Dua Spesies Baru Robin Semak Diidentifikasi di Asia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 10 Januari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Beberapa spesies unggas samar telah divalidasi oleh upaya taksonomi integratif baru-baru ini di pegunungan Sino-Himalaya, menunjukkan bahwa keragaman unggas di hotspot keanekaragaman hayati global ini mungkin diremehkan.

Dalam penelitian yang dilakukan baru-baru ini, para peneliti menyelidiki batas spesies dalam genus Tarsiger, robin semak (bush robin), sekelompok spesialis hutan pegunungan dengan kekayaan spesies tinggi di wilayah Sino-Himalaya. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Molecular Phylogenetics and Evolution edisi Oktober 2022.

“Bush robin berukuran kecil (panjang tubuh 12-15 cm), pemakan serangga dan burung penyanyi yang dimorfik secara seksual dengan bulu dan nyanyian jantan yang khas,” kata Dr. Per Alström dari Universitas Uppsala, Dr. Liu Yang dari Universitas Sun Yat-sen dan rekan mereka dari Tiongkok, Amerika Serikat dan Eropa.

Burung-burung ini, lanjut Alström, berkembang biak dari hutan zona beriklim dataran rendah dekat permukaan laut (Tarsiger cyanurus) hingga hutan dataran tinggi dan semak belukar alpin hingga 4.600 m (Tarsiger chrysaeus), dengan taksa subtropis menjadi pegunungan.

Burung robin semak Taiwan (Tarsiger formosanus)./Foto: Vincent Wang.

Sebagian besar spesies di wilayah Sino-Himalaya dan Taiwan adalah migran elevasi dengan rentang pergeseran dari dataran tinggi ke elevasi menengah atau kaki bukit selama musim non-kawin.

“Satu-satunya migran jarak jauh dalam genus, Tarsiger cyanurus, berkembang biak dari Finlandia ke Asia timur dan bermigrasi ke Cina barat daya dan selatan dan bagian Asia Tenggara yang berdekatan pada musim non-kawin, meskipun populasi di Jepang juga melakukan migrasi ketinggian.”

Dengan enam spesies yang saat ini dikenal di wilayah Sino-Himalaya, Arktik Eurasia, dan pulau Taiwan, robin semak Tarsiger terdiri dari kelompok yang ideal untuk mempelajari pola diversifikasi dan spesiasi biogeografis.

Dalam studi baru, Dr. Alström, Dr. Yang dan rekan penulis menyelidiki batasan spesies dalam genus Tarsiger. Para ahli burung mengumpulkan dan menganalisis sampel DNA dan akustik dari 11 subspesies dari enam spesies yang saat ini dikenal.

“Dalam penelitian ini, kami melakukan studi taksonomi integratif dari robin semak Tarsiger berdasarkan penanda DNA mitokondria dan nuklir, menggunakan metode filogenetik dan pembatasan spesies berbasis koalesen, dan analisis bulu, morfometrik, dan bioakustik,” jelas mereka.

Hasilnya menunjukkan pengenalan dua spesies yang terabaikan, Tarsiger albocoeruleus dan Tarsiger formosanus.

“Hasil kami mengungkapkan bahwa populasi Tarsiger cyanurus di Cina utara-tengah yang terisolasi , digambarkan sebagai subspesies Tarsiger cyanurus albocoeruleus tetapi biasanya dianggap tidak valid, berbeda dalam genetika dan vokalisasi, tetapi hanya sedikit berbeda dalam morfologi,” kata mereka.

Selain itu, Alström dan kawan-kawan juga menemukan Tarsiger indicus formosanus endemik Taiwan berbeda dalam genetika, kicauan dan morfologi dari Tarsiger indicus indicus dan Tarsiger indicus yunnanensis dari pegunungan Sino-Himalaya.

“Kami menyarankan pengakuan endemik Taiwan sebagai spesies independen, Tarsiger formosanus, yang kami usulkan nama Inggrisnya 'Taiwan bush robin', yang mencerminkan distribusi pulau endemiknya.”

Alström dan peneliti lainnya juga menyarankan pengobatan Tarsiger cyanurus albocoeruleus sebagai spesies yang berbeda, Tarsiger albocoeruleus, dengan nama bahasa Inggris tentatif 'Qilian bluetail', yang mencerminkan rentang perkembangbiakan utamanya di Pegunungan Qilian.

“Tidak diketahui apakah spesies ini menetap atau bermigrasi, namun mengingat iklim pertengahan musim dingin tempat berkembang biak, tampaknya ia setidaknya merupakan migran ketinggian. Identifikasi jauh dari rentang pemuliaan kemungkinan akan membutuhkan analisis molekuler.”

SCI News