Cuaca Panas dan Dingin Ekstrem Melanda Amerika Selatan dan Utara

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Jumat, 10 Februari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Suhu panas yang menembus rekor baru diperkirakan akan terus berlanjut di wilayah Amerika Selatan pekan ini. Suhu diprediksi mencapai pertengahan hingga 30-an derajat Celcius untuk Chili, Argentina, dan Paraguay. Di bagian utara Argentina, kemungkinan suhu maksimum mencapai 40C. 

Suhu ini setidaknya 5-10C di atas rata-rata klimatologis, dengan panas ekstrem diperkirakan akan berlanjut setidaknya hingga pertengahan Februari.

Panas di wilayah ini telah menyebabkan kematian sedikitnya 23 orang dengan sedikitnya 39 kebakaran hutan yang berkecamuk di Chili. Kelembaban relatif rendah 20-50% dan tidak ada tanda-tanda curah hujan yang signifikan. Kondisi ini memperburuk risiko penyebaran kebakaran hutan, dengan sedikitnya 40.000 hektare lahan yang telah rusak.

Sementara itu, sebagian wilayah Eropa seperti Balkan, Yunani, dan Turki akan mengalami musim dingin minggu ini. Suhu diperkirakan turun 10-15C di bawah rata-rata musiman. Suhu minimum akan anjlok hingga antara -10C dan -20C, dengan suhu terdingin terlihat di sekitar Dinaric Alps selama pertengahan minggu ini.

Asap kebakaran hutan dan lahan terlihat di kota Santa Juana, Chili. Dok Pablo Hidalgo/EPA

Turki akan dilanda angin kencang dan hujan salju lebat, dengan akumulasi hujan salju maksimum lebih dari satu meter melintasi Pegunungan Pontic di utara negara itu selama paruh pertama minggu ini. Turkish Airlines telah membatalkan 240 penerbangan domestik dan internasional dari bandara Istanbul untuk mempersiapkan cuaca dingin yang akan datang.

Minggu lalu, cuaca dingin yang parah melanda Kanada dan bagian timur laut Amerika Serikat (AS). Suhu rendah yang berbahaya dan angin kencang memicu peringatan ancaman terhadap kehidupan di beberapa negara bagian. Otoritas negara juga memperingatkan bahwa hipotermia dan radang dingin dapat terjadi dalam beberapa menit. Sejumlah kota juga membuka pusat pemanasan untuk melindungi para tunawisma.

Suhu di puncak Gunung Washington di New Hampshire turun menjadi -47F (-44C) pada 4 Februari, rekor terendah di negara bagian itu pada Februari. Selain itu, suhu angin dingin yang sangat rendah -108F (-78C) diamati di stasiun tersebut, menjadikannya yang terdingin yang tercatat di benua AS. Selanjutnya, keadaan darurat diumumkan di Boston, Massachusetts. Suhu udara minimum -10F (-23C) tercatat di kota pada 4 Februari, terendah sejak Januari 1957.

Guardian