Pemanasan Global Merusak DNA Burung Berkicau Terancam Punah

Sabtu, 18 Juni 2022

BETAHITA.ID - Gelombang panas yang ekstrim dapat menyebabkan burung dan mamalia mati secara massal. Meskipun hewan pada umumnya akan mengalami stres panas yang relatif ringan yang tidak membunuhnya. Tetapi temuan baru menunjukkan bahwa gelombang panas dapat menyebabkan satwa menderita kerusakan kesehatan jangka panjang.

Burung peri bermahkota ungu yang terancam punah--burung penyanyi Australia yang kecil tapi mencolok--ini misalnya. Ia bisa berada pada risiko yang lebih besar dari pemanasan global setelah sebuah penelitian menemukan bahwa paparan kondisi panas dan kering merusak DNA anak burung.

Berbeda dengan efek yang lebih nyata dari pemanasan global pada spesies--seperti meningkatnya risiko kebakaran hutan, hilangnya habitat atau gelombang panas yang mematikan--para ilmuwan mengatakan efek yang mereka temukan itu cenderung senyap, merusak dan seumur hidup.

Burung wrens memiliki berat kurang dari 13 gram dan hidup di kantong vegetasi lebat di sepanjang sistem sungai di Northern Territory dan wilayah Kimberley timur di Australia Barat.

Anak burung gelatik peri bermahkota ungu. Kecuali burung dapat beradaptasi dengan perubahan iklim, populasi mereka dapat menurun lebih jauh./Foto: Niki Teunissen/AWC

Penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa ketika suhu di habitat burung naik di atas 31 C selama musim kemarau, akan mempengaruhi panjang bagian DNA burung yang dikenal sebagai telomer yang merupakan penanda bagaimana baik mereka dapat bereproduksi dan berapa lama mereka hidup.

Saat iklim menghangat, kata penelitian itu, burung-burung itu kemungkinan terkena panas yang lebih besar, yang selanjutnya memperpendek telomer dan meningkatkan risiko kepunahan.

Perubahan itu terungkap setelah para ilmuwan mengambil sampel darah dari pembuluh darah di sayap burung yang hidup di suaka yang dilindungi di Kimberley yang terpencil.

Dr. Justin Eastwood, penulis utama dan rekan peneliti pascadoktoral Universitas Monash, mengatakan, pemendekan telomer mempercepat proses penuaan, yang berarti burung mati lebih muda dan memiliki lebih sedikit keturunan. Eastwood dan rekan-rekannya melihat model iklim untuk melihat bagaimana suhu bisa berubah untuk peri wrens.

“Kami menemukan bahwa bahkan di bawah skenario pemanasan iklim yang relatif ringan, efek tidak mematikan pada panjang telomer yang bersarang saja dapat mengakibatkan penurunan populasi,” katanya.

Peri wrens telah dipantau di Mornington--Marion Downs sanctuary, yang dikelola oleh Australian Wildlife Conservancy, selama 17 tahun. Nestlings memiliki berat hanya tujuh gram--tidak lebih berat dari pensil--ketika sampel darah diambil dan dianalisis.

Prof. Anne Peters, ahli ekologi evolusi Universitas Monash yang ikut menulis makalah tersebut, mengatakan temuan itu mengkhawatirkan.

“Kita harus waspada terhadap ancaman diam-diam yang merusak yang dapat diungkap oleh penelitian seperti ini,” katanya.

Secara teoritis mungkin seleksi alam dapat mendukung burung wren dengan telomere yang sedikit lebih panjang, katanya, dan ini dapat melawan efek panas. Tetapi apakah ini bisa terjadi, atau bisa terjadi cukup cepat, tidak diketahui.

Spesies lain juga bisa terancam karena kondisinya semakin panas, Peters menambahkan, berdasarkan ancaman yang ada yang dihadapi oleh burung muda.

“Tidak pernah hanya ada satu ancaman yang dihadapi oleh suatu spesies,” katanya.

Sementara kawasan lindung dapat mengurangi ancaman lainnya, katanya, mencegah kerusakan DNA yang disebabkan oleh panas yang meningkat merupakan tantangan yang jauh lebih besar.

The Guardian