Studi: Eropa Alami Peningkatan Suhu Dua Kali Rata-Rata Global

Penulis : Tim Betahita

Perubahan Iklim

Sabtu, 05 November 2022

Editor : Kennial Laia

BETAHITA.ID -  Suhu di Eropa telah meningkat lebih dari dua kali rata-rata global dalam 30 tahun terakhir, menurut laporan dari Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

Efek dari pemanasan ini sudah terlihat, termasuk kekeringan, kebakaran hutan, dan pencairan es yang terjadi di seluruh benua. Laporan Iklim Negara Eropa, diproduksi dengan layanan Copernicus UE, memperingatkan bahwa seiring tren pemanasan berlanjut, panas yang luar biasa, kebakaran hutan, banjir, dan hasil kerusakan iklim lainnya akan mempengaruhi masyarakat, ekonomi, dan ekosistem.

Dari tahun 1991 hingga 2021, suhu di Eropa telah menghangat pada tingkat rata-rata sekitar 0,5C per dekade. Implikasinya terlihat secara nyata: Gletser Alpen kehilangan ketebalan es 30 meter antara tahun 1997 dan 2021. Sementara itu lapisan es Greenland juga telah mencair, yang berkontribusi pada kenaikan permukaan laut. Pada musim panas 2021, Greenland mengalami curah hujan pertama yang pernah tercatat di titik tertingginya di stasiun Summit.

Nyawa manusia juga hilang akibat berbagai peristiwa cuaca ekstrem. Laporan tersebut mengatakan bahwa pada 2021, peristiwa cuaca dan iklim berdampak tinggi – 84% di antaranya adalah banjir dan badai – menyebabkan ratusan kematian, secara langsung mempengaruhi lebih dari 500.000 orang, dan menyebabkan kerusakan ekonomi melebihi $50 miliar.

Kondisi pemukiman penduduk di Erfstadt-Blessem, selatan provinsi Cologne, Jerman, setelah banjir bandang minggu lalu. Foto: Sascha Steinbach/EPA

“Eropa menyajikan gambaran langsung tentang dunia yang memanas dan mengingatkan kita bahwa masyarakat yang siap sekalipun tidak aman dari dampak peristiwa cuaca ekstrem,” kata sekretaris jenderal WMO, Prof Petteri Taalas. 

“Tahun ini, seperti 2021, sebagian besar Eropa telah dipengaruhi oleh gelombang panas dan kekeringan yang ekstensif, yang memicu kebakaran hutan. Pada 2021, banjir yang luar biasa menyebabkan kematian dan kehancuran,” tambahnya. 

Laporan tersebut juga menemukan bahwa tren ini sangat mungkin berlanjut, dengan lebih banyak bencana cuaca diprediksi di masa depan. Ilmuwan memprediksi bahwa suhu akan naik di semua wilayah Eropa pada tingkat yang melebihi perubahan suhu rata-rata global. Saat iklim menghangat hingga 1,5C di atas tingkat pra-industri, peristiwa cuaca akan semakin cepat, dan curah hujan musim panas yang terus berkurang akan memicu kekeringan yang menghancurkan, Hujan ekstrem dan banjir kemungkinan akan terjadi pada bulan-bulan berikutnya di semua wilayah kecuali Mediterania. 

Namun masih ada kabar baik. Laporan tersebut juga mencatat bahwa banyak negara Eropa telah mengurangi emisi gas rumah kaca dengan sangat baik, dan emisi Uni Eropa menurun 31% antara tahun 1990 dan 2020. Eropa juga telah bertindak untuk melindungi orang dari dampak terburuk darurat iklim, dengan sistem peringatan cuaca ekstrem yang melindungi sekitar 75% orang. Sementara itu rencana aksi kesehatan saat gelombang panas telah menyelamatkan banyak nyawa. 

​​“Di sisi mitigasi, langkah yang baik dalam mengurangi emisi gas rumah kaca di kawasan itu harus terus berlanjut dan ambisi harus lebih ditingkatkan. Eropa dapat memainkan peran kunci untuk mencapai masyarakat netral karbon pada pertengahan abad ini untuk memenuhi kesepakatan [iklim] Paris,” kata Taalas.

Ada sejumlah alasan mengapa Eropa memanas lebih cepat dibandingkan dengan bagian lain dunia. Kontinen ini memiliki persentase massa daratan yang tinggi, yang menghangat lebih cepat daripada laut. Kutub Utara dan umumnya garis lintang utara yang tinggi juga merupakan daerah pemanasan tercepat secara global. Sebagian besar Eropa berada di garis lintang utara.

 

Guardian