Lebih dari 2.000 Nyawa akan Hilang akibat Karhutla di Australia

Penulis : Tim Betahita

Perubahan Iklim

Rabu, 04 Januari 2023

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID - Penelitian terbaru mengungkap, lebih dari 2.400 nyawa akan hilang akibat kebakaran hutan hingga 2030 di Australia. Biaya kesehatan dari kematian terkait asap juga diperkirakan membengkak, mencapai $110 juta. 

Hasil tersebut didapatkan dari pemodelan baru yang dipimpin oleh Monash University. Prof Zanfina Ademi, ekonom kesehatan terkemuka di Centre for Medicine Use and Safety di University Monash, mengatakan pentingnya mendapatkan gambaran prediktif tentang situasi kebakaran hutan di Australia dan dampaknya terhadap kesehatan dan ekonomi. 

“Ini akan menggarisbawahi strategi investasi preventif untuk mengurangi kejadian dan tingkat keparahan kebakaran hutan di masa depan di Australia,” kata Ademi, dikutip Guardian

Kebakaran hutan pada musim panas 2019-2020 di Australia menghanguskan 20 juta hektare lahan dan 34 nyawa melayang secara langsung. Satu analisis memperkirakan 417 kematian tambahan akibat konsekuensi jangka panjang dari kebakaran dan paparan asap. 

Kebakaran besar di Australia pada 2019. Foto: theecologist.org

Ademi mengatakan tidak jelas apa beban kesehatan dan ekonomi dari kebakaran hutan di masa depan. Dia dan timnya membuat model yang mensimulasikan tindak lanjut dari seluruh populasi Australia setiap tahun dari 2021 hingga 2030, dengan fokus pada kematian akibat kebakaran hutan dan durasi hidup.Populasi dalam model diperbarui setiap tahun dengan mempertimbangkan kelahiran, kematian, dan migrasi masuk. 

Dampak kebakaran hutan terhadap produk domestik bruto selama periode ini mencapai $17,2 miliar, menurut prediksi model. Sementara itu sebanyak 2.418 nyawa akan hilang akibat kebakaran hutan. Model tersebut membuat prediksi konservatif, karena diasumsikan tidak ada perubahan pada PDB selama periode waktu tertentu mengingat ketidakpastian mengenai inflasi dalam iklim ekonomi saat ini.

Model tersebut juga tidak memperkirakan beban kesehatan akibat asap kebakaran hutan karena kondisi non-fisik, seperti kesehatan mental, maupun beban yang ditanggung oleh layanan kesehatan berbasis masyarakat, dan tidak menangkap dampak konsultasi dokter umum maupun peningkatan pengeluaran obat-obatan untuk kondisi pernapasan. 

“Bahkan berdasarkan asumsi konservatif, beban kesehatan dan ekonomi dari kebakaran hutan di Australia tampak besar,” demikian kesimpulan makalah yang diterbitkan dalam jurnal Current Problems in Cardiology.

“Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia meningkatkan kemungkinan bencana kebakaran hutan. Ini menggarisbawahi pentingnya tindakan untuk mengurangi risiko kebakaran hutan.”

Ademi mengatakan langkah-langkah seperti peningkatan pengurangan bahan bakar dan praktik pembakaran yang ditentukan akan sangat penting untuk mengurangi beban kesehatan dan ekonomi. Sementara tindakan individu itu penting, seperti mengurangi bahan bakar di sekitar properti, mematuhi larangan api total dan mempertimbangkan kembali tinggal di daerah yang kemungkinan akan terkena dampak kebakaran – yang katanya bagi banyak orang bukanlah suatu “pilihan”. Ademi menambahkan, tindakan individu ini tidak cukup untuk memitigasi risiko.

“Kita membutuhkan keterlibatan segera dari pemerintah untuk mempercepat implementasi teknologi hijau dan berkelanjutan, dan kami perlu menggunakan tindakan kolektif untuk perubahan sosial yang efektif,” kata Ademi.

Dr Arnagretta Hunter, seorang ahli jantung dan Human Futures Fellow di Australian National University, mengatakan ada banyak peluang untuk mengubah lintasan dampak kesehatan dan lingkungan yang semakin parah akibat kebakaran.

“Tapi ini bukanlah resep untuk putus asa,” kata Hunter.

“Sebaliknya kita harus bisa melihat peluang perubahan yang benar-benar akan membuat hidup kita lebih baik, dan memanfaatkan kolaborasi berbasis komunitas untuk mempersiapkan hal-hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.” 

“Udara yang kita hirup, makanan yang kita makan, air yang kita butuhkan, harga yang kita bayar, hilangnya tempat tinggal, hilangnya komunitas, semua hal ini berhubungan dan berdampak langsung pada kesehatan dan kesejahteraan kita. Apalagi dengan pergantian pemerintahan tahun ini kami melihat peluang lagi untuk membahas semua ini dan berinvestasi kembali dalam kesehatan dan perubahan iklim. Ada banyak hal yang berubah dalam lanskap.

“Saya pikir apa yang paling kuat adalah bahwa kita benar-benar dapat mengatakan 'perubahan iklim' dengan lantang sekarang, ia kehilangan kekuatan politik dan partisannya, dan sekarang kita dapat mengakui sains dan mendiskusikannya secara cerdas dan kuat, melibatkan komunitas kita dalam diskusi itu. Dan itu adalah bagian yang sangat penting dari cara kita mempersiapkan diri,” pungkasnya.