Spesies Baru Ikan dengan Tanduk di Belakang Kepala dari Cina

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Selasa, 31 Januari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Para peneliti Cina baru-baru ini merilis penemuan spesies baru ikan dengan struktur mirip tanduk di bagian belakang kepalanya. Jenis ikan yang hidup di air tawar yang masuk dalam famili Cyprinidae ini diberi ini nama Sinocyclocheilus longicornus. Temuan Sinocyclocheilus longicornus ini dilaporkan dalam makalah di jurnal ZooKeys.

Sinocyclocheilus pertama kali dideskripsikan pada 1936, terdiri dari 76 spesies yang valid. Yang mana 71 spesies dikelompokkan menjadi lima kelompok spesies. Jenis ikan ini merupakan endemik Cina.

Hampir semua anggota genus ini hidup di dalam atau di sekitar gua dan sebagian besar memiliki adaptasi khas ikan gua seperti kurangnya sisik, kurangnya pigmentasi dan mata yang berkurang. Beberapa spesies ini memiliki 'tanduk' di bagian belakang kepalanya, namun fungsinya tidak jelas. Sebaliknya, spesies yang hidup di atas tanah, serta beberapa yang ditemukan di bawah tanah, tidak menunjukkan adaptasi yang jelas dari ikan gua.

“Genus ikan golden-line Sinocyclocheilus adalah endemik Tiongkok, dan terutama tersebar di daerah karst Tiongkok Barat Daya, termasuk Provinsi Guangxi, Guizhou, Yunnan, dan Hubei,” kata Dr. Jiang Zhou dari Guizhou Normal University.

Spesies baru ikan bertanduk dari Cina yang diberi nama Sinocyclocheilus longicornus./Foto: Xu et al ., doi: 10.3897/zookeys.1141.91501.

Jiang Zhou menjelaskan, distribusi yang sempit, kesamaan morfologis, dan adaptasi morfologis terhadap lingkungan gua, seperti degenerasi atau hilangnya mata dan sisik tubuh, membuat klasifikasi genus menjadi sulit dan seringkali kontroversial.

Spesies Sinocyclocheilus telah mengembangkan mata dan struktur seperti tanduk di bagian belakang kepala secara bervariasi. Morfologi mata meliputi kondisi normal, mikroftalmik, dan anoftalmik. Spesies bermata normal dan mikrofthalmik tersebar dari Guangxi timur melalui Guizhou selatan hingga Yunnan timur, dan spesies tanpa mata terutama tersebar di cekungan sungai Hongshuihe di Guangxi utara dan cekungan sungai Nanpanjiang di Yunnan timur.

Struktur seperti tanduk hadir terutama pada spesies kelompok spesies Sinocyclocheilus angularis dan Sinocyclocheilus microphthalmus. Spesies bertanduk ini tersebar di lembah Sungai Nanpanjiang, Beipanjiang, dan Hongshuihe di bagian hulu Sungai Pearl.

Spesies yang baru dideskripsikan, Sinocyclocheilus longicornus, hanya diketahui dari lokasi jenisnya, sebuah gua vertikal yang agak jauh dari Kota Hongguo di Provinsi Guizhou, Tiongkok pada ketinggian 2.276 m.

“Tidak ada cahaya di dalam gua. Individu Sinocyclocheilus longicornus ditemukan di sebuah kolam kecil sekitar 25 m dari pintu masuk gua. Kolam itu memiliki lebar sekitar 1,8 m dan kedalaman 80 cm, dengan suhu air 16 derajat Celcius pada waktu pengumpulan dan pH air 7,4,” kata para peneliti.

Sinocyclocheilus longicornus memiliki tubuh albinotik tanpa sisik tanpa pigmentasi, dan mata kecil yang mengalami degenerasi. Ikan ini juga memiliki struktur seperti tanduk tunggal yang relatif panjang dan tidak bercabang di bagian belakang kepala.

Sinocyclocheilus longicornus mengelompok dengan delapan spesies dari kelompok spesies Sinocyclocheilus angularis pada pohon filogenetik dan dapat dibagi menjadi Clade I dan Clade II. Struktur panjang dan pendek/tidak jelas seperti tanduk masing-masing ada di Clade I dan Clade II.

Berdasarkan penelitian ini dan pohon filogenetik sebelumnya, para peneliti berhipotesis bahwa evolusi tanduk dahi mungkin terjadi setidaknya dalam dua formasi independen, satu peristiwa pelemahan dan satu peristiwa kehilangan.

“Untuk mata, tidak ada clade yang sesuai ditemukan dalam kelompok spesies Sinocyclocheilus angularis, dan variabel fenotip mata juga dilaporkan dalam Sinocyclocheilus bicornutus, yang mungkin terkait dengan pengurangan ukuran mata selama evolusi atau dengan kelimpahan dan kekurangan sumber makanan. selama pertumbuhan dan perkembangan, serta mutasi gen terkait.

SCI News