwa semakin besar perubahan iklim, semakin besar kepunahan massal. Mereka juga memberi tahu kita bahwa setiap kepunahan prospektif yang terkait dengan aktivitas manusia tidak akan memiliki proporsi yang sama ketika besarnya kepunahan berubah sehubungan dengan anomali suhu permukaan global," ucapnya seperti dikutip dari Phys.

Kaiho mengutip penelitian sebelumnya, yang mengklaim kenaikan suhu 5,2 Derajat C pada suhu global rata-rata akan menghasilkan peristiwa kepunahan massal yang sebanding dengan yang sebelumnya. Namun, berdasarkan analisis penelitian ini, suhu perlu diubah sebesar 9 Derajat C, dan ini tidak akan muncul sampai 2500 dalam skenario terburuk.

"Meskipun memprediksi tingkat kepunahan di masa depan sulit karena penyebabnya akan berbeda dari yang sebelumnya, ada cukup bukti untuk menunjukkan bahwa kepunahan yang akan datang tidak akan mencapai besaran masa lalu jika anomali suhu permukaan global dan anomali lingkungan lainnya juga berubah," kata Kaiho.

Kaiho juga menemukan toleransi yang lebih rendah untuk tetrapoda darat daripada hewan laut untuk peristiwa pemanasan global. Namun, hewan laut memiliki toleransi yang lebih kecil terhadap perubahan suhu habitat yang sama dibandingkan hewan darat. Hal ini karena anomali suhu di darat 2,2 kali lebih tinggi dari suhu permukaan laut. Fenomena ini sesuai dengan pola kepunahan yang sedang berlangsung.

Ke depan, Kaiho berusaha untuk memprediksi besaran kepunahan hewan di masa depan yang terjadi antara tahun 2000-2500.