UEA akan Deportasi Aktivis Pengunjuk Rasa COP27

Penulis : Aryo Bhawono

HAM

Sabtu, 24 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Uni Emirat Arab mempersiapkan mendeportasi seorang aktivis berkewarganegaraan Mesir Mesir-Amerika Serikat yang menggelar protes selama konferensi iklim Cop 27 di Mesir November lalu. Tindakan ini memicu kekhawatiran kekhawatiran tentang perlakuan terhadap masyarakat sipil selama Cop 28 tahun depan di UEA.

Aktivis itu adalah Sherif Osman, mantan perwira militer Mesir yang telah tinggal di AS selama beberapa dekade, ditahan di sebuah restoran di Dubai, tempat dia bepergian dengan tunangannya untuk bertemu keluarga. 

Dikutip dari Guardian, Amnesty International mengatakan para pejabat tidak memberikan surat perintah penangkapan atau penjelasan kepada Osman atau keluarganya. Keluarga Osman sendiri sampai putus asa untuk mendapatkan informasi setelah ia dibawa pergi dengan mobil tanpa tanda. Baru sebulan kemudian, pejabat UEA mengatakan kepada pengacaranya bahwa mereka telah bertindak sebagai tanggapan atas permintaan dari Mesir.

Osman membahas urusan politik di Mesir melalui akun YouTube-nya, yang memiliki lebih dari 35.000 pengikut. Pada awal Oktober, dia mulai memposting video mendorong warga Mesir menggelar protes karena kenaikan harga dan atas represi hak sipil pada 11 November.

Konferensi iklim PBB COP27 tahun 2022 berlangsung di kota Sharm el-Sheikh, Mesir. Dok United Nations

Penahanan Osman oleh UEA, sekutu dan mitra ekonomi Mesir, telah menimbulkan ancaman bagi kelompok terpinggirkan Mesir, diantaranya bekerja untuk organisasi HAM dan berencana menghadiri Cop 28 di Dubai. Sebelumnya banyak dari aktivis ini mengatakan tidak menghadiri Cop 27 di Mesir karena takut ditangkap.

Pejabat Emirat menolak untuk mengklarifikasi apakah Osman akan diekstradisi ke Mesir atau AS, tetapi kelompok hak asasi khawatir jika dia dikirim ke Mesir, dia bisa berisiko disiksa dan disiksa.

Pihak berwenang menangkap ratusan orang di Mesir dalam minggu-minggu menjelang COp 27, pada 11 November lalu, untuk mencegah protes. Sebagian besar didakwa menyebarkan berita palsu, atau menjalani tuduhan terorisme. Penangkapan tersebut diikuti dengan pengawasan intensif terhadap masyarakat sipil di Cop 27, serta pembatasan protes.

“Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa UEA akan mengulangi pembatasan ruang sipil dan protes yang terlihat di Cop 27,” kata Amnesty International.

Paguyuban politik EUA-AS telah memberikan sedikit perlindungan bagi warga negara Amerika, terutama warga negara seperti Osman yang memiliki kewarganegaraan ganda. Pada tahun 2016, seorang ayah dan anak laki-laki yang keduanya berkewarganegaraan ganda AS-Libya ditahan selama lebih dari setahun setelah penggerebekan di rumah mereka. Mereka disiksa secara ekstensif di penjara termasuk cemoohan.

Awal tahun ini warga AS, Asim Ghafoor, yang sebelumnya bertindak sebagai pengacara jurnalis yang terbunuh Jamal Khashoggi, ditahan di bandara Dubai dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas tuduhan terkait dugaan kejahatan keuangan di AS sebelum dia dibebaskan beberapa bulan kemudian. .

Presiden AS, Joe Biden, secara terbuka berterima kasih kepada UEA karena membantu pembebasan bintang bola basket Amerika yang ditahan, Brittney Griner. Ia dibebaskan dari wilayah hukum Rusia dan pertukaran tahanan Rusia, seorang pedagang senjata terkenal , di landasan lapangan terbang Emirat.

Pejabat Mesir belum secara terbuka latar penahanan Osman. Seorang pejabat EUA mengatakan kepada Guardian bahwa Osman ditahan pada 6 November atas permintaan Dewan Menteri Dalam Negeri Arab (Arab Interior Ministers Council/ AIMC), bagian dari Badan Liga Arab yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan masalah penegakan hukum dan keamanan nasional. AIMC adalah badan berwenang yang dibentuk pada 1980, untuk membantu penyelidikan lintas batas. 

Pejabat Emirat menolak untuk menyatakan secara terbuka anggota Liga Arab mana yang menuntut penangkapan Osman.

Kelompok HAM mengatakan Osman dibawa ke jaksa penuntut umum Dubai pada 8 November, dia diberitahu ditangkap atas perintah Mesir menggunakan sistem pemberitahuan Interpol terkait YouTube Osman saluran. 

Namun seorang juru bicara Interpol mengatakan kepada Guardian bahwa tidak ada red notice yang dikeluarkan terhadap Osman.

Amnesty International mengatakan Osman tidak diizinkan untuk bertemu dengan pengacaranya dan dilarang menandatangani surat kuasa oleh otoritas UEA. Kelompok hak asasi yang berbasis di Washington DC, The Freedom Initiative, mengatakan Osman diizinkan untuk menandatangani dokumen tersebut setelah sebulan ditahan, tetapi pejabat EUA menolak permintaan pembebasan yang diajukan oleh pengacaranya pada awal Desember.

“Kami sama sekali tidak memiliki dokumen dari otoritas Emirat mana pun. Kami tidak punya alasan mengapa dia ditahan. Kami tidak diberi alasan mengapa dia tidak diizinkan untuk bertemu dengan pengacara,” ucap tunangan Osman, Saija Virta kepada Amnesty International.

Pejabat UEA mengatakan setiap kasus penahanan, pemerintah secara ketat mematuhi semua standar yang diterima secara internasional, termasuk akses konsuler reguler dan penasihat hukum. 

“UEA terus bekerja sama dengan otoritas terkait AIMC untuk mengamankan dokumentasi hukum yang diperlukan dalam menyiapkan file ekstradisi,” kata dia.