Harga Energi Melonjak, 141 Juta Diperkirakan Jatuh Miskin Ekstrem

Penulis : Kennial Laia

Energi

Selasa, 21 Februari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Melonjaknya harga energi yang dipicu oleh konflik Rusia-Ukraina dapat mendorong hingga 141 juta lebih banyak orang di seluruh dunia ke dalam kemiskinan ekstrem, demikian temuan sebuah penelitian. 

Menurut studi pemodelan yang dilakukan oleh kelompok ilmuwan internasional yang diterbitkan Nature Energy, biaya energi untuk rumah tangga secara global dapat meningkat antara 62,6% dan 112,9% sejak invasi Rusia ke Ukraina. 

Studi ini memodelkan dampak harga energi yang lebih tinggi terhadap pengeluaran 201 kelompok, mewakili tingkat pengeluaran yang berbeda, di 116 negara, serta mencakup 87,4% populasi global.

Para peneliti memperkirakan bahwa pengeluaran rumah tangga secara keseluruhan naik antara 2,7% dan 4,8%. Ini terjadi terlepas dari upaya pemerintah untuk melindungi konsumen dari kenaikan harga. Akibatnya, mereka memperkirakan bahwa 78–141 juta orang di seluruh dunia dapat jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem.

Warga memprotes kenaikan harga di London, Inggris, Februari 2022. Dok Bjanka Kadic / Alamy via The Conversation

Salah satu penulis laporan tersebut, Yuli Shan, seorang profesor di University of Birmingham, mengatakan harga energi yang tinggi memukul keuangan rumah tangga dengan dua cara. 

“Kenaikan harga bahan bakar secara langsung meningkatkan tagihan energi rumah tangga, sementara masukan energi yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa mendorong harga produk ini, terutama makanan, yang memengaruhi rumah tangga secara tidak langsung,” kata Shan, dikutip Guardian, Kamis, 16 Februari 2023. 

“Biaya energi yang tidak terjangkau dan kebutuhan lainnya akan mendorong populasi yang rentan ke dalam kemiskinan energi dan bahkan kemiskinan ekstrem,” kata Shan. 

Shan menambahkan bahwa krisis energi global ini belum terjadi sebelumnya. Ini mengingatkan dunia bahwa sistem energi yang sangat bergantung pada bahan bakar fosil melanggengkan risiko keamanan energi, serta mempercepat perubahan iklim.

Shan menambahkan: “Krisis energi global yang belum pernah terjadi sebelumnya ini mengingatkan kita bahwa sistem energi yang sangat bergantung pada bahan bakar fosil melanggengkan risiko keamanan energi, serta mempercepat perubahan iklim.”

Penulis laporan lainnya, Klaus Hubacek dari Universitas Groningen, mengatakan: “Krisis ini memperburuk kemiskinan energi dan kemiskinan ekstrem di seluruh dunia. Bagi negara-negara miskin, biaya hidup merusak keuntungan yang diperoleh dengan susah payah dalam akses energi dan pengentasan kemiskinan.”

“Memastikan akses ke energi yang terjangkau dan kebutuhan lainnya adalah prioritas bagi negara-negara tersebut, tetapi kebijakan jangka pendek yang menangani krisis biaya hidup harus selaras dengan tujuan mitigasi iklim dan komitmen pembangunan berkelanjutan jangka panjang lainnya,” tambah Hubacek.  

Negara-negara Barat telah berusaha untuk mengurangi pundi-pundi Kremlin dengan menetapkan batasan harga pada minyak Rusia sambil tetap membiarkannya mengalir untuk menghindari kenaikan harga bahan bakar.

Dalam beberapa minggu terakhir, harga grosir gas turun karena musim dingin yang ringan dan tingkat penyimpanan gas yang kuat di Eropa telah meningkatkan keyakinan bahwa negara-negara tidak akan mengalami kekurangan energi musim dingin ini. Namun, masih ada kekhawatiran tentang bagaimana negara-negara akan mengganti pasokan gas Rusia pada musim dingin mendatang.

Di Inggris, tagihan energi naik sebesar 40% pada bulan April ketika dukungan pemerintah dikurangi. Aksi Energi Nasional memperkirakan saat ini terdapat 6,7 ​​juta rumah tangga Inggris dalam kemiskinan bahan bakar – angka yang meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2020.