Deforestasi di Amazon Brasil Turun 61% pada Periode Januari 2023

Penulis : Tim Betahita

Lingkungan

Senin, 20 Februari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Deforestasi di hutan hujan tropis Amazon, Brasil, dilaporkan turun pada Januari 2023. Data satelit per Jumat, 10 Februari 2023, menunjukkan bahwa kehilangan tutupan hutan turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dalam laporan bulanan pertama di bawah pemerintahan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva. 

Data satelit awal yang dikumpulkan oleh badan penelitian luar angka pemerintah (Inpe) menunjukkan 167 kilometer persegi hilang di Amazon bulan lalu. Luas ini turun sebesar 61% dari Januari 2022, yang terburuk untuk bulan tersebut dalam seri data delapan tahun. 

Pada pertengahan Januari, agen lingkungan Brasil meluncurkan serangan anti penebangan pertama negara tersebut di bawah Presiden Lula. Saat terpilih, Presiden Lula berjanji untuk mengakhiri penghancuran yang melonjak di bawah pendahulunya, Jair Bolsonaro. 

Deforestasi pada bulan Januari juga berada di bawah rata-rata historis 196 kilometer persegi khusus bulan tersebut sejak 2016. Namun para peneliti mengingatkan bahwa data bulan Januari dapat terganggu mengingat awan tebal menutupi hutan hujan di awal tahun. 

Hutan Amazon di Brasil (WWF)

“Melihat penurunan yang relevan di bulan Januari adalah sesuatu yang positif,” kata spesialis konservasi WWF-Brasil, Daniel Silva, dikutip Reuters. “Namun, masih terlalu dini untuk membicarakan pembalikan tren, karena penurunan ini mungkin terkait dengan tutupan awan yang lebih besar.” 

Silva mencatat data Januari mewakili penurunan pertama dari tahun sebelumnya dalam lima bulan. 

Angka baru tersebut datang setelah Reuters melaporkan pada Kamis bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan kontribusi pertamanya untuk dana multilateral yang ditujukan untuk memerangi deforestasi Amazon. 

Dana Amazon yang dikelola Brasil, didukung terutama oleh Norwegia dan Jerman, diaktifkan kembali oleh Menteri Lingkungan Marina Silva pada hari dia menjabat bulan lalu, setelah dibekukan sejak 2019 di bawah pemerintahan Bolsonaro.

Bahkan dengan awal yang positif untuk tahun ini, para ahli dan staf di badan lingkungan Ibama memperingatkan mungkin perlu waktu bertahun-tahun bagi Lula untuk mencapai target konservasi setelah Bolsonaro memotong dana dan staf di badan-badan utama pemerintah.

Pemerintah Brasil juga memerangi penambangan liar di tanah Yanomami di Amazon, cagar alam terbesarnya, di tengah krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh penambang emas ilegal.