Smelter PT IWIP Terbakar

Penulis : Aryo Bhawono

Tambang

Senin, 09 Januari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Smelter L milik PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera Tengah, Maluku Utara, terbakar pada Jumat (6/1/2023) kemarin. Tujuh pekerja, dua di antaranya warga negara Cina, dilarikan ke rumah sakit karena luka bakar. 

Keterangan saksi menyebutkan kebakaran bermula pada pukul 12.19 WIT. Pantauan dari ruang kontrol menyebutkan terjadi kerusakan pada penampung batu bara di smelter L, Lantai 4. 

Dikutip dari Antara, pengecekan atas kejadian ini dilakukan oleh anggota tim lapangan. Mereka mengkonfirmasi kerusakan. Namun beberapa menit kemudian terdengar ledakan yang berasal dari lantai 6 smelter L yang diduga adalah pipa big house yang terletak di lantai 6 Limo smelter L. 

"Tim kami masih bekerja di lapangan melakukan investigasi dan penyidikan guna memastikan penyebab kebakaran yang sebenarnya," ucap Kapolres Kabupaten Halteng, AKBP Moh Zulfikar Iskandar pada Sabtu (7/1/2023).

Tampak dari ketinggian kawasan industri terpadu PT Indonesia Weda Industrial Park (IWIP), Halmahera Tengah, Maluku Utara. Foto: Auriga Nusantara.

Akibat insiden ini tujuh orang menjadi korban kebakaran di smelter L milik PT IWIP, dua di antaranya adalah warga negara asing (WNA) China,  yang terjadi pada Jumat (6/1) 2023 dirujuk ke RSUD Chasan Boesoerie Ternate. 

"Tujuh orang karyawan feronikel di Halmahera Tengah yang mengalami luka bakar, dua di antaranya warga negara asing (WNA) asal China," Zulfikar.

Korban telah dievakuasi dari lokasi kejadian menuju klinik milik PT IWIP guna mendapatkan pertolongan medis.

Kemudian, pada Sabtu (7/1) korban akan dirujuk ke RSUD Dr.H Chasan Boesoirie Ternate dengan ambulans PT IWIP. Dari tujuh korban yang mengalami luka bakar, kata dia, dua di antaranya mengalami luka bakar yang serius sehingga akan dirujuk ke Jakarta. Tidak ada korban meninggal dunia dalam insiden ini.

Ketujuh korban luka bakar tersebut bernama Boni La Ndala (28) sebagai Wakil Formen, Suhendra (25) Juru Bicara PT IWIP, Abdul Qohar Tuhuteru, Randi Jole dan Riko Talebo berstatus sebagai Karyawan PT IWIP, Sedangkan, dua korban WNA asal China bernama Zhang Gou Zhao (30) dan Zhang Liong, yang menjabat sebagai Wakil Formen PT IWIP. 

Pada Juni tahun lalu, kebakaran juga terjadi di smelter A PT IWIP. Sebanyak 20 pekerja menjadi korban ledakan tungku smelter. Meski tidak ada korban jiwa, sebanyak enam orang di antaranya mengalami luka bakar berat dan sedang.