Spesies Baru Pohon Raksasa Ditemukan di Indonesia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 23 November 2022

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID - Para peneliti berhasil mengidentifikasi spesies baru pohon raksasa milik genus Lophopetalum dalam keluarga kosmopolitan Celastraceae. Spesies pohon raksasa baru ini diberi nama Lophopetalum tanahgambut. Genus ini mencakup hampir 20 spesies asli yang diakui saat ini di India, Bangladesh, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Nugini, Filipina, Thailand, Vietnam, Australia, dan Kepulauan Andaman.

Temuan spesies baru pohon raksasa ini diulas dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal Phytotaxa edisi 17 November 2022.

“Dalam keluarga Celastraceae, suku Lophopetaleae termasuk tiga genera paleotropis dengan biji bersayap yang tidak memiliki aril: Kokoona, Lophopetalum dan Peripterygia,” kata peneliti Institut Penelitian Lingkungan Universitas Singapura Agusti Randi dan rekannya.

Genus terbesar adalah Lophopetalum dengan 19 spesies yang ditentukan oleh permukaan bagian dalam kelopak dengan berbagai pelengkap (maka nama generik dari bahasa Yunani untuk jambul: lopho-), serta bunga biseksual 5-merous dengan benang sari yang disisipkan pada cakram ovarium 3-lokular, dan buah kapsuler 3-sudut dengan sayap yang mengelilingi biji.

Peneliti menemukan spesies pohon raksasa baru di Sumatera. Spesies itu diberi nama Lophopetalum tanahgambut. Gambar Lophopetalum tanahgambut dan sistem akar lututnya./Foto: Randi et al ., doi: 10.11646/phytotaxa.573.1.7.

“Genus ini berkerabat dekat dengan Kokoona, yang membagi buah bersudut 3 dan biji bersayap, tetapi Kokoona memiliki biji yang menempel di pangkal dan sayap apikal.”

Lophopetalum membentang dari India hingga Australia utara tetapi keragaman spesies berpusat di Malesia barat, dan tujuh dari 19 spesies yang diterima telah dilaporkan dari pulau Sumatera di Indonesia. Tetapi semuanya merupakan perluasan dari spesies yang dideskripsikan dari bahan dari Kalimantan, India atau Semenanjung Malaysia.

Dinamakan Lophopetalum tanahgambut, karena spesies baru ini hanya diketahui dari hutan rawa gambut di Pulau Sumatera, Indonesia.

“Hutan rawa gambut dikenal dengan keunikannya yang miskin unsur hara, kaya karbon, dan kondisi basah yang memerlukan adaptasi khusus untuk bertahan hidup,” jelas para peneliti.

Habitat ini, bagaimanapun masih dipelajari dengan buruk dan telah mengalami konversi ekstensif menjadi pertanian dengan hanya 11 persen dari hutan rawa yang tidak terganggu yang tersisa dan dengan area lain yang terdegradasi dan masih mengalami konversi menjadi pertanian.

Lophopetalum tanahgambut tumbuh setinggi 40 m dan memiliki dbh hingga 1,05 m. Sistem akar lututnya lebar, hingga 15 m mengelilingi pohon, menjulang setinggi 1,5 m dari permukaan tanah.

Kulit batangnya halus, retak membujur hingga bersisik, abu-abu muda hingga kusam, atau putih susu. Kulit bagian dalam berwarna oranye merah muda hingga coklat kemerahan pucat; krim gubal.

“Spesies ini adalah satu-satunya pohon Lophopetalum yang dikenal dengan 3-4 daun dalam susunan pseudoverticillate,” catat para ilmuwan.

Lophopetalum tanahgambut diamati berbunga pada bulan Februari-April, dan berbuah pada bulan April-Juni.

“Kami telah mengamati banyak pohon dalam berbagai tahap kehidupan (bibit, pancang, tiang hingga pohon besar) di alam liar, dan daun pseudoverticillate konsisten,” kata penulis.

Berlawanan (atau subberlawanan) daun seperti biasanya ditemukan dalam genus tetapi tidak terjadi pada spesies baru ini. Pada cabang yang lebih tua kadang-kadang kami menemukan daun yang berseberangan tetapi biasanya juga terdapat bekas luka daun sedikit di bawahnya yang menunjukkan bahwa mereka tidak diatur secara berlawanan dari awal, tetapi bergeser posisinya saat cabang menjadi dewasa.

“Kalau ranting bersudut 3-4 tergantung jumlah daun pada satu ruas, dan ini terlihat jelas saat ranting masih muda.”

Para peneliti merekomendasikan bahwa spesies baru tersebut harus dikategorikan sebagai Critically Endangered. Lophopetalum tanahgambut tumbuh di hutan rawa gambut dataran rendah yang relatif tidak terganggu, yang dilindungi oleh komitmen sukarela dari konsesi sebagai kawasan konservasi dan pensiunan.

“Pengumpulan yang lebih ekstensif di wilayah yang lebih luas mungkin mengungkapkan sebaliknya, tetapi untuk saat ini kita harus mengasumsikan ukuran populasi yang kecil dan distribusi yang terbatas di Sumatera.”

“Sementara secara keseluruhan, hutan rawa gambut yang tidak terganggu telah menurun dan terancam di seluruh Asia Tenggara, dan sebagian besar lahan gambut yang tersisa dikonversi menjadi lahan pertanian atau terdegradasi akibat pengeringan.”

SCI News