Dua Ekor Monyet Mati dan Tanpa Izin, Bogor Mini Zoo Ditutup

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 20 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Operasional kebun binatang mini atau mini zoo di Bogor Folrest Hotel, Kecamatan Bogor Selatan ditutup oleh Pemerintah Kota Bogor. Penyebabnya, lantaran adanya dua ekor monyet yang mati di dalam kandang di Bogor Mini Zoo itu. Kematian dua ekor monyet itu terungkap dari video yang diunggah oleh akun Instagram @doniherdaru.

Selain karena kematian dua ekor monyet itu, penutupan sementara Bogor Mini Zoo ini juga dikarenakan kebun binatang ini diduga belum mengantongi izin. Bahkan menurut Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, terdapat sejumlah satwa dilindungi yang ada di kebun binatang, seperti buaya dan berang-berang, yang tidak dirawat dan dimiliki Bogor Mini Zoo tanpa izin.

"Jadi kami minta ditutup sementara, karena terkait izinnya belum ada. Terkait dua ekor monyet yang mati akan diselidiki lebih dalam oleh BKSDA," kata Bima Arya, Wali Kota Bogor, Jumat (16/12/2022) kemarin, dikutip dari Antara.

Bima Arya bersama Ketua Tim Evakuasi dan Identifikasi BBKSDA Jawa Barat pada Jumat kemarin mendatangi Bogor Mini Zoo di Bogor Folrest Bogor untuk melihat kelayakan seluruh areal kebun binatang mini itu.

Wali Kota Bogor meminta kegiatan operasional Bogor Mini Zoo untuk ditutup sementara waktu hingga masalah perizinan dan perawatan satwa diselesaikan akibat matinya dua ekor monyet ekor panjang di tempat tersebut./Foto: Antara/Arif Firmansyah/aww.

Di tempat itu, Bima melihat adanya monyet yang diduga liar yang ada di areal mini zoo yang semestinya dilindungi, namun belum si pengelola belum memiliki izin. Ada pula berang-berang yang ditempatkan di tempat yang kurang layak, serta buaya yang kondisinya juga sama.

Melihat itu Bima kemudian meminta pengelola hotel dan mini zoo berkoordinasi dengan BBKSDA Jabar untuk memperbaiki kelayakan perawatan satwa, kandang dan perizinannya. Dia bilang, Pemerintah Kota Bogor ke depan akan meningkatkan pengawasan terhadap pengelolaan Bogor Mini Zoo.

Bima menyebut, Pemerintah Kota Bogor hanya memiliki data perizinan hotel ini yang telah beroperasi sejak 2018 tanpa ada kebun binatang mini. Lokasi kebun binatang itu juga berada di samping bawah area parkiran hotel dengan jalan menukik. Kondisi itu, membuat luput dari pengawasan.

"Di sini ada pengelola, kita minta segera berkoordinasi dan memperbaiki semuanya. Kami juga akan meningkatkan pengawasan."

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial dengan deskripsi adanya dua bangkai bayi monyet dalam kandang di Bogor Mini Zoo yan diunggah pada Kamis (15/12/2022). Mendapat informasi itu Wali Kota Bima Arya kemudian langsung mendatangi lokasi dan mengkonfirmasi pihak pengelola kebun binatang.

Pihak pengelola menyebut, peristiwa itu terjadi pada 9 Desember 2022. Pengelola mengaku melakukan pemeriksaan setiap harinya. Namun pada 10 Desember 2022, pihak pengelola menemukan dua ekor monyet dalam kondisi mati.

Pengelola menyebut monyet itu bukanlah bayi monyet, melainkan monyet dewasa. Walau begitu, Pemerintah Kota Bogor tetap meminta BBKSDA Jawa Barat memeriksa dan memastikan kondisi yang terjadi hingga monyet itu mati.

"Kita tunggu BKSDA memeriksa dulu seluruhnya. Sementara ini kita tutup (mini zoo)," kata Bima Arya.