Para Ilmuwan Deskripsikan 146 Spesies Baru pada 2022

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Senin, 02 Januari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Selama 2022, para peneliti di California Academy of Sciences telah menambahkan 146 spesies hewan, tumbuhan, dan jamur baru ke pohon kehidupan, memperkaya pemahaman kita tentang keanekaragaman hayati Bumi dan memperkuat kemampuan kita untuk meregenerasi alam.

Spesies baru termasuk 44 kadal, 30 semut, 14 siput laut, 14 tumbuhan berbunga, 13 bintang laut, tujuh ikan, empat kumbang, empat hiu, tiga ngengat, tiga cacing, dua kalajengking, dua laba-laba, dua lumut, satu kodok, satu kerang, satu aphid, dan satu biskuit laut. Lebih dari selusin ilmuwan Akademi--bersama dengan beberapa lusin kolaborator internasional--telah mendeskripsikan spesies baru dalam sains.

Membuktikan bahwa planet kita yang luas dan dinamis masih menyimpan tempat-tempat yang belum dijelajahi dengan tumbuhan dan hewan yang belum pernah tercatat sebelumnya, para ilmuwan membuat penemuan mereka di enam benua dan tiga samudra, dari puncak gunung yang terisolasi hingga ratusan kaki di bawah permukaan samudra. Upaya mereka membantu memajukan misi Akademi untuk meregenerasi alam melalui sains, pembelajaran, dan kolaborasi.

"Penelitian spesies baru sangat penting untuk memahami keanekaragaman kehidupan di Bumi dan mengidentifikasi ekosistem yang paling membutuhkan perlindungan," kata Shannon Bennett, Ph.D., ahli virologi Akademi dan Kepala Sains.

Bavayia jourdani adalah salah satu dari 28 tokek ilmu baru dalam genus Bavayia di Kaledonia Baru./Foto: Ross A. Sadlier

Seperti yang telah terlihat selama dua pekan terakhir di Konferensi Keanekaragaman Hayati Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP15), ilmu keanekaragaman hayati berada di garis depan aksi konservasi global dan merupakan kunci dalam mempersatukan negara dan melengkapi mereka dengan alat dan informasi yang diperlukan untuk membalikkan tingkat kepunahan spesies pada 2030.

"Dengan mengungkap dan mendokumentasikan spesies baru, kami dapat berkontribusi untuk tujuan penting ini dan memastikan bahwa alam kita tetap kaya dan beragam untuk generasi yang akan datang."

Berikut ini adalah sorotan dari 146 spesies yang dideskripsikan oleh Akademi tahun lalu.

Tokek Memancar

Academy Research Associate Aaron Bauer, Ph.D., menambahkan 28 tokek ke genus Bavayia, lebih dari dua kali lipat jumlah spesies yang diketahui dalam genus dari 13 menjadi 41. Bavayia adalah sekelompok tokek hutan kecil dari pegunungan Kaledonia Baru, dengan spesies yang dicirikan oleh tanda coklat dan putih yang cukup netral.

"Meskipun semua spesies dalam genus secara fisik terlihat sangat mirip, kami menemukan bahwa mereka sebenarnya berbeda secara genetik," kata Bauer.

Tidak seperti banyak spesies pulau terkait lainnya, yang secara fisik cenderung berbeda satu sama lain saat mereka beradaptasi dengan berbagai habitat dan sumber daya, Bavayia mengalami proses evolusi yang disebut radiasi non-adaptif, di mana spesies melakukan diversifikasi secara genetik tetapi mempertahankan sifat fisik yang serupa.

"Hampir setiap gunung di Kaledonia Baru menampung spesies Bavayia yang unik, dan habitat ini memiliki banyak kondisi yang sama. Hasilnya adalah beberapa spesies yang hampir tidak dapat dibedakan satu sama lain," jelas Bauer.

Meskipun Kaledonia Baru bukan fokus inisiatif Academy's Islands 2030 untuk menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati dan degradasi habitat di lima kepulauan tropis utama, penelitian ini berfungsi sebagai contoh pentingnya melindungi ekosistem pulau.

Bawang Gunung Minnesota California

Academy Research Associate Julie Kierstead menemukan bawang Minnesota Mountain yang baru dideskripsikan dalam perjalanan helikopter melalui Pegunungan Klamath California pada musim semi 2015.

"Pilot memutuskan untuk menurunkan kami di Gunung Minnesota selama sekitar setengah jam. Itu benar-benar di antah berantah," kenang Kierstead.

Ketika dia melangkah keluar ke puncak batu lepas dan semak-semak kecil yang tampaknya tidak menarik, dia melihat spesies allium yang tidak dikenal--kelompok tanaman berbunga termasuk bawang merah, bawang putih, dan bawang merah--sedang mekar. Setelah empat tahun mencari populasi kedua di kisaran Klamath, mitra penelitian Kierstead menemukan sepetak kecil spesies tak dikenal di puncak Gunung Salt Creek di dekatnya.

"Sejauh yang kami tahu, bawang Gunung Minnesota hanya dapat ditemukan di dua puncak tetangga ini. Ini jelas mendukung habitat khusus ini," kata Kierstead.

Kedua puncak tersebut berada dalam iklim mikro dengan curah hujan yang lebih tinggi daripada wilayah sekitarnya--yang semakin sering dilanda kebakaran hutan--memungkinkan spesies tertentu seperti bawang merah ini tumbuh subur. Tetapi karena ia hidup di habitat yang sangat terbatas, perubahan apa pun di lingkungannya, dari peristiwa cuaca buruk hingga wabah penyakit, dapat mendorong spesies baru menuju kepunahan.

Siput Laut Besar dan Kecil

Itu adalah tahun tonggak sejarah bagi Kurator Akademi Zoologi Invertebrata Terry Gosliner, Ph.D., yang merayakan 40 tahun bersama Institut Ilmu Keanekaragaman Hayati dan Keberlanjutan Akademi dan menemukan 14 siput laut baru dalam sains dari kawasan Indo-Pasifik.

Gosliner telah mendeskripsikan sekitar seperempat dari semua siput laut yang diketahui sains, dan akhir-akhir ini dia berfokus pada spesies yang lebih kecil dan sulit ditemukan. Dengan panjang satu setengah sentimeter, Goniobranchus fabulus--yang namanya diterjemahkan menjadi "kacang kecil"--adalah spesies terbesar dalam kelompok siput laut tahun ini. Spesies lain, seperti Murphydoris adusta kecil, panjangnya hanya 2 milimeter (kira-kira selebar sehelai spageti).

Gosliner dan timnya melakukan penelitian mereka dengan Center for Comparative Genomics (CCG), laboratorium internal Academy untuk genomik dan pengurutan DNA. Bagi Gosliner, CCG bukan hanya ruang kerja yang dinamis untuk mencoba teknik baru, tetapi juga ruang pelatihan kolaboratif untuk menampung peneliti dan mahasiswa dari seluruh dunia:

"Dibutuhkan komunitas global untuk membangun pemahaman tentang keanekaragaman hayati."

Peneliti Akademi Lynn Bonomo setuju, menghubungkan sebagian besar kesuksesan mereka dengan komunitas penggemar siput laut di platform sains komunitas iNaturalist.

"Pengguna mengunggah pengamatan secara real time, yang memberi kami gambaran rentang spesies saat ini. Ini adalah alat yang ampuh untuk melacak perubahan dan memantau kesehatan terumbu karang dan ekosistem laut lainnya," kata Bonomo.

Bunga dari Campo Rupestre

Tahun ini, Emeritus Curator of Botany Frank Almeda, Ph.D., dan Academy Research Associate Ricardo Pacifico mendeskripsikan beberapa spesies tanaman berbunga baru dari puncak Campo Rupestre di Brasil. Dikenal karena suhu ekstrem, angin kencang, dan tanah yang kekurangan unsur hara, ekoregion pegunungan yang terdiri dari semak belukar dan singkapan berbatu ini merupakan bentang alam yang tampaknya tandus.

Tetapi karena kondisi yang keras inilah para ilmuwan terus membuat penemuan spesies baru. Tekanan ekologis yang begitu kuat telah mendorong kehidupan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang parah ini dengan cara yang unik, menghasilkan kehidupan tumbuhan yang berlimpah yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di Bumi.

Pacifico menemukan Microlicia prostrata, semak berbunga kuning, di puncak terpencil yang belum pernah disurvei oleh ahli botani sebelumnya.

"Semak-semak di puncak tingginya kurang dari setengah meter. Rasanya seperti berjalan melalui taman," kata Pacifico, yang melakukan survei melalui Academy's Lakeside Fellowship, yang mendukung para peneliti ilmiah dari negara-negara berkembang.

Seperti banyak tanaman yang dideskripsikan oleh Almeda dan Pacifico tahun ini, M. prostrata hanya dapat bertahan hidup di puncak gunung tempat ia ditemukan. Karena suhu global terus meningkat, populasi tumbuhan--terutama yang telah beradaptasi dengan kisaran suhu yang sempit--terpaksa bermigrasi ke daerah yang lebih dingin di ketinggian yang lebih tinggi. Tetapi untuk tanaman yang menyukai puncak seperti M. prostrata, tidak ada tempat lagi untuk bergerak.

Dua Spesies Baru Kalajengking

Siswa sekolah menengah Bay Area Harper Forbes dan Prakrit Jain menemukan dua kalajengking sains baru dengan bantuan Kurator Akademi Arachnologi Lauren Esposito, Ph.D. Ilmuwan pemula pertama kali memperhatikan spesies tak dikenal di iNaturalist, dan segera pergi ke lapangan untuk menemukan, mengumpulkan, dan akhirnya mendeskripsikannya.

Paruroctonus soda dan Paruroctonus conclusus adalah kalajengking kecil yang tinggal di gurun pasir dari dasar danau yang kering dan asin di California Tengah dan Selatan.

Sementara P. soda menghuni tanah yang dilindungi pemerintah federal, P. conclusus hanya dapat ditemukan di sebidang tanah sempit yang tidak dilindungi--panjangnya sekitar satu mil dan lebarnya hanya beberapa kaki di beberapa tempat--membuat seluruh spesies sangat rentan terhadap ancaman yang didorong oleh manusia.

"Seluruh spesies dapat musnah dengan pembangunan satu ladang tenaga surya, tambang, atau pembangunan perumahan. Memetakan keanekaragaman hayati di suatu wilayah dapat membantu membangun alasan mengapa lahan itu harus dilindungi," kata Forbes.

Bagi para ilmuwan, pengelola konservasi, dan komunitas pengamat satwa liar yang terus berkembang di platform seperti iNaturalist, spesies yang baru dideskripsikan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keanekaragaman hayati California dan tempat-tempat yang paling membutuhkan perlindungan--landasan inisiatif Academy's Thriving California.

Pertama, tetapi Bukan yang terakhir, Wrasse yang Dideskripsikan Maladewa

Dari damselfish ekor kuning yang memesona hingga grenadier laut dalam, para peneliti Academy mendeskripsikan tujuh spesies ikan tahun ini. Dalam kemitraan dengan Maldives Marine Research Institute (MMRI) dan University of Sydney sebagai bagian dari inisiatif Academy's Hope for Reefs, Academy Curator of Ichthyology Luiz Rocha, Ph.D., memperkenalkan wrasse peri berkerudung mawar--salah satu yang pertama spesies yang akan diberi nama dalam bahasa Dhivehi setempat ("finifenmaa" yang berarti "mawar," anggukan untuk warna merah jambu dan bunga nasional negara pulau itu). Fairy wrasse juga merupakan spesies pertama yang dideskripsikan secara formal oleh seorang peneliti Maladewa.

"Selalu ilmuwan asing yang mendeskripsikan spesies yang ditemukan di Maladewa tanpa banyak keterlibatan dari ilmuwan lokal, bahkan mereka yang endemik Maladewa," kata rekan penulis studi dan ahli biologi MMRI Ahmed Najeeb dalam sebuah pernyataan awal tahun ini.

"Kali ini berbeda dan menjadi bagian dari sesuatu untuk pertama kalinya benar-benar mengasyikkan, terutama memiliki kesempatan untuk bekerja bersama ahli ikan top pada spesies yang begitu elegan dan indah," tambahnya.

PHYS