Sejumlah Spesies Burung Baru Ditemukan di Indonesia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Senin, 31 Oktober 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Ahli zoologi dari Trinity College Dublin, bekerja sama dengan tim peneliti di Indonesia, telah menemukan beberapa spesies baru burung matahari atau sunbirds tropis yang berwarna-warni. Para ahli zoologi telah mengidentifikasi spesies baru, burung matahari Wakatobi (Cinnyris infrenatus), yang hidup di kepulauan kecil Wakatobi di Indonesia bagian tengah.

Mereka juga memeriksa sunbirds berpunggung zaitun dan black sunbirds yang lebih luas, dan menemukan bahwa individu yang dinamai demikian sebenarnya milik beberapa spesies yang tidak dikenal. Dalam kombinasi, temuan menarik ini memiliki implikasi penting bagi pemahaman kita tentang evolusi di wilayah keanekaragaman hayati ini.

Hidup di daerah tropis dari Afrika hingga Australia, burung matahari terlihat mirip dengan burung kolibri Amerika dan mengisi ceruk ekologis yang serupa. Burung matahari jantan sering memiliki bulu yang cerah, dengan bulu warna-warni atau "logam" yang bersinar di bawah sinar matahari.

Selama ratusan tahun ahli zoologi telah memeriksa bulu burung matahari untuk menyebutkan spesies, lebih dari 140 di antaranya saat ini dikenali. Namun, dengan menggunakan bentuk bukti baru, termasuk DNA, rekaman lagu, dan analisis statistik pengukuran tubuh, para ahli zoologi telah mengungkapkan bahwa keluarga ini bahkan lebih beragam daripada yang telah disadari.

Sunbird Wakatobi jantan./Foto: Nicola Marples dan David Kelly, Trinity College Dublin.

Pekerjaan ini dilakukan bersama oleh para peneliti dari Trinity's School of Natural Sciences dan dari Universitas Halu Oleo di Sulawesi, Indonesia, dan baru saja diterbitkan di Zoological Journal of the Linnean Society. Dengan tepat, jurnal ini adalah yang pertama menerbitkan teori evolusi Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace pada 1858.

Tim peneliti internasional menelusuri kembali langkah Wallace dengan lebih dari satu cara, saat ia mendasarkan teorinya pada studinya tentang hewan di seluruh pulau di Indonesia saat ini.

Fionn Marcaigh, penulis pertama di atas kertas dan Ph.D. Kandidat di Trinity's School of Natural Sciences, mengatakan, salah satu temuan utama Wallace disebut sebagai 'Garis Wallace'--batas antara laut dalam dan laut dangkal yang tidak dapat dilintasi banyak hewan, menyebabkan perbedaan mencolok dalam spesies yang ditemukan di sana.

Burung matahari berpunggung zaitun yang tersebar luas tampaknya merupakan pengecualian, yang ditemukan sepanjang jalan dari Cina ke Australia dengan Garis Wallace tepat di tengah jangkauannya.

"Studi baru, bagaimanapun, telah menunjukkan bahwa populasi di kedua sisi benar-benar mewakili dua spesies yang berbeda, sesuai dengan prediksi awal Wallace. Burung matahari hitam sudah diketahui tunduk pada Garis Wallace, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa populasi di sekitar Sulawesi adalah spesies yang terpisah dari yang ada di New Guinea," kata Marcaigh.

Terlepas dari perpecahan ini, burung sunbird berpunggung zaitun mencakup rentang yang cukup luas untuk burung sekecil itu. Burung matahari Wakatobi yang baru ditemukan, di sisi lain, terbatas pada Kepulauan kecil Wakatobi, di lepas pantai Sulawesi yang lebih luas.

Pulau-pulau kecil yang terisolasi seperti ini memiliki proses evolusinya sendiri, dan ini sering menghasilkan spesies yang unik, seperti dalam kasus Galápagos yang terkenal.

Pekerjaan sebelumnya dari Trinity School of Natural Sciences mengidentifikasi dua spesies burung mata putih dari daerah yang sama, yang telah diakui oleh organisasi konservasi internasional sebagai Area Keanekaragaman Hayati Kunci.

Selain unik secara genetik, burung sunbird Wakatobi juga memiliki bulu yang lebih gelap, nada lagu yang lebih tinggi, dan sayap yang lebih pendek dibandingkan dengan burung sunbird berpunggung zaitun. Sayapnya yang pendek mungkin berkontribusi pada keterisolasiannya di Kepulauan Wakatobi sementara burung matahari berpunggung zaitun melakukan kolonisasi jarak jauh di atas laut.

"Sungguh menakjubkan bahwa masih ada spesies yang menunggu untuk ditemukan di wilayah ini, yang penting bagi biologi evolusioner sejak zaman Wallace. Saya senang bahwa kami telah menambahkan daftar spesies yang diketahui dari bagian dunia yang indah ini, ini adalah hal yang saya impikan ketika saya pertama kali tertarik pada zoologi sebagai seorang anak," aku Marcaigh.

"Selain itu, penelitian ini merupakan kesempatan cemerlang untuk membangun karya klasik dengan teknik baru. Ini sangat menarik ketika kami menemukan penemuan baru yang mendukung prediksi asli Wallace," tambahnya.

Dr. David Kelly dari Universitas Trinity adalah penulis kedua di atas jurnal ini menambahkan, identifikasi burung sunbird Wakatobi berfungsi untuk mengingatkan kita bahwa keanekaragaman hayati ada di mana-mana. Burung ini tidak ditemukan di hutan hujan terpencil, tetapi di sepanjang semak belukar kota dan desa yang sibuk.

"Mari kita berharap anak-anak Wakatobi akan dapat menikmati burung-burung istimewa ini untuk generasi yang akan datang," kata Kelly.

PHYS