Vietnam Catat Suhu Terpanas Sebesar 44.1 Celcius Pada Awal Mei

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Rabu, 10 Mei 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Vietnam melaporkan rekor suhu tertinggi 44,1C (111,38F), pada 6 Mei 2023. Hal ini mendorong pakar dan pihak berwenang menganjurkan penduduk untuk tetap berada di dalam rumah selama suhu panas berlangsung. 

Para ilmuwan mengatakan pemanasan global memperparah cuaca buruk. Negara-negara tetangga pun mencatat rekor suhu selama gelombang panas di Asia pada bulan April.

Rekor Vietnam diukur di dalam ruangan di stasiun Hoi Xuan di provinsi Thanh Hoa utara pada Sabtu, kata Pusat Peramalan Meteorologi Hidro Nasional. Suhu tersebut memecahkan rekor tahun 2019 sebesar 43,4C.

Nguyen Thi Lan, seorang petani, mengatakan suhu di pusat kota Danang telah memaksa para pekerja untuk memulai hari mereka lebih awal dari sebelumnya. “Kami harus selesai sebelum jam 10 pagi untuk menghindari panas,” katanya.

Ilustrasi gelombang panas ekstrem. Foto: iStock

Cuaca Vietnam bervariasi dari utara ke selatan, tetapi negara ini secara keseluruhan kini memasuki bulan-bulan musim panas terpanas.

“Ini adalah catatan yang mengkhawatirkan dalam konteks perubahan iklim dan pemanasan global,” kata Nguyen Ngoc Huy, pakar perubahan iklim, dari ibu kota, Hanoi. “Saya yakin rekor ini akan terulang berkali-kali. Ini menegaskan bahwa model iklim ekstrem terbukti benar.”

Pejabat Danang telah meminta kementerian perindustrian dan kelistrikan Vietnam untuk "bekerja sama untuk mengatasi panas secara efektif, kemungkinan kekeringan dan kekurangan air," menurut media pemerintah.

Para pejabat juga mengatakan kepada perusahaan penyedia air kota untuk memastikan tersedianya pasokan air yang cukup untuk keperluan rumah tangga.

Pada hari Sabtu, pusat kota Hanoi hampir kosong pada tengah hari karena banyak orang tetap berada di dalam rumah untuk menghindari sinar matahari.

Sementara itu departemen meteorologi Thailand melaporkan suhu yang menyamai rekor 44,6C di provinsi Tak barat pada April. Media Myanmar mengatakan sebuah kota di timur negara itu melaporkan 43,8C, tertinggi dalam satu dekade.

Kedua negara tersebut biasanya mengalami masa panas menjelang musim hujan. Namun intensitas panasnya telah melampaui rekor sebelumnya.

Lebih jauh ke barat, Dhaka, ibu kota Bangladesh, mencatat suhu tertinggi sejak 1960-an.

Otoritas cuaca India mengatakan beberapa bagian negara itu mengalami suhu kira-kira tiga hingga empat derajat di atas normal.


Guardian