Aktivis Perubahan Iklim Lempar Sup ke Lukisan Van Gogh di Roma

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Perubahan Iklim

Minggu, 06 November 2022

Editor :

BETAHITA.ID - Aksi pelemparan sup ke lukisan Vincent Van Gogh kembali terjadi. Hal tersebut dilakukan para pengunjuk rasa lingkungan Italia di Roma, pada Jumat (4/11/2022). Aksi serupa terhadap lukisan Van Gogh juga terjadi di London baru-baru ini.

Dalam aksi unjuk rasa itu, tiga wanita berkaos putih, yang diketahui merupakan aktivis "Ultima Generazione" (Generasi Terakhir), melemparkan sup kental berwana kuning ke lukisan Van Gogh yang berjudul "The Sower" yang dipajang di Palazzo Bonaparte di Roma. Itu dilakukan sebelum ketiganya menempelkan tangan ke dinding tempat lukisan itu dipajang.

Para aktivis muda tersebut melakukan aksi tersebut sembari meneriakkan slogan-slogan menentang pemanasan global dan bahan bakar fosil. "Isu-isu ini harus ada di halaman depan saluran berita dan agenda politik setiap menit, tetapi malah hanya ditangani dengan tindakan 'skandal' seperti yang terjadi pagi ini," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Aksi tiga wanita muda itu memicu kecaman dari Menteri Kebudayaan Italia, Gennaro Sangiuliano. Sang menteri mengutuk serangan terhadap lukisan itu, yang terjadi setelah karya Van Gogh lainnya juga menjadi sasaran aksi pengunjuk rasa perubahan iklim di London.

Aktivis "Ultima Generazione (Generasi Terakhir)" menempelkan tangan mereka ke dinding setelah melemparkan sup ke lukisan van Gogh "The Sower" di Palazzo Bonaparte di Roma, Italia, 4 November 2022./Foto: Arthemisia/Handout via REUTERS

"Budaya yang merupakan bagian penting dari identitas kita, harus dipertahankan dan dilindungi dan tidak digunakan sebagai megafon untuk bentuk protes lainnya," kata Sangiuliano dalam sebuah pernyataan.

Perwakilan dari hampir 200 negara akan berkumpul di Mesir pekan depan, untuk menghadiri konferensi perubahan iklim COP27, karena tekanan untuk tindakan lebih keras untuk mengatasi pemanasan global meningkat.

"The Sower" adalah bagian dari pameran di Palazzo Bonaparte yang bersejarah di pusat Kota Roma. Camilla Talfani, juru bicara penyelenggara pameran mengatakan, lukisan, yang dipinjam dari Museum Kroeller-Mueller Belanda itu dilindungi oleh layar kaca dan tidak mengalami kerusakan,

Sebelumnya, para pengunjuk rasa perubahan iklim melemparkan sup ke lukisan Van Gogh "Bunga Matahari" di Galeri Nasional London bulan lalu, menyebabkan kerusakan kecil pada bingkai.

REUTERS