Serangan Jamur Mengancam Pasokan Makanan Global 

Penulis : Kennial Laia

Lingkungan

Senin, 08 Mei 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Serangan jamur yang meningkat pesat pada tanaman paling penting di dunia mengancam pasokan makanan planet ini di masa depan, kata para ilmuwan. Mereka memperingatkan bahwa gagal mengatasi patogen jamur dapat menyebabkan "bencana kesehatan global".

Jamur sejauh ini merupakan perusak tanaman terbesar. Makhluk hidup ini sangat tangguh, menempuh jarak jauh dengan angin dan dapat makan di ladang besar dengan satu jenis tanaman. Mereka juga sangat mudah beradaptasi dan banyak yang telah mengembangkan resistensi terhadap fungisida umum.

Menurut para peneliti, dampak penyakit jamur diperkirakan akan memburuk. Pasalnya, krisis iklim mengakibatkan kenaikan suhu dan infeksi jamur bergerak terus ke arah kutub. Sejak 1990-an, patogen jamur telah berpindah ke tempat yang lebih tinggi dengan kecepatan sekitar 7 km per tahun. Infeksi karat batang gandum, biasanya ditemukan di daerah tropis, telah dilaporkan di Inggris dan Irlandia.

Temperatur yang lebih tinggi juga mendorong munculnya varian baru patogen jamur, sementara badai yang lebih ekstrem dapat menyebarkan spora mereka lebih jauh, kata para ilmuwan.

Ilustrasi jamur. Foto: thoughtforfood.org

Prof Sarah Gurr, di University of Exeter di Inggris, salah satu penulis laporan tersebut, mengatakan jamur baru-baru ini menjadi perhatian publik melalui acara TV terkenal The Last of Us, di mana jamur menginfeksi otak manusia.

“Meskipun alur cerita itu adalah fiksi ilmiah, kami memperingatkan bahwa kita dapat melihat bencana kesehatan global yang disebabkan oleh penyebaran cepat infeksi jamur secara global. Ancaman yang akan segera terjadi di sini bukan tentang zombie, tetapi tentang kelaparan global,” jelasnya.

Para ilmuwan mengatakan ada juga risiko bahwa pemanasan global akan meningkatkan toleransi jamur terhadap panas. Ini akan meningkatkan kemungkinan mereka melompati inang untuk menginfeksi hewan berdarah panas dan manusia.

Prof Eva Stukenbrock, di University of Kiel di Jerman, salah satu penulis, mengatakan: “Saat populasi global kita diproyeksikan melonjak, umat manusia menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap produksi pangan. Kami sudah melihat kerugian panen besar-besaran karena infeksi jamur, yang dapat menopang jutaan orang setiap tahun. Tren yang mengkhawatirkan ini mungkin hanya akan memburuk dengan menghangatnya dunia.”

Studi tersebut, yang diterbitkan dalam sebuah artikel di jurnal ilmiah Nature, mengatakan para petani telah kehilangan antara 10% dan 23% tanaman mereka karena penyakit jamur. Di antara lima tanaman terpenting – beras, gandum, jagung, kacang kedelai, dan kentang – infeksi menyebabkan kerugian tahunan yang dapat memberi makan ratusan juta orang. Jamur merupakan enam teratas dalam daftar hama dan patogen baru-baru ini dengan dampak terbesar.

Jamur sangat tangguh, kata para peneliti, tetap hidup di tanah hingga 40 tahun, dan spora udara mereka dapat melakukan perjalanan antar benua. “Setelah tornado di Amerika, Anda dapat melihat spora telah tersedot dan pergi dalam perjalanan jarak jauh,” kata Gurr.

Fungisida banyak digunakan tetapi patogen ini mampu mengembangkan resistensi dengan cepat terhadap perawatan yang hanya menargetkan satu proses seluler.

Sementara itu fungisida yang ada dan pemuliaan konvensional untuk ketahanan terhadap penyakit tidak lagi cukup, kata para peneliti.

Salah satu solusinya adalah menanam campuran benih yang membawa berbagai gen yang tahan terhadap infeksi jamur, ketimbang monokultur dari satu strain. Pada 2022, sekitar seperempat gandum di Denmark ditanam dengan cara ini. Teknologi juga dapat membantu, kata para ilmuwan, dengan drone dan kecerdasan buatan yang memungkinkan deteksi dini dan pengendalian wabah.

Pestisida baru pun sedang dikembangkan. Tim di University of Exeter baru-baru ini menemukan senyawa yang dapat menyebabkan bahan kimia yang menargetkan beberapa proses biologis di dalam jamur, membuat resistensi lebih sulit untuk berkembang. Pendekatan ini telah terbukti bermanfaat melawan jamur yang menginfeksi gandum, beras, jagung, dan pisang.

Para peneliti mengatakan penelitian patogen jamur sangat kekurangan dana. Mereka membandingkan £550 juta yang dialokasikan untuk penelitian Covid-19 oleh dewan Penelitian dan Inovasi Inggris dari tahun 2020 hingga 2022 dengan £24 juta untuk penelitian tanaman jamur selama periode yang sama.

“Jika kita tidak cukup makan, malnutrisi akan membunuh kita sebelum kita terjangkit Covid-19,” kata Gurr. “Tapi [area penelitian] kami benar-benar tidak punya uang dibandingkan dengan setiap penyakit medis yang dapat Anda bayangkan.”


Guardian