Ahli Ornitologi Identifikasi Dua Spesies Baru Burung Beracun

Rabu, 26 April 2023

BETAHITA.ID - Kebanyakan orang mengenal katak panah beracun ikonik Amerika Selatan dan Tengah, terutama katak racun emas (Phyllobates terribilis), yang membawa batrachotoxin alkaloid neurotoksik yang kuat.

Namun baru-baru dua spesies baru burung beracun yang diidentifikasi oleh ahli ornitologi di Papua Nugini--yang membawa racun yang sama pada kulit dan bulunya--menunjukkan bahwa batrachotoxin lebih tersebar luas daripada yang diyakini sebelumnya.

Toksisitas telah berevolusi secara independen beberapa kali di seluruh pohon kehidupan hewan, dengan contoh-contoh ikonik dari kelompok-kelompok yang berbeda seperti ubur-ubur, cephalopoda, nudibranch, serangga, laba-laba, dan vertebrata.

Bellbird rufous-naped (Aleadryas rufinucha). Foto: Knud Jønsson.

Senyawa beracun diproduksi oleh hewan atau simbion atau diperoleh melalui makanan hewan. Racun memiliki fungsi penting yang berkaitan dengan perburuan, pertahanan, dan pencegahan parasit.

Meskipun beberapa spesies hewan dapat memakan makanan beracun, hanya sebagian kecil dari mereka yang telah berevolusi untuk menyerap racun yang tertelan untuk keuntungan mereka sendiri. Vertebrata beracun membawa berbagai jenis racun, beberapa di antaranya dapat mematikan, bahkan dalam jumlah kecil.

Salah satu contohnya adalah batrachotoxin alkaloid yang ditemukan pada burung beracun dari Papua Nugini dan katak panah beracun dari genus Phyllobates.

"Kami berhasil mengidentifikasi dua spesies baru burung beracun dalam perjalanan terakhir kami," kata Dr .Knud Jønsson, seorang peneliti di Museum Sejarah Alam Denmark.

"Burung-burung ini mengandung racun saraf yang bisa mereka tahan dan simpan di dalam bulu mereka."

Dua spesies burung beracun baru tersebut adalah burung whistler bupati (Pachycephala schlegelii) dan burung lonceng tengkuk rufous (Aleadryas rufinucha).

"Kami sangat terkejut ketika menemukan bahwa burung-burung ini beracun karena tidak ada spesies burung beracun baru yang ditemukan selama lebih dari dua dekade," ujar Dr. Jønsson.

"Khususnya, karena kedua spesies burung ini sangat umum ditemukan di bagian dunia ini."

Jønsson dan rekan-rekannya juga membandingkan enam spesies burung beracun dari Papua Nugini, termasuk dua spesies yang mereka temukan beracun dalam penelitian mereka, dengan 21 spesies burung yang tidak beracun yang termasuk dalam famili Corvoidea.

Mereka berfokus pada adaptasi genom yang dapat memfasilitasi resistensi terhadap batrachotoxin yang didapat dari makanan pada burung-burung beracun. Mereka menemukan bahwa burung-burung ini membawa beberapa mutasi pada gen SCN4A yang berada di bawah seleksi positif.

Penemuan tentang beberapa mutasi pada segmen pembentuk pori-pori pengikat batrachotoxin pada gen SCN4A yang mengurangi afinitas pengikatan batrachotoxin pada burung beracun dan penemuan mutasi sebelumnya pada gen yang sama pada katak Phyllobates mengimplikasikan bahwa adaptasi yang berevolusi secara konvergen pada tingkat molekuler memberikan resistensi otomatis pada batrachotoxin pada dua klade vertebrata yang berkerabat jauh.

"Mutasi ini ditemukan pada posisi gen SCN4A yang berbeda pada burung dan katak, dan bahkan pada posisi yang berbeda pada spesies burung beracun."

"Studi komparatif komprehensif lebih lanjut tentang burung dan katak diperlukan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang evolusi resistensi batrachotoxin di seluruh clade vertebrata karismatik ini."

Penemuan ini dilaporkan dalam sebuah makalah di jurnal Molecular Ecology.

SCI News