Produksi Daging, Susu, dan Beras Bisa Gagalkan Target Iklim Dunia

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Rabu, 08 Maret 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Analisis terbaru mengungkap bahwa emisi dari sistem pangan saja akan mendorong dunia melewati 1.5C pemanasan global. Target utama internasional ini akan gagal kecuali jika makanan dengan emisi metana tinggi dikurangi. 

Produksi makanan saat ini didominasi oleh daging, produk susu, dan beras. Para peneliti memperkirakan bahwa jika tingkat emisi makanan saat ini berlanjut, mereka akan menghasilkan setidaknya 0,7C pemanasan global pada akhir abad ini, di atas kenaikan 1C yang sudah terlihat. Ini berarti emisi dari makanan saja, mengabaikan dampak besar bahan bakar fosil, akan mendorong dunia melewati batas 1,5C.

Studi tersebut menunjukkan bahwa 75% dari pemanasan terkait makanan ini didorong oleh makanan yang merupakan sumber metana tinggi, yaitu yang berasal dari ternak ruminansia seperti sapi, dan sawah. 

Namun, para ilmuwan mengatakan kenaikan suhu dapat dikurangi hingga 55% dengan memotong konsumsi daging di negara-negara kaya ke tingkat yang direkomendasikan secara medis, mengurangi emisi dari ternak dan kotorannya, dan menggunakan energi terbarukan dalam sistem pangan.

Sektor peternakan di Amazon Brasil adalah pendorong deforestasi terbesar di dunia, menyumbang satu dari setiap delapan hektare yang dihancurkan secara global. Setelah hutan hujan dibakar atau ditebang habis untuk diambil kayunya, para peternak dengan cepat memindahkan ternak untuk memakan rumput. Saat ini sapi lebih banyak dari manusia di Brasil, dan jutaan sapi tersebut berada di wilayah Amazon – menempati sekitar 60 persen area yang terdeforestasi. Foto: Greenpeace

Studi sebelumnya telah menunjukkan dampak besar dari produksi makanan terhadap lingkungan, terutama daging dan susu. Namun studi baru ini memberikan perkiraan kenaikan suhu yang dapat disebabkan oleh emisi pangan. Ini bisa menjadi perkiraan yang terlalu rendah, karena penelitian ini mengasumsikan konsumsi produk hewani akan tetap sama di masa depan tetapi diproyeksikan akan meningkat sebesar 70% pada tahun 2050.

“Metana memiliki peran yang sangat dominan dalam mendorong pemanasan yang terkait dengan sistem pangan,” kata Catherine Ivanovich, dari Universitas Columbia di AS, yang memimpin penelitian tersebut, dikutip Guardian, Senin, 6 Maret 2023. 

“Mempertahankan pola [produksi pangan] yang kita miliki saat ini tidak konsisten dengan menjaga ambang batas suhu 1,5C. Ini menempatkan banyak urgensi untuk mengurangi emisi, terutama dari kelompok makanan metana tinggi,” jelasnya.

“Kita harus membuat tujuan mempertahankan populasi global kita konsisten dengan masa depan yang aman iklim,” tambah Ivanovich.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Climate Change itu memperlakukan setiap gas rumah kaca secara terpisah untuk 94 jenis makanan utama, sehingga memungkinkan dampaknya terhadap iklim dari waktu ke waktu untuk dipahami dengan lebih baik. 

Para peneliti memasukkan data emisi ini ke dalam model iklim yang digunakan secara luas menunjukkan bahwa kelanjutan produksi pangan saat ini akan menyebabkan kenaikan 0,7C pada tahun 2100 jika pertumbuhan populasi global rendah, dan kenaikan 0,9C jika pertumbuhan populasi tinggi.

“Karena kita telah mencapai lebih dari 1C pemanasan di atas tingkat pra-industri pada tahun 2021, pemanasan tambahan ini [dari produksi makanan] saja sudah cukup untuk melampaui target pemanasan global 1,5C,” para ilmuwan menyimpulkan dalam laporan tersebut. “Analisis kami dengan jelas menunjukkan bahwa produksi makanan dan pola konsumsi saat ini tidak sesuai dengan mempertahankan pertumbuhan populasi sambil mengejar masa depan iklim yang aman.”

Kenaikan suhu terkait makanan bisa diatasi, kata para peneliti. Jika orang mengadopsi pola makan sehat yang direkomendasikan oleh sekolah kedokteran Harvard, yang mengizinkan satu porsi daging merah dalam seminggu, kenaikannya bisa dikurangi 0,2C. Pola makan seperti itu akan berarti pengurangan besar dalam konsumsi daging di negara-negara kaya, tetapi bisa berarti peningkatan di beberapa negara yang lebih miskin.

Pemotongan emisi metana dari ternak menggunakan aditif pakan dan pengelolaan kotoran yang lebih baik dapat menghindari 0,2C lagi, kata para peneliti. Sementara itu beralih ke energi hijau dalam sistem pangan akan memotong 0,15C. Ivanovich mengatakan opsi pengurangan emisi yang termasuk dalam penelitian ini mungkin dilakukan saat ini, tetapi kemajuan teknologi di masa depan mungkin dapat mengurangi emisi lebih lanjut.

“Kita sudah tahu bahwa produksi ternak memiliki kontribusi yang tidak proporsional terhadap perubahan iklim – bahkan dengan menggunakan metrik tradisional, pada tahun 2021 kami menunjukkan bahwa 57% emisi dari sistem pangan muncul dari peternakan hewan,” kata Prof Pete Smith, di University of Aberdeen, Inggris. 

“Studi yang sangat rapi ini menggunakan model iklim sederhana untuk menunjukkan dampak yang tidak proporsional dari emisi metana dari pertanian terhadap kenaikan suhu, dan menyoroti pentingnya mengurangi emisi metana dari sistem pangan,” jelas Smith.

Hanya sepertiga dari negara-negara di dunia yang memasukkan kebijakan pengurangan emisi dari pertanian ke dalam rencana iklim yang telah mereka ajukan di bawah perjanjian Paris PBB. Para peneliti mengatakan pekerjaan mereka ditujukan untuk meningkatkan pemahaman tentang dampak konsumsi pangan global terhadap pemanasan global di masa depan. Ivanovich juga mengatakan kebijakan untuk mengurangi emisi harus melindungi akses ke makanan dan mata pencaharian bagi populasi yang rentan.