Operasi Senyap Dua PLTU Jumbo

Penulis : Aryo Bhawono

PLTU

Sabtu, 12 November 2022

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID -  Dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara berkapasitas besar mulai beroperasi pada 2022 ini. Kepemilikan salah satu PLTU itu disebut-sebut terhubung dengan Garibaldi Thohir, kakak Menteri BUMN Erick Thohir.

Dua pembangkit listrik raksasa itu adalah PLTU Batang Jawa Tengah dan PLTU Jawa 4 Tanjung Jati B di Jepara, Jawa Tengah. Masing-masing memiliki kapasitas sebesar 2x1.000 Megawatt (MW) dan telah beroperasi pada 2022 ini.

Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PT PLN (Persero) Hartanto Wibowo mengatakan kedua PLTU tersebut telah beroperasi pada 2022 ini, sehingga pasokan listrik RI semakin surplus.

"Jadi di Jawa dalam 2022 PLTU Batang masuk 2x1.000 MW, PLTU Jawa 4 2x1.000 MW juga masuk," ungkapnya seperti dikutip dari CNBC Indonesia pada Rabu (09/11/2022).

Tampak PLTU Tanjung Jati B di Jepara, Jawa Tengah. Sementara itu PTUN Bandung mengabulkan gugatan Izin Lingkungan pembangunan PLTU Tanjung Jati A di Cirebon, Jawa Barat./Foto: PLN

Operasinya kedua PLTU itu mundur dari jadwal seharusnya, yakni 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. PLN melakukan negosiasi dengan pengembang listrik swasta (Independent Power Producers/ IPP) agar jadwal beroperasinya PLTU tersebut dimundurkan karena permintaan menurun.

Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana menyebutkan kedua PLTU tersebut telah mendapatkan izin untuk beroperasi dan masuk dalam sistem kelistrikan nasional.

PLTU Tanjung Jati B unit 5 dan 6 telah beroperasi komersial (Commercial Operation Date/ COD) pada Maret dan Juni 2022. Kemudian, PLTU Batang pada Agustus 2022.

Keterhubungan Dengan Kerabat Menteri BUMN

PLTU Batang 2x1.000 MW dioperasikan oleh PT Bhimasena Power Indonesia. Proyek pembangkit senilai 4,2 miliar Dolar AS atau sekitar Rp 62,16 triliun ini dimiliki oleh Adaro Power 34 persen, JPower dan Itochu masing-masing 34 persen dan 32 persen.

Adaro Power merupakan anak usaha dari PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) yang dipimpin oleh Garibaldi "Boy" Thohir, kakak kandung Menteri BUMN, Erick Thohir..

Sementara PLTU Jawa 4 Tanjung Jati B dioperasikan oleh PT Bhumi Jati Power (BJP). BJP ini dimiliki oleh konsorsium dari tiga perusahaan yaitu Sumitomo Corporation (50 persen), emiten PT United Tractors Tbk (UNTR) sebesar 25 persen, dan The Kansai Electric Power Co. Inc. (25 persen).

PT United Tractors (UNTR) sendiri merupakan anak usaha dari PT Astra International Tbk.

PLTU Tanjung Jati B yang beroperasi pada 2022 ini yaitu untuk unit 5 dan 6, berdekatan dengan empat unit lainnya yang telah beroperasi.

Rencananya PLTU Tanjung Jati B unit 5 dan 6 ini akan memasok listrik ke PLN selama 25 tahun sejak beroperasi. Proyek ini diperkirakan juga memakan dana hingga 4,2 miliar Dolar AS.