Seribu Hektare Lahan Riau Terbakar Sepanjang Januari-Juli 2022

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Karhutla

Senin, 08 Agustus 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), luas hutan dan lahan terbakar di Provinsi Riau sepanjang Januari hingga Juli 2022 tercatat mencapai 1.060,85 hektare. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) itu terjadi di seluruh kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Riau Edy Afrizal mengatakan, karhutla ini berdampak paling luas di Kabupaten Rokan Hulu. "Selama tujuh bulan ini luas karhutla di Rokan Hulu mencapai 302 hektare," kata Edy, dilansir dari Antara, Sabtu (6/8/2022).

Selanjutnya, karhutla di wilayah Kabupaten Kampar tercatat 139 hektare, Bengkalis 136 hektare, Rokan Hilir 147 hektare, Pelalawan 113 hektare, dan Indragiri Hilir 80 hektare.

Aparat kepolisian membantu memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau./Foto: ANTARA/HO-Polres Meranti.

Kemudian, di Kabupaten Dumai luas karhutla sebesar 49 hektare, Meranti 32 hektare, Indragiri Hulu 31 hektare, Pekanbaru 13 hektare, Siak 13 hektare, dan Kuantan Singingi 0,50 hektare.

Menurut Edy, dalam penanganan karhutla di Riau, para personel Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan mengakui sejumlah kendala dalam pelaksanaan operasi pemadaman di lokasi titik panas dan titik api.

"Akses menuju lokasi karhutla sulit dijangkau tim darat, kondisi angin kencang, dan sumber air yang juga sulit."

Edy mengklaim, kesadaran warga dalam mencegah dan menanggulangi karhutla meningkat. Selain kondisi cuaca, kegiatan manusia juga bisa memicu karhutla. Edy mengingatkan warga agar tidak melakukan tindakan yang dapat menimbulkan karhutla.