Sebanyak 64 Ekor Burung Langka asal Wakatobi Gagal Diselundupkan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Senin, 13 Maret 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Penyelundupan 64 ekor satwa burung langka jenis kacamata asal Kabupaten Wakatobi berhasil digagalkan oleh Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra La Ode Kaida mengatakan, penggagalan penyeludupan satwa itu berawal dari informasi masyarakat mengenai kegiatan pengiriman satwa langka itu dari Pelabuhan Wanci, Kabupaten Wakatobi, menuju Pelabuhan Kota Kendari, melalui kapal laut KM Napoleon 777.

"Kami berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) untuk menindaklanjuti laporan itu dengan melakukan pengecekan di kapal tersebut di Pelabuhan Kendari pada hari Selasa sekitar pukul 18.30 WITA,” ujar Kaida, dikutip dari Antara Sultra, Kamis (9/3/2023).

Dia menuturkan saat pihaknya melakukan pemeriksaan tersebut ditemukan sebanyak 64 ekor jenis burung spesies Zosterops connsobrinorum itu tersimpan dalam kotak kardus.

Ilustrasi burung kacamata. Foto: Arief Rahman/Wikipedia

“Kami temukan burung-burung itu beserta sangkarnya dalam kotak kardus di kapal tersebut, namun tidak diketahui siapa pemilik burung tersebut."

Saat itu juga, kata dia, pihaknya langsung membawa burung-burung itu ke Kantor BKSDA Sultra untuk dilakukan identifikasi satwa dan mengumpulkan informasi terkait penyeludupan burung itu.

"Kami melakukan koordinasi dengan Balai Taman Nasional Wakatobi, setelah dilakukan diidentifikasi nanti, burung-burung endemik itu akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya di Wakatobi,” ujarnya.