Spesies Baru Ikan Siput Laut Dalam Ditemukan di Palung Atacama

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Jumat, 21 Oktober 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Belum lama ini spesies baru ikan siput laut dalam ditemukan di Palung Atacama di bagian tenggara Samudera Pasifik. Spesies baru tersebut dinamakan Paraliparis selti. Ikan siput ini ditemukan di kedalaman 6.714 meter. Penemuan tersebut diuraikan dalam sebuah makalah di jurnal Marine Biodiversity.

Snailfishes atau ikan siput adalah anggota Liparidae, keluarga beragam lebih dari 400 spesies ikan yang ditemukan di setiap lautan. Mereka memiliki kisaran batimetri terluas yang diketahui dari keluarga vertebrata mana pun, dari palung intertidal hingga palung dalam.

Setidaknya 200 spesies ikan siput hadir di belahan bumi selatan, dan di antaranya, sekitar 150 spesies diketahui dari perairan Subantartika dan Antartika. Hanya enam genera dan sekitar 20 spesies yang diketahui dari Pasifik timur di lepas pantai barat Amerika Selatan.

Ikan siput sangat baik beradaptasi dengan lingkungan hadal, yang ditandai dengan suhu rendah (1-3 derajat Celcius), tekanan yang sangat tinggi, dan aktivitas seismik. Antara 6.000 hingga 8.143 m, mereka mendominasi hadal ichthyofauna di setidaknya 10 parit di seluruh dunia.

Gambar Paraliparis selti ini diambil dengan kamera berumpan pada kedalaman 6.520 m./Foto: Linley dkk ., doi: 10.1007/s12526-022-01294-0.

“Mereka sama sekali tidak seperti yang kita harapkan dari ikan laut dalam. Saya suka menunjukkan kepada orang-orang bahwa ikan terdalam di dunia sebenarnya sangat lucu,” kata Dr. Thomas Linley, seorang peneliti di Universitas Newcastle.

Satu-satunya spesimen Paraliparis selti dikumpulkan dari kedalaman 6.714 m dengan perangkap berumpan di Palung Atacama, Samudera Pasifik tenggara.

Paraliparis selti tidak terlihat seperti ikan siput lainnya dari zona hadal, wilayah lautan yang sangat dalam ini,” kata Dr. Linley.

“Ikan ini memiliki mata yang besar, warna biru yang mencolok, dan menyerupai spesies ikan siput lain yang akan Anda temukan hidup di perairan yang jauh lebih dangkal.”

Dr. Linley dan rekan-rekannya menggunakan analisis sifat karakter, micro-computed tomography (micro-CT), dan kode batang genetik untuk menunjukkan bahwa spesimen mereka termasuk dalam genus Paraliparis.

“Spesies dalam genus ini sangat melimpah di Samudra Selatan Antartika dan jarang terlihat lebih dalam dari 2.000 m. Kami sangat senang melihat hasil ini--ini adalah pertama kalinya genus ini ditemukan hidup di zona hadal,” kata Dr. Johanna Weston, peneliti pascadoktoral di Woods Hole Oceanographic Institution.

Dr. Mackenzie Gerringer, peneliti di State University of New York di Geneseo mengatakan, ikan biru kecil ini membuka pertanyaan baru tentang hubungan antara suhu dingin dan adaptasi tekanan tinggi dan memberikan pemahaman baru tentang bagaimana dan kapan kehidupan berevolusi ke kedalaman.

"Ini adalah pengingat akan keragaman unik yang belum ditemukan berkembang di bagian terdalam lautan kita."

SCI News