10 Teratas Nama Spesies Tanaman dan Jamur Baru di 2022

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 28 Desember 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Para ilmuwan dari Royal Botanic Gardens (RBG), Kew, dan mitranya di seluruh dunia mempresentasikan 10 spesies tanaman dan jamur teratas yang diberi nama baru dalam sains di Kew pada 2022.

Dari teratai raksasa pemecah rekor di lahan basah Bolivia hingga tanaman air terjun yang dianggap punah sebelum diberi nama dan 'bakung musim dingin' Turki yang ditemukan di Ukraina dengan bunga yang tidak membuka.

Daftar tahunan RBG Kew menyoroti keajaiban, kerumitan, dan kelangkaan alam. Showstoppers tahun ini sangat pedih karena mereka memberikan penghormatan kepada mereka yang mengorbankan nyawanya demi melindungi keanekaragaman hayati planet ini.

Sekitar 90 tumbuhan dan 24 jamur telah diberi nama tahun ini oleh RBG Kew dan mitra saja, dengan spesies baru yang berasal dari hutan hujan Afrika tengah, Hutan Atlantik Brasil, dan bahkan gua-gua di Asia Tenggara. Banyak dari penemuan ini mewakili spesies yang sangat langka yang sudah terancam punah, beberapa di antaranya hanya ada di satu lokasi dan setidaknya satu dianggap sudah punah secara global.

Victoria boliviana di alam liar di Bolivia, Carlos Magdalena./Foto: RBG Kew

Dengan terjun ke lapangan bersama mitra internasional mereka untuk menemukan, mengkarakterisasi, dan menamai spesies baru untuk ilmu tumbuhan dan jamur, para ilmuwan di Kew membantu upaya dunia untuk menghentikan dan membalikkan krisis keanekaragaman hayati global, dengan dua dari lima tanaman diperkirakan terancam punah.

"Mudah untuk berpikir bahwa kita memiliki pemahaman yang sempurna tentang dunia alami dan semua tumbuhan serta jamurnya, tetapi seperti yang ditunjukkan oleh daftar tahunan ini kepada kita berkali-kali, kami baru benar-benar menggores permukaan penemuan," kata Dr. Martin Cheek, Pemimpin Riset Senior di Tim Afrika RBG Kew.

Sayangnya, banyak spesies yang dideskripsikan tahun ini telah dinilai sebagai Rentan atau Sangat Terancam Punah, atau bahkan sudah Punah, menyoroti kebutuhan untuk mempercepat laju penemuan baru.

"Kita tidak dapat menghentikan krisis keanekaragaman hayati kecuali kita tahu persis apa yang kita selamatkan dan di mana."

Upaya global untuk menamai tanaman dan jamur baru menghasilkan rata-rata 2.000 spesies baru di masing-masing dua kerajaan ini setiap tahun, mengungkapkan potensi sumber makanan, obat-obatan, dan solusi baru untuk tantangan terbesar yang kita hadapi. Data yang dikumpulkan juga berfungsi untuk memperkuat pemahaman kita tentang alam, bagaimana berbagai spesies berhubungan satu sama lain, dan di mana mereka cocok dalam pohon kehidupan.

Pemimpin Riset di Tim Keanekaragaman Jamur dan Sistematika RBG Kew, Dr. Tuula Niskanen, mengatakan, diperkirakan lebih dari 2 juta spesies jamur, atau lebih dari 90 persen dari semua jamur, masih harus dideskripsikan. Anehnya, angka ini tidak tidak hanya merupakan spesies langka tetapi juga banyak yang umum, termasuk yang terjadi di Inggris.

"Jamur tetap menjadi misteri bagi kita, dibandingkan dengan tumbuhan dan banyak hewan, karena kehidupan samar mereka sebagian besar tersembunyi dari mata kita dan menantang untuk dipelajari dengan teknik tradisional. Hanya dalam beberapa dekade terakhir, berkat kedatangan DNA berbasis metode, sudahkah kita mulai memahami keragaman sebenarnya dari kerajaan ini," kata Niskanen.

Berikut adalah sepuluh spesies aneh dan menakjubkan yang diberi nama dan ditemukan tahun ini:

1. Landak Ratu yang langka dinamai raja tercinta Inggris

Dinamai untuk menghormati Yang Mulia Ratu, Elizabeth II, Queen's hedgehog (Hydnum reginae) adalah jamur putih mencolok berukuran lebar hingga 15 cm. Nama umum "landak" berasal dari duri putih lembut yang ditemukan di bawah tutup menggantikan insang, sedangkan julukan spesies "reginae" berarti "ratu".

Landak Ratu adalah spesies Eropa langka yang dikenal di Inggris hanya dari jenis lokalitasnya, dari hutan beech kuno White Down, Surrey. Spesies ini sebelumnya dikenal sebagai Hydnum albidum, nama yang berasal dari Amerika Utara. Namun, analisis DNA baru-baru ini dari jamur Amerika Utara telah mengungkapkan jamur Eropa sebagai spesies yang berbeda sama sekali.

Kolaborasi antara ahli mikologi lapangan Inggris dan ahli mikologi RBG Kew mengarah pada deskripsi spesies Eropa sebagai hal baru dalam sains. Itu dinamai mendiang Ratu, yang teladannya telah menginspirasi generasi di seluruh dunia, tidak hanya di Inggris

2. Penghormatan pohon hutan hujan yang dibunuh oleh pencinta lingkungan Honduras

Carpotroche caceresiae, pohon dari hutan hujan Karibia di Nikaragua dan Honduras, dinamai untuk mengenang dan mengakui keberanian Berta Isabel Cáceres Flores (1971–2016). Berta Cáceres adalah salah satu dari 123 aktivis lingkungan yang dibunuh antara 2009 dan 2016 karena menentang perusakan habitat alami dan hilangnya tanah adat di Honduras.

Pada 2015, berkat komitmennya yang tak tergoyahkan, Berta Cáceres dianugerahi Penghargaan Lingkungan Goldman. Tragisnya, dia dibunuh setahun kemudian karena penentangannya terhadap proyek pembangkit listrik tenaga air Agua Zarcas di sungai Gualcarque di barat laut Honduras.

C. caceresiae tumbuh setinggi 15 m, dengan bunga putih seperti bintang selebar 20 mm di batang utama. Ini diikuti oleh buah berwarna hijau limau, bersayap lima dengan banyak tonjolan di antara sayap. Itu telah dinilai sebagai Hampir Terancam.

3. Teratai air raksasa terbesar di dunia

Anggota terbaru dari genus bunga teratai Victoria, dinamai menurut Ratu Victoria, adalah teratai raksasa Bolivia (Victoria boliviana). Dengan daun yang mengesankan mencapai hingga 3,3 m, ini adalah yang terbesar dari tiga spesies Victoria yang diketahui dan menampilkan sejumlah perbedaan dalam bentuk, ukuran, dan distribusi fitur seperti bunga, duri, dan biji.

Terkurung di lahan basah Amazonian Bolivia, spesies ini telah dinilai Rentan terhadap kepunahan. Pengamatan oleh Carlos Magdalena, ahli hortikultura botani Kew, dan Lucy Smith, seniman botani lepas di RBG Kew, dikonfirmasi oleh ilmuwan Kew Natalia Przelomska dan Oscar A. Pérez-Escobar melalui analisis DNA, menyebabkan penamaan spesies luar biasa ini sebagai hal baru dalam sains pada 2022, bermitra dengan 16 ahli botani Eropa dan Bolivia.

Dua spesies yang diketahui sebelumnya, Victoria amazonica dan Victoria cruziana, keduanya dinamai pada awal abad ke-19 dan telah lama menjadi sumber minat dan inspirasi publik yang besar di RBG Kew dan kebun raya lainnya, terutama karena daunnya yang besar, berduri, dan mengambang, yang terkadang difoto mendukung anak kecil.

Tanpa sepengetahuan peneliti Kew, spesimen kering V. boliviana telah disimpan di Herbarium Kew selama lebih dari 170 tahun sebelum terungkap sebagai spesies baru. Ketiga spesies tersebut dapat dilihat di Princess of Wales Conservatory di Kew Gardens di London Barat.

4. 'Kalungan paku' terancam oleh kotoran merpati

Gomhostemma phetchaburiense, spesies baru dalam genus Gomphostemma (artinya "karangan paku") adalah herba berdaun setinggi 30–50 cm dengan bunga berwarna merah muda-ungu. Itu dianggap Sangat Terancam Punah di alam liar karena populasi globalnya kurang dari 50 tanaman, semuanya di satu lokasi di mulut gua batu kapur. Tumbuhan tersebut dianggap terancam oleh kotoran koloni merpati karang di dekatnya.

Spesies Gomhostemma terdapat dari India hingga Cina dan selatan hingga Malaysia dan diketahui memiliki banyak kegunaan pengobatan, misalnya untuk pengobatan malaria, tuberkulosis, dan gigitan serangga, serta mengurangi kelelahan dan memerangi abses. Meskipun sebagian besar spesies Gomhostemma terdapat di hutan, hanya spesies ini yang berasal dari habitat kering dan terbuka.

Revisi genus tahun ini mencakup tiga spesies baru Gomhostemma, dua di antaranya sangat langka dan diketahui masing-masing dari satu koleksi herbarium, keduanya dikumpulkan di Myanmar sekitar 100 tahun yang lalu.

Spesies terbaru, G. longipetalum Bongch berbunga kuning, dikumpulkan di pegunungan Myanmar utara oleh Frank Kingdom-Ward, ahli botani Inggris terkenal, pengumpul dan penjelajah tanaman yang memperkenalkan banyak tanaman baru ke taman Inggris dari Asia, terutama China.

5. Punah sebelum dinamai, 'anggrek air terjun' Denise dari Guinea

"Anggrek air terjun" adalah keluarga tumbuhan yang dibatasi dan sangat beradaptasi untuk hidup di air putih yang berangin, dengan banyak spesies hanya ditemukan di satu atau beberapa air terjun. Namun terlepas dari namanya, mereka bukanlah anggrek tetapi berkerabat dengan Hypericum.

Adaptasi mereka untuk hidup di perairan yang bergerak cepat yang biasanya terlalu keras untuk sebagian besar tanaman lain, berarti "anggrek air terjun" hanya memiliki sedikit persaingan selama puluhan juta tahun di mana mereka berevolusi.

Ini telah berubah dalam beberapa dekade terakhir karena meningkatnya permintaan pembangkit listrik tenaga air sebagai sumber energi terbarukan yang "hijau". Proyek pembangkit listrik tenaga air membutuhkan bendungan yang terletak di atas fondasi batu yang kokoh di mana ada setetes air: air terjun.

Gangguan aliran air musiman yang dihasilkan, dan perusakan habitat, telah menyebabkan kepunahan global beberapa spesies "anggrek air terjun" di Afrika dan para ilmuwan khawatir akan lebih banyak lagi yang akan menyusul.

Mungkin yang terbaru adalah Saxicolella denisea, spesies yang ditemukan di air terjun di Sungai Konkouré Guinea di Afrika Barat. Pertama kali dikumpulkan pada 2018, ditemukan baru dalam sains dan dinamai untuk menghormati Denise Molmou yang mengoleksinya.

Sayangnya, itu punah secara global, kemungkinan besar pada 2021, setelah bendungan dibangun 30 km ke hilir, menghasilkan reservoir yang membanjiri air terjun yang bertahan di bagian hilir Konkouré dan anak-anak sungainya.

6. 'Daffodil musim dingin' Turki dengan bunga yang tidak membuka

Meskipun baru saja diberi nama baru untuk sains, penemuan Sternbergia mishustinii dapat ditelusuri kembali ke 1997 dan penjelajah alam Ukraina Ruslan Mishustin dari Universitas Negeri Kherson, yang pada saat itu mengumpulkan benih tanaman berumbi yang tidak diketahui di dekat Mersin di selatan Turki. Hampir empat tahun kemudian, bibit berbunga dalam budidaya dan dinyatakan sebagai spesies dari genus "bakung musim dingin" (Sternbergia).

Genus ini terkait dengan bakung, amarilis, tetesan salju, dan agapanthus. Spesies muncul dari Mediterania barat hingga Asia tengah, dan umumnya memiliki bunga kuning yang muncul sebelum daun.

Spesies Ruslan, bagaimanapun, tidak ada yang cocok dengan delapan spesies yang diketahui sains, dan hanya setelah bertahun-tahun meneliti struktur daun dan bijinya, ia digambarkan sebagai baru dalam sains dan dinamai untuk menghormati Ruslan.

S. mishustinii menampilkan bunga-bunga cerah berwarna kuning belerang yang muncul dari tanah mulai Oktober-November. Karena mereka berbunga samar (bunganya tidak terbuka) dan panjangnya hanya 2 cm, mereka mungkin tidak terlalu populer di kalangan tukang kebun.

Namun, kurang dari 300 individu diketahui secara global, terdapat di satu situs rahasia, dan spesies tersebut telah dinilai sebagai Sangat Terancam Punah.

Tumbuhan dalam genus Sternbergia diketahui mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan, menjadikan spesies baru ini sebagai sumber obat yang berpotensi belum dimanfaatkan.

7. Bolete tinta memar ditemukan di Israel dan Sardinia

Para peneliti dari RBG Kew dan Universitas Cagliari bersama dengan ilmuwan warga dari Reggio Emilia (Italia) telah mendeskripsikan spesies baru bolet Mediterania. Secara resmi bernama Cyanoboletus mediterraneensis, jamur ini ditemukan di Israel Utara dan Sardinia, Italia.

Spesies ini pertama kali ditemukan oleh para peneliti pada 2012, tumbuh bersama pohon ek Palestina (Quercus calliprinos) di Israel, dan berdasarkan morfologinya diidentifikasi sebagai bolet noda tinta (Cyanoboletus pulverulentus), yang umum di Eropa Beriklim.

Namun, koleksi tambahan dan studi DNA telah menemukan bahwa jamur Israel mewakili spesies yang sama sekali baru, dengan spesimen lebih lanjut ditemukan dari semak belukar rockrose (Halimium halimifolium) di Sardinia.

Ini adalah bolet berukuran kecil hingga sedang dengan permukaan cokelat kemerahan yang terasa di tutupnya dan bintik serta pori-pori berwarna kuning lemon. Banyak bagian jamur berubah menjadi biru tua pekat saat ditangani atau rusak.

Karena Mediterania adalah salah satu hotspot paling menonjol untuk perubahan iklim, banyak spesies yang tumbuh di sana menjadi minat khusus para konservasionis, menyoroti perlunya studi tambahan tentang distribusi jamur langka dan menarik ini. Ini adalah kandidat potensial untuk Daftar Merah Jamur Global dan habitatnya harus dilindungi.

8. Lizzie yang sibuk memberi penghormatan kepada hutan 'pembela Ebo'

Berukuran tinggi antara 10 hingga 60 cm, lizzie sibuk yang terancam ini memiliki bunga berwarna merah muda magenta dan putih. Spesies ini dinamai Banen--pembela Hutan Ebo Kamerun dan suaka margasatwa.

Impatiens banen hanya diketahui dari kubah granit di dalam Hutan Ebo, yang masih terancam deforestasi meskipun konsesi penebangan di kawasan tersebut ditangguhkan pada Agustus 2020 menyusul protes. Protes yang dipimpin oleh komunitas lokal dan terutama Banen menjadi sorotan berkat dukungan dari juru kampanye internasional, termasuk aktor Leonardo DiCaprio.

Hutan Ebo adalah salah satu hutan hujan utuh terbesar di Kamerun dan menawarkan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Namun, sebagian besar tetap tidak dipelajari oleh para ilmuwan dan sekarang menjadi fokus studi antara RBG Kew dan mitra di Herbarium Nasional Kamerun, San Diego Zoo Wildlife Alliance, dan komunitas lokal.

9. Kerabat ubi jalar adalah spesies baru morning glory

Berasal dari daerah tropis, ubi jalar (Ipomoea batata) adalah tanaman pangan utama yang berasal dari Amerika tropis, menyediakan makanan bagi jutaan orang setiap hari. Sudah lama dikenal sebagai hexaploid (organisme dengan sel yang terdiri dari enam set kromosom), tetapi spesies induknya tetap menjadi misteri.

Ipomoea trifida diidentifikasi dalam beberapa tahun terakhir sebagai diploid terdekat (organisme yang membawa dua set lengkap kromosom) relatif, tetapi baru sekarang memiliki spesies tetraploid (dengan empat set kromosom dan oleh karena itu nenek moyang diduga), telah ditemukan-Ipomoea aequatoriensis.

Saat melakukan penelitian tentang morning glory, perhatian tim Robert Scotland di University of Oxford tertuju pada anomali dan sumber yang sebelumnya tidak dikenal dari Ekuador. Dengan menggunakan bahan yang dikumpulkan pada tahun-tahun sebelumnya, para ilmuwan dapat menunjukkan spesies baru ini, I. aequatoriensis, sebagai nenek moyang ubi jalar.

Kerja lapangan lebih lanjut yang dilakukan pada 2022 telah mengungkap spesies baru tersebut sebagai tumbuhan berumput biasa dengan bunga di pesisir Ekuador. Penemuan ini sangat menarik secara ilmiah karena pengetahuan tentang kerabat terdekat ubi jalar dapat mengarah pada pemuliaan strain yang lebih baik yang bermanfaat bagi umat manusia.

10. Hanya tiga yang tersisa di alam liar--yang terakhir selamat dari Mata Atlântica Brasil

Terkurung di salah satu fragmen terakhir hutan hujan Mata Atlântica Brasil, Eugenia paranapanemensis tumbuh di provinsi São Paulo di mana ia mencapai ketinggian hingga 27 m. Juga dikenal sebagai pitanga amerala, spesies dan hutan aslinya (yang hanya tersisa 7 persen), berada di bawah ancaman intens dari peternakan sapi dan produksi jagung, kedelai, kapas, dan sereal.

Pohon itu menghasilkan buah kuning-oranye cerah yang rasanya ceri asam dengan sedikit kayu putih. Ini mirip dengan buah ungu dan sangat populer dari pohon buah pitanga Brasil (Eugenia uniflora). Kedua spesies milik keluarga myrtle, yang merupakan bagian besar dari hutan Amerika Selatan.

Tim ilmuwan yang menemukan spesies ini menganggapnya sebagai Sangat Terancam Punah. Saat ini diketahui terbatas pada petak hutan di dekat namanya, kota Paranapanema. Hanya tiga pohon dewasa yang telah ditemukan sejauh ini.

Runner-up tambahan di 2022:

Betula buggsii: dengan karakteristik unik dari kulit kayu, daun, dan kulitnya, ahli biologi evolusi Nian Wang menamai spesies Cina ini dengan nama mantan Ph.D. penyelia Richard Buggs, Profesor Genomik Evolusioner di Queen Mary's College, London dan RBG Kew.

Mauritiella disticha: pohon palem kipas setinggi 2-7 m, berbatang berduri terbatas hanya pada lima lokasi di cekungan Amazon.

Lophopetalum tanahgambut: pohon gelendong hutan rawa raksasa berukuran 40 m yang sangat terancam punah dari Sumatera, Indonesia.

Staurogyne yamokmehong: ramuan obat dan pengatur hormon yang digunakan oleh suku Shan Ni di Myanmar dengan tinggi 20-35 cm.

PHYS