Oligarki Rusia di COP27

Penulis : Aryo Bhawono

Perubahan Iklim

Senin, 14 November 2022

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID -  Oligarki Rusia dan petinggi beberapa perusahaan yang kena sanksi internasional masuk di antara pelobi COP 27 di Sharm el-Sheikh, Mesir. Mereka terdaftar sebagai bagian dari delegasi Rusia pada pembicaraan iklim penting. 

Dikutip dari Guardian, petinggi perusahaan tersebut diantaranya adalah miliarder dan mantan raja aluminium Oleg Deripaska dan pendiri dan mantan anggota dewan perusahaan pupuk EuroChem Group yang berkantor pusat di Swiss, Andrey Melnichenko. 

Deripaska kini tengah mendapatkan sanksi oleh Inggris. Sedangkan EuroChem Group menjadi sasaran sanksi individu oleh Uni Eropa. Melnichencko pun membantah sanksi tersebut, menyebutnya tidak masuk akal.

Perusahaan gas raksasa, Gazprom, telah mengirim enam delegasi ke pembicaraan tersebut, bersama dengan Direktur Pelaksana Sberbank. Keduanya berada di bawah sanksi AS dan Uni Eropa. Perwakilan dari perusahaan minyak Lukoil, perusahaan pertambangan Severstal, dan Magnitogorsk Iron and Steel Works juga hadir, yang semuanya berada di bawah sanksi AS.

Pemandangan tanda COP27 di jalan menuju area konferensi di resor Laut Merah Mesir di kota Sharm el-Sheikh saat kota tersebut bersiap untuk menjadi tuan rumah KTT COP27 bulan depan, di Sharm el-Sheikh, Mesir 20 Oktober, 2022./Foto: REUTERS/Sayed Sheasha

Data yang dikumpulkan oleh organisasi Corporate Accountability, Global Witness, dan Corporate Europe Observatory menyebutkan perusahaan minyak dan gas Tatneft, yang saat ini disetujui oleh UE, mengirim tiga pelobi ke pembicaraan iklim. 

Perusahaan metalurgi Severstal dan NLMK Group menjadi bagian delegasi Rusia. Perusahaan itu bagian dari industri yang telah menghadapi sanksi oleh UE.

Pembicaraan iklim COP 27 sebagian besar diwarnai oleh perdebatan tentang adaptasi dunia atas kekurangan pasokan gas Rusia. Perdebatan ini menyusul kekhawatiran Eropa akan kekurangan energi berbulan-bulan. Moskow mendadak menghentikan pasokan gas ke Eropa, sebagai tanggapan terhadap sanksi internasional karena invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina pada Februari lalu.

Saat para delegasi berkumpul di kota resor Mesir Sharm el-Sheikh, kelompok lingkungan, ilmuwan, dan perwakilan dari selatan global menyuarakan kekhawatiran bahwa krisis energi Eropa dapat digunakan sebagai dalih untuk eksplorasi gas lebih lanjut di Afrika, daripada mendorong untuk meningkatkan energi terbarukan. 

Kehadiran pelobi industri dan eksekutif industri minyak dan gas, termasuk enam perwakilan dari organisasi industri dan Pengusaha Rusia, menunjukkan bahwa Rusia menggunakan pembicaraan iklim yang penting untuk menghidupkan bisnis mereka.

Hal Ini juga menunjukkan delegasi Rusia mungkin ingin mempromosikan industri yang tidak disetujui, seperti beberapa logam dan pupuk. Promosi ini juga terkait dengan dampak Rusia pada pasokan makanan global dan meningkatnya biaya produk makanan, terutama di selatan.

Rusia adalah penghasil emisi gas rumah kaca terbesar keempat di dunia dan pemasok minyak terbesar ketiga setelah AS dan Arab Saudi. Negara itu juga memiliki catatan lingkungan bermasalah, mencakup satu dekade pengeboran di Kutub Utara untuk pasokan bahan bakar fosil lebih lanjut saat lapisan es mencair di bawah kenaikan suhu global.

Kritikus berpendapat bahwa Rusia telah mencari cara untuk mendapatkan keuntungan dari krisis iklim, terutama dalam hal pengeboran Arktik. Utusan iklim Putin, Ruslan Edelgeriev, mengatakan kepada pembicaraan COP 27, jika tidak ada sanksi, atau pembatasan atau pendekatan diskriminatif, Federasi Rusia dapat mencapai netralitas karbon lebih awal.

Sementara Deripaska didakwa oleh Departemen Kehakiman AS pada bulan September atas penghindaran sanksi terkait dengan elemen dasar perusahaannya. 

Anggota delegasi Ukraina di Cop27, Oleksiy Ryabchyn, mengatakan mengetahui oligarki Rusia menyelinap melalui koridor merupakan hal konyol. LSM Ukraina mencoba menemukan orang-orang Rusia itu untuk mengorganisir protes tetapi mereka bersembunyi di kantor dan takut berjalan bebas di koridor. 

“Sungguh konyol bahwa mereka bisa bepergian dengan bebas. Bagi saya, jika oligarki ini tidak mampu menghentikan perang berdarah ini maka mereka tidak boleh (berada di COP 27),” ucapnya. 

Kekayaan Melnichenko dan perwakilan bekas perusahaannya, EuroChem, terkait dengan produksi pupuk Rusia yang vital. Pada bulan Agustus, kepala EuroChem memuji keputusan Departemen Keuangan AS atas keputusan mereka untuk tidak memberikan sanksi terhadap perusahaan itu. Hal ini membuktikan EuroChem diakui sebagai pemain penting dalam pasokan makanan global. 

Sementara Sekjen PBB, António Guterres, mengatakan dia akan bekerja dengan para pejabat untuk memastikan pasokan global produk pupuk Rusia.

“Ribuan petani di seluruh dunia bergantung pada kami untuk memasok mereka secara tepat waktu dengan nutrisi tanaman yang mereka butuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari tanah mereka, sehingga mereka dapat memberi makan komunitas mereka,” ucap Pimpinan Eksekutif EuroChem, Samir Brikho.

Pejabat Ukraina dan Barat menuduh Rusia menggunakan makanan sebagai senjata sejak invasi Moskow ke Ukraina, yang memicu lonjakan harga pangan global. Rusia telah menggunakan gelombang untuk menerapkan tekanan pada negara-negara barat yang mendukung Ukraina, dan sebagai pengaruh atas negara-negara selatan global, termasuk negara tuan rumah COP 27, Mesir.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan kepada PBB pada bulan Mei bahwa pasokan makanan untuk jutaan orang Ukraina dan jutaan lainnya di seluruh dunia secara harfiah telah disandera oleh militer Rusia.