Aktivis Lingkungan Amazon di Kabinet Brazil

Penulis : Aryo Bhawono

Perubahan Iklim

Jumat, 06 Januari 2023

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID - Marina Silva, aktivis lingkungan hutan Amazon, yang dikenal sengit terhadap perambahan hutan duduk sebagai menteri lingkungan Brasil.

Aktivis lingkungan Amazon, Marina Silva, ditunjuk sebagai menteri Lingkungan Brasil. Masuknya Silva di kabinet menunjukkan pemerintahan baru Brasil di bawah Presiden Luiz Inácio Lula da Silva memprioritaskan pemberantasan deforestasi ilegal meski bertentangan dengan kepentingan agribisnis.

Dikutip dari AP, Penunjukan Silva sebagai menteri lingkungan oleh Lula diumumkan pada Kamis (29/12/2022). Keduanya menghadiri konferensi iklim PBB ((COP 27) di di Mesir, Lula sendiri menjanjikan nol deforestasi di Amazon, hutan hujan terbesar di dunia. Amazon menjadi kunci untuk memerangi perubahan iklim, pada tahun 2030. 

“Tidak akan ada keamanan iklim jika Amazon tidak tidak terlindungi,” katanya kala itu.

Sektor peternakan di Amazon Brasil adalah pendorong deforestasi terbesar di dunia, menyumbang satu dari setiap delapan hektare yang dihancurkan secara global. Setelah hutan hujan dibakar atau ditebang habis untuk diambil kayunya, para peternak dengan cepat memindahkan ternak untuk memakan rumput. Saat ini sapi lebih banyak dari manusia di Brasil, dan jutaan sapi tersebut berada di wilayah Amazon – menempati sekitar 60 persen area yang terdeforestasi. Foto: Greenpeace

Silva mengatakan kepada jaringan berita Globo TV akan mengubah nama kementerian yang dipimpinnya menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim.

Silva dibenci oleh banyak pemain agribisnis dan anggota parlemen ketika menduduki jabatan yang sama di masa kepresidenan Lula sebelumnya (2003-2010).

Selain itu Lula juga menunjuk Sonia Guajajara, seorang perempuan pribumi Brasil, sebagai Menteri Masyarakat Pribumi, dan Carlos Fávaro, seorang produsen kedelai, sebagai Menteri Pertanian.

Silva sendiri lahir di Amazon dan bekerja sebagai penyadap karet semasa remaja. Kini sebagai menteri lingkungan, dia mengawasi pembuatan lusinan kawasan konservasi dan strategi melawan deforestasi dengan operasi besar melawan penjahat lingkungan. 

Dia juga membantu merancang upaya internasional terbesar untuk melestarikan hutan hujan, sebagian besar upaya ini didukung oleh Norwegia. Deforestasi diharapkan turun drastis.

Sejarah perselisihan antara Lula dan Silva terjadi saat melayani program petani hingga Silva mengundurkan diri sebagai menteri lingkungan pada 2008. Namun kini Lula terlihat dapat telah meyakinkan Silva dengan perubahan taktik.

“Brasil akan kembali ke peran protagonis yang sebelumnya terkait dengan iklim, keanekaragaman hayati,” kata Silva kepada wartawan selama penampilannya sendiri di KTT PBB.

Pemerintahan Lula akan menunjukkan perubahan besar dari kebijakan presiden sebelumnya, Jair Bolsonaro, yang justru mendorong perambahan hutan Amazon. Apalagi menteri lingkungannya mengundurkan diri setelah polisi mulai menyelidiki keterlibatan ekspor kayu ilegal.

Bolsonaro membekukan pembentukan kawasan lindung, melemahkan badan lingkungan dan menempatkan pengelolaan hutan di bawah kendali kementerian pertanian. Dia juga memperjuangkan agribisnis, yang menentang pembentukan kawasan lindung seperti wilayah adat serta mendorong legalisasi perampasan tanah. Deforestasi di Amazon, Brasil mencapai titik tertinggi dalam 15 tahun pada tahun yang berakhir pada Juli 2021 meskipun kerusakan tersebut agak melambat dalam 12 bulan berikutnya.

Saat berada di Mesir, Lula berkomitmen untuk menindak semua kejahatan hutan, mulai dari penebangan liar hingga pertambangan. Dia juga mengatakan akan menekan negara-negara kaya untuk menepati janji membantu negara-negara berkembang beradaptasi dengan perubahan iklim. Ia pun berjanji untuk bekerja dengan negara-negara lain yang memiliki hutan tropis yang luas, Kongo dan Indonesia, dalam posisi negosiasi yang dapat dikoordinasikan mengenai pengelolaan hutan dan perlindungan keanekaragaman hayati.

Sebagai menteri lingkungan, Silva akan ditugasi melaksanakan sebagian besar agenda itu.

Silva juga kemungkinan akan menghadapi perlawanan dari Kongres, di mana kaukus pertanian tahun depan akan mencapai lebih dari sepertiga Majelis Rendah dan Senat.

Dua anggota parlemen asal sektor pertanian yang berkoalisi dengan Lula mengatakan kepada AP, mereka tidak setuju dengan pencalonan Silva mengingat konflik masa jabatannya sebelumnya. Mereka berbicara dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan.

Namun harapan tumbuh pada anggota parlemen dari kaukus agribisnis, Neri Geller, yang menjembatani Lula selama kampanye. Ia mengatakan banyak hal telah berubah sejak kepergian Silva pada 2008.

“Pada saat itu, Marina Silva mungkin sedikit terlalu ekstremis, tetapi orang-orang dari sektor agro juga memiliki beberapa ekstremis,” katanya, juga mengutip penguatan kerangka hukum seputar perlindungan lingkungan. 

Menurutnya dengan kedewasaan berpikir, keduanya dapat membuat kemajuan pada agenda penting sektor lingkungan pada saat yang bersamaan.”

Silva dan Brasil akan mendapat manfaat dari pendanaan Amazon yang diperbarui. Pendanaan ini sempat menurun pada 2019 karena Norwegia dan Jerman membekukan transfer tunai baru setelah Bolsonaro mengecualikan pemerintah negara bagian dan masyarakat sipil dari pengambilan keputusan. Kedutaan Besar Norwegia di Brasil memuji sinyal kuat dari Lula tentang penanganan deforestasi.

"Kami pikir pendanaan Amazon dapat dibuka dengan cepat untuk mendukung rencana aksi pemerintah setelah pemerintah Brasil mengembalikan struktur pemerintahan dana tersebut," kata kedutaan dalam sebuah pernyataan kepada AP.

Perpecahan antara Lula dan Marina dalam pemerintahan terakhirnya terjadi ketika presiden semakin tunduk pada sektor agribisnis, didorong oleh permintaan kedelai yang meningkat dari China. Ketegangan dalam pemerintahan tumbuh ketika Gubernur Negara Bagian Mato, Grosso Blairo Maggi, salah satu produsen kedelai terbesar di dunia, dan yang lainnya melobi beberapa tindakan anti-deforestasi.

Selain itu Lula dan Silva juga berselisih mengenai Bendungan Belo Monte yang sangat besar, sebuah proyek yang menelantarkan sekitar 40.000 orang dan mengeringkan bentangan Sungai Xingu yang menjadi tempat bergantung masyarakat adat dan masyarakat lainnya untuk mencari ikan. 

Silva menentang proyek tersebut; sedangkan Lula mengatakan bendungan itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi negara yang terus meningkat dan sejak saat itu.

Setelah Silva mengundurkan diri, dia keluar dari Partai Buruh Lula dan menjadi kritikus sengit terhadap dia dan penggantinya, Dilma Rousseff. Silva dan Lula baru mulai berdamai hingga kampanye kepresidenan tahun ini, menemukan alasan yang sama dalam mengalahkan Bolsonaro, yang mereka anggap sebagai penjahat lingkungan dan calon otoriter.