Bayi Jerapah Kelahiran Bali Safari Ini Bernama Corona

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Kamis, 21 Mei 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar memberi nama seekor bayi jerapah kelahiran Kebun Binatang Bali Safari Park ini Corona. Bayi jerapah ini lahir pada 9 April 2020.

“Kelahirannya saat pandemi Covid-19,” kata tim dokter hewan Taman Safari Indonesia (TSI) Group, drh Yohana Kusumaningtyas, Rabu, 20 Mei 2020.

Bayi jerapah ini lahir dari pasangan Soffie dan Matadi. Proses kelahirannya berjalan dengan lancar. Tim dokter memantau proses kelahirannya melalui kamera pengawas.

“Setelah 2 jam Soffie mengalami kontraksi, lahirlah bayi jerapah dalam kondisi yang sehat,” ujarnya.

Bayi jerapah yang lahir di Taman Safari Bali, April 2020. (Dok. Taman Safari Bali)

Yohana menjelaskan, Sophie hamil sekitar 15 bulan. Sejak awal kehamilan, kondisi Sophie selalu dipantau oleh keeper (perawat satwa), dokter hewan, dan asisten kurator. “Mereka rutin memeriksa kondisi kehamilan dan kesehatan Sophie setiap hari,” ujarnya.

Jerapah (Giraffa camelopardalis) merupakan jenis endemik Afrika dan merupakan spesies hewan tertinggi yang hidup di darat.

Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat hingga mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan.

Saat ini, Yohana mengatakan , bayi jerapah Corona dalam kondisi sehat. Ia masih berada dalam pengasuhan langsung oleh induknya, Soffie.

Dengan kelahiran ini, maka total jumlah jerapah di Bali Safari menjadi lima ekor, yang terdiri dari dua jantan dan tiga betina.

Sementara itu, meski ditutup sementara dalam rangka mencegah mata rantai penyebaran Covid-19 sejak 23 Maret 2020 lalu, program konservasi satwa tetap berjalan di Bali Safari.

Termasuk salah satunya adalah pengembangbiakan satwa dan perawatannya. Satwa tetap diberi pakan secara rutin dan normal. Kondisinya selalu dimonitor tim medis. Terlebih lagi, satwa hamil yang wajib mendapatkan perawatan ekstra demi kesehatan bayinya.