Burung Kolibri Ini Ditemukan Kembali di Kolombia Setelah 13 Tahun

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 17 Agustus 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Spesies burung kolibri yang kurang dikenal yang disebut Santa Marta Sabrewing (Campylopterus phainopeplus) secara tak terduga ditemukan kembali di dataran tinggi Kolombia 13 tahun setelah terakhir terlihat.

Santa Marta Sabrewing adalah spesies burung kolibri yang relatif besar dalam famili Trochilidae. Pertama kali terdokumentasikan pada 1946, burung ini endemik di dataran tinggi Sierra Nevada de Santa Marta di Kolombia.

Habitat alaminya adalah hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis, padang rumput dataran tinggi subtropis atau tropis, dan perkebunan. Santa Marta Sabrewing sangat langka dan sulit dipahami sehingga dimasukkan sebagai salah satu dari 10 burung hilang yang paling dicari oleh Search for Lost Birds.

Terakhir kali ia memiliki penampakan yang terdokumentasi adalah pada 2010, ketika ahli burung menangkap foto pertama spesies tersebut di alam liar.

Gambar ini menunjukkan seekor Santa Marta Sabrewing jantan ( Campylopterus phainopeplus ). Santa Marta tidak memiliki penampakan yang terdokumentasi dalam 13 tahun; ini adalah ketiga kalinya burung kolibri didokumentasikan sejak dijelaskan oleh sains pada tahun 1946./Foto: Yurgen Vega / SELVA / ProCAT.

Yurgen Vega, seorang pengamat burung yang menemukan kembali saat bekerja dengan SELVA, ProCAT Colombia dan World Parrot Trust untuk mempelajari burung endemik di Sierra Nevada de Santa Marta menganggap penampakan burung kolibri langka ini merupakan sebuah kejutan.

"Ketika saya meninggalkan area tempat saya bekerja, seekor burung kolibri menarik perhatian saya. Saya mengeluarkan teropong saya dan terkejut melihat bahwa itu adalah sabrewing Santa Marta, dan dalam keberuntungan yang luar biasa, burung kolibri yang bertengger di cabang memberi saya waktu untuk mengambil foto dan video,” katanya.

Ahli ornitologi percaya bahwa populasi burung di Sierra Nevada de Santa Marta sangat kecil dan menurun. Spesies ini terdaftar sebagai sangat terancam punah di Daftar Merah Spesies Terancam IUCN , meskipun secara historis umum di bagian tenggara pegunungan.

“Penemuan kembali ini luar biasa, dan itu membuat saya berharap bahwa kita akan mulai lebih memahami burung misterius dan terancam ini,” kata Esteban Botero-Delgadillo, Direktur Ilmu Konservasi di SELVA: Research for Conservation in the Neotropics.

“Namun, kami menemukannya di area yang tidak terlindungi, yang berarti sangat penting bagi para konservasionis, komunitas lokal, dan lembaga pemerintah untuk bekerja sama mempelajari lebih lanjut tentang burung kolibri dan melindungi mereka serta habitatnya sebelum terlambat.”

Sabrewing Santa Marta mungkin bermigrasi, bergerak ke ketinggian yang lebih tinggi di páramo--ekosistem rumput dan semak belukar--selama musim hujan untuk mencari tanaman berbunga. Sebagian besar hutan di pegunungan Santa Marta telah dibuka untuk pertanian, dan para ilmuwan memperkirakan bahwa hanya 15 persen dari hutan yang masih utuh.

“Sierra Nevada de Santa Marta memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa dan menyimpan begitu banyak spesies endemik yang menakjubkan,” kata Lina Valencia, Koordinator Negara Andes di Re:wild.

“Sangat menyenangkan memiliki bukti bahwa sabrewing Santa Marta masih hidup di pegunungan. Kami masih punya waktu untuk menyimpannya.”

SCI-News