Dampak Negatif Media Sosial bagi Konservasi Gajah

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 16 Agustus 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Analisis terhadap postingan media sosial telah menyoroti bagaimana perhatian di Twitter tidak sejalan dengan ancaman paling mendesak terhadap gajah liar, yang mungkin memiliki konsekuensi negatif bagi konservasi gajah dan menyebabkan kebencian dari komunitas lokal yang hidup dengan gajah.

Penelitian yang dipimpin oleh Griffith University, yang dipublikasikan di Conservation Science and Practice, mengakui media sosial sebagai sumber berita yang berkembang untuk berbagi informasi konservasi. Tetapi hanya ada sedikit penelitian yang meneliti dampak media sosial terhadap konservasi satwa liar.

Untuk mengatasi kekhilafan ini, Ph.D. Kandidat Niall Hammond dari Center for Planetary Health and Food Security menggunakan gajah sebagai spesies uji untuk melakukan analisis konten tweet yang diposting tentang gajah selama 2019.

Menurut otoritas konservasi global, International Union for Conservation of Nature (IUCN), ancaman yang paling mendesak terhadap konservasi populasi gajah liar adalah hilangnya habitat, konflik manusia-gajah , dan perburuan, dengan besaran ancaman yang berbeda-beda di setiap wilayah tiga spesies gajah (Gajah Hutan Afrika, Gajah Savana Afrika, dan Gajah Asia).

Induk gajah terlihat bersama anaknya di Camp Elephant Rescue Unit (ERU) di Taman Nasional Way Kambas pada 2017. Foto: KLHK

“Sorotan utama adalah bahwa dari tiga ancaman utama terhadap gajah liar--perburuan liar, hilangnya habitat, dan konflik manusia-gajah--kurangnya perhatian di Twitter khususnya seputar hilangnya habitat dan konflik manusia-gajah,” kata Hammond.

"Analisis Twitter kami mengungkapkan ancaman utama ini jarang dibahas, dengan hilangnya habitat menjadi yang paling jarang dibahas (<1 persen semua tweet)" lanjut Hammond.

Temuan lainnya yakni:

  • Isu kesejahteraan gajah, seperti wisata naik gajah, menjadi topik yang paling banyak dibicarakan (23 persen).
  • Pengguna dari negara-negara non-gajah adalah suara dominan di Twitter (72 persen tweet dengan lokasi yang dapat diidentifikasi), dengan tweet ini cenderung membahas masalah kesejahteraan gajah dan perburuan trofi, yang bukan merupakan ancaman bagi konservasi gajah.
  • Sebaliknya, tweet dari pengguna dari negara-negara rentang gajah Afrika (14 persen) lebih cenderung membahas konflik manusia-gajah, perburuan, dan mempromosikan wisata gajah.
  • Demikian pula, pengguna dari negara-negara Asia yang memiliki gajah (13 persen) cenderung membahas konflik manusia-gajah dan wisata gajah tetapi tidak mungkin men-tweet tentang perburuan.

Temuan tersebut juga mengidentifikasi bahwa lokasi asal kicauan tersebut menyoroti perbedaan pemahaman dan pengalaman hidup dari mereka yang tinggal di negara-negara dengan gajah dan mereka yang tidak.

Hammond melanjutkan, pihaknya dapat melihat bahwa pengguna Twitter, misalnya, dari Botswana mempermasalahkan terutama orang-orang di Amerika Utara dan Eropa yang mengkritik bagaimana negara dan wilayah mereka memutuskan untuk mengelola satwa liar mereka sendiri,.

"Ketika kita menonton film dokumenter alam, gajah sering digambarkan hidup di daerah yang tidak ada manusianya, tapi kenyataannya tidak seperti itu," ujar Hammond.

Kenyataan yang terjadi adalah di banyak daerah, gajah dan manusia hidup di ruang bersama, di mana tidak ada pagar untuk memisahkan manusia dan satwa liar. Masyarakat di daerah ini membuat pengorbanan besar untuk gajah. Dalam beberapa kasus bahkan sampai memberlakukan jam malam sendiri di malam hari, karena kehadiran gajah atau petani tidur di ladang mereka untuk melindungi tanaman mereka dari gajah.

"Ini adalah pertanian subsisten yang sering dilakukan orang-orang, jadi jika seekor gajah masuk ke ladang mereka, seluruh mata pencaharian mereka bisa hilang."

Menurut Hammond, penting untuk mengakui pengorbanan yang dilakukan komunitas ini setiap hari dalam hidup berdampingan dengan gajah dan mengadvokasi hak yang lebih besar bagi masyarakat untuk mengelola satwa liar mereka secara berkelanjutan karena tanpa dukungan berkelanjutan mereka, konservasi gajah tidak akan mungkin terjadi.

Hammond mengatakan mengingat representasi pemangku kepentingan lokal yang relatif rendah dan terbatasnya liputan ancaman konservasi utama, ada kebutuhan untuk memastikan bahwa diskusi media sosial tidak terlalu memengaruhi pembuat keputusan.

PHYS