Puluhan Hektare Hutan Gambut di Lereng Bukit Pusuk Buhit Terbakar

Penulis : Sandy Indra Pratama

Hutan

Minggu, 21 Februari 2021

Editor :

BETAHITA.ID -  Puluhan hektare hutan lahan gambut yang berada di lereng bukit Pusuk Buhit, Kelurahan Siogung Ogung, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) terbakar.

Terbakarnya hutan yang berlokasi di kawasan wisata Danau Toba tersebut terjadi sejak Jumat, 19 Februari 2021, siang. Diperkirakan, lahan yang terbakar mencapai 20 hektare.

Bukit Pusuk Buhit terletak di area Pulau Samosir, Kabupaten Samosir. Bukit ini berada di 3 area kecamatan, Pengururan, Sianjur Mula-mula, dan Harian Boho. Pusuk Buhit salah satu puncak di pinggir barat Danau Toba yang berada di ketinggian 1.982 meter dari permukaan laut (mdpl).

Berdasarkan keterangan personel Polres Samosir, Aiptu Awaluddin, hembusan angin kencang di lokasi kebakaran menyebabkan api dengan cepat berkobar dan terus menjalar di areal yang dikelilingi lahan gambut.

Kebakaran terjadi sejak jam 11 siang hingga tengah malam di kawasan Taman Nasional Way Kambas, Minggu, 12 April 2020. Foto: Istimewa.

"Petugas pemadam kebakaran dan warga bahu membahu menjinakkan," kata Awaluddin, kemarin.

Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran di hutan lahan gambut Pusuk Buhit tersebut. Warga beserta petugas berjibaku memadamkan api yang sulit dikandalikan, ditambah titik api yang sulit dijangkau.

"Angin kencang dan lahan kering, juga penyebab api sulit dikendalikan," ujarnya.

Awaluddin menyampaikan, untuk mencegah api meluas dan hal serupa tidak terjadi, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran, salah satunya pembakaran dengan alasan pembukaan lahan.

"Mari sama-sama kita patuhi," ujarnya mengimbau.