Ratusan Spesies Mamalia Menuju Kepunahan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Senin, 16 Januari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebuah studi baru yang dipimpin oleh The University of Manchester telah mengidentifikasi bahwa spesies mamalia didorong ke batas ekologis mereka di daerah di mana mereka tidak mungkin berkembang. Para peneliti memeriksa apakah hilangnya habitat yang disebabkan oleh aktivitas manusia menyebabkan spesies terdorong ke lingkungan yang berkualitas buruk.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Jake A. Britnell dan Profesor Susanne Shultz ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS). Hasil penelitian mereka menunjukkan, pembatasan habitat yang buruk dan marjinal merupakan ancaman konservasi global yang sangat penting untuk dimasukkan ke dalam penilaian dan pengelolaan konservasi.

Para peneliti menunjukkan, banyak dari 627 spesies mamalia dengan kontraksi wilayah jelajah yang terdokumentasikan sekarang hanya terjadi pada ekstrem ekologis dari rentang historis mereka. 66 persen dan 75 persen dari spesies ini terdorong ke arah suhu atau curah hujan ekstrem, masing-masing, dengan pergeseran yang semakin memburuk karena spesies kehilangan lebih banyak lahan.

"Tekanan manusia menyebabkan spesies kehilangan wilayah jelajah. Ketika mereka kehilangan wilayah jelajah, relung mereka menyusut, dan mereka menjadi terbatas pada habitat yang kurang beragam. Studi kami menunjukkan bahwa kehilangan wilayah jelajah terkonsentrasi di inti ceruk, mendorong banyak spesies ke ekstrem ekologis dari jangkauan historis mereka," kata Dr. Britnell.

Orangutan tapanuli. Foto: Sumatran Orangutan Conservation Programme

Pergeseran ini, yang disebut marjinalisasi ekologis, mengarah pada risiko kepunahan spesies yang lebih tinggi. Menurut para peneliti, kualitas habitat penting bagi risiko kepunahan spesies dan marginalisasi ekologis dapat membantu menjelaskan mengapa beberapa kawasan lindung lebih efektif daripada yang lain.

Pergeseran ini terjadi karena daerah yang baik untuk pertanian, padang rumput, dan pemukiman manusia telah dikonversi untuk digunakan manusia. Hal ini menyebabkan habitat alami menjadi terbatas pada area yang tidak diinginkan atau tidak dapat digunakan manusia. Studi ini menunjukkan, "sisa-sisa" ini mungkin juga merupakan habitat berkualitas buruk untuk perlindungan keanekaragaman hayati.

"Jika kita melestarikan spesies di habitat yang pada dasarnya tidak cocok, maka konservasi mungkin berkinerja buruk atau bahkan gagal. Menggunakan informasi historis dapat menyoroti tempat atau strategi yang lebih efektif untuk memusatkan upaya kita," kata Profesor Shultz.

"Jika spesies dilindungi di daerah marjinal, upaya konservasi sudah berada di belakang kaki karena spesies tidak akan bertahan hidup atau bereproduksi sebaik mungkin. Jika kita mengidentifikasi dan melindungi lingkungan berkualitas tinggi, kita akan meningkatkan populasi yang lebih banyak, lebih padat, dan lebih tangguh," imbuh Dr. Britnell.

PHYS