Bank dan Supermarket Inggris Dituding Dukung Deforestasi Brasil

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Deforestasi

Selasa, 28 Juni 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebuah laporan investigatif yang diterbitkan Global Witness menyebut pemodal global, supermarket Inggris, dan pemasok kulit Italia telah dianggap mendukung penggundulan hutan, perampasan tanah, dan penggunaan tenaga kerja budak di Brasil, dengan mendanai dan menyimpan produk dari raksasa daging Brasil JBS.

Lembaga keuangan yang disebutkan dalam laporan investigasi yang dirilis 23 Juni 2022 kemarin itu adalah HSBC, Barclays, Santander, Deutsche Bank, BlackRock dan JP Morgan. Laporan itu mengatakan, lembaga-lembaga tersebut telah selama bertahun-tahun menyalurkan miliaran dolar ke JBS dan terus melakukannya--sementara pada saat yang sama berjanji untuk menghapus deforestasi dari portofolio mereka.

Laporan tersebut mencatat bahwa Barclays memfasilitasi kesepakatan obligasi untuk JBS senilai hampir USD 1 miliar tahun lalu dan mengatakan bank terus melakukan bisnis dengan JBS selama beberapa tahun meskipun banyak laporan Global Witness tentang perusahaan. Laporan lebih lanjut menemukan, antara September dan Oktober tahun lalu, perusahaan investasi yang dikendalikan oleh Deutsche Bank, HSBC, Santander, BlackRock dan JP Morgan memegang saham senilai lebih dari USD293 juta di JBS.

Supermarket yang menjual produk yang menggunakan daging sapi JBS, yang diperiksa pada Februari tahun ini, diberi nama Sainsbury's, Islandia, dan Asda. Laporan itu menyebut pemasok kulit asal Italia, Gruppo Mastroto, sebagai pembeli kulit JBS.

Global Witness mengatakan temuannya muncul di tengah kekhawatiran bahwa Amazon mungkin mencapai 'titik kritis yang tidak dapat diubah'./Foto: Ricardo Lima/Getty Images

Global Witness menyatakan temuannya datang ketika deforestasi mencapai tingkat rekor dan sementara pembongkaran kebijakan lingkungan dan melemahnya lembaga lingkungan di bawah kepemimpinan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro telah disorot sebagai risiko utama yang dapat mendorong Amazon ke titik kritis yang tidak dapat diubah, dengan konsekuensi yang menghancurkan bagi masyarakat adat dan komunitas lokal, iklim global dan keanekaragaman hayati.

Penyelidikan menyoroti dua jenis masalah rantai pasokan JBS, langsung dan tidak langsung. Dalam rantai pasokan langsung, laporan tersebut menemukan JBS mendapatkan ternak dari 144 peternakan di negara bagian Pará Amazon yang berisi lebih dari 10.000 lapangan sepak bola dari penebangan ilegal Amazon, bertentangan dengan kewajiban legal tanpa deforestasi.

Laporan tersebut mengatakan bahwa dalam rantai pasokan tidak langsung, JBS telah gagal memantau 1.600 peternakan lebih lanjut, yang dikatakan terkait dengan 57.000 lapangan sepak bola dengan deforestasi legal dan ilegal.

Menanggapi tuduhan dalam laporan tersebut, Global Witness mengatakan JBS membantah klaim bahwa semua 144 peternakan pasokan langsung tidak sesuai dengan kebijakan tanpa deforestasi.

Dalam sebuah pernyataan kepada Guardian, JBS mengatakan telah memblokir salah satu pemasok langsung di Pará, segera setelah pihaknya menerima tuduhan LSM tentang aktivitas penipuan lebih lanjut. Pernyataan itu selanjutnya mengatakan JBS memiliki kebijakan tanpa toleransi untuk deforestasi ilegal, perampasan tanah, kerja paksa atau pelanggaran hak asasi manusia yang terkait dengan rantai pasokan perseroan.

JBS mengatakan, pihaknya menghormati pengadaan yang bertanggung jawab sendiri dan LSM dan protokol pemantauan uji tuntas yang disetujui negara setiap saat dan telah menggunakan data resmi terbaik yang tersedia untuk menilai semua pemasok potensial di area yang tiga kali lebih besar dari Inggris, setiap hari untuk 10 tahun terakhir, dan … segera memblokir semua peternakan yang tidak patuh.

JBS telah berkomitmen untuk memantau seluruh rantai pasokannya pada 2025, termasuk pemasok tidak langsung yang bermasalah, tetapi mengatakan bahwa, terlepas dari permintaannya, pemerintah Brasil belum menyediakan beberapa catatan yang diperlukan.

Bekerja sama dengan Bureau of Investigative Journalism and Repórter Brasil, Guardian sebelumnya mengungkap kaitan dengan deforestasi ilegaldalam rantai pasokan JBS. Perusahaan kemudian melakukan reorganisasi dan berjanji untuk mencapai emisi nol bersih pada 2040.

Menanggapi klaim laporan bahwa mereka menyimpan produk daging sapi JBS, juru bicara Sainsbury mengatakan, hubungan antara peternakan sapi dan perusakan ekosistem seperti Amazon, Cerrado dan Pantanal adalah masalah kompleks, yang pihaknya anggap sangat serius. Ia menambahkan, meskipun ada upaya untuk mengatasi masalah tersebut, tidak cukup kemajuan yang dicapai dan, sebagai akibatnya, pihaknya tidak lagi menawarkan produk daging kornet segar merek sendiri dari Brasil.

"Kami juga telah berkomitmen untuk berhenti membeli daging kornet merek sendiri dari Brasil sehingga kami dapat memastikan produk kami tidak berkontribusi terhadap deforestasi."

Asda mengatakan dalam email bahwa tidak mendapatkan produk apa pun dari pemasok yang disebutkan dalam penyelidikan ini. Tautan dalam laporan antara Asda dan JBS dibuat berdasarkan stok daging kornet Asda Exeter. Asda mengatakan dalam email kepada Guardian bahwa mereka tidak lagi menyediakan produk Exeter.

Seorang juru bicara Santander mengatakan kepada Guardian bahwa mereka berkomitmen untuk melindungi Amazon dan menjalankan kebijakan ketat yang mengatur aktivitas pembiayaan di wilayah tersebut. Ia menambahkan, pihaknya mengharapkan klien pemrosesan daging sapi di Amazon memiliki rantai pasokan yang sepenuhnya dapat dilacak yang bebas deforestasi pada 2025, termasuk pemasok tidak langsung ternak, sebagai prasyarat untuk memberikan kredit.

"Kami percaya ini adalah standar pinjaman paling ambisius dari bank mana pun di kawasan ini.”

Seorang juru bicara Deutsche Bank mengatakan kepada Guardian bahwa mereka tidak secara sadar mendanai kegiatan yang mengakibatkan pembukaan hutan primer, melibatkan pembalakan liar atau konversi nilai konservasi tinggi, hutan stok karbon tinggi atau lahan gambut.

"Di mana kami bekerja dengan konglomerat. Kami melakukan upaya yang signifikan untuk memastikan pembiayaan kami hanya diarahkan pada kegiatan yang sejalan dengan kebijakan kami.”

HSBC merujuk Guardian untuk tanggapannya dalam laporan yang mengatakan bisnis manajemen asetnya memiliki saham di raksasa daging sapi atas nama orang lain dan bahwa itu tidak memiliki pengaruh atas keputusan untuk berinvestasi di JBS.

BlackRock juga menunjuk Guardian untuk tanggapannya dalam laporan yang mengatakan telah terlibat dengan perusahaan untuk mencari peningkatan kepatuhan dengan komitmennya dan bahwa catatan pemungutan suara pada rapat pemegang saham tahunan JBS menunjukkan keberatan atas pengawasan buruk perusahaan terhadap proses manajemen risiko, termasuk pada kinerja keberlanjutannya.

JP Morgan mengatakan kepada Guardian bahwa pihaknya menolak mengomentari tuduhan tersebut. Begitu juga dengan Barclays yang menolak berkomentar kepada Guardian, tetapi mengatakan kepada Global Witness bahwa mereka berkomitmen untuk membantu klien korporatnya mencapai nol deforestasi bersih.

Gruppo Mastrotto mengatakan kepada Global Witness, meskipun mengakui pembelian dari penyamakan kulit JBS di Pará, volume pembeliannya kecil dan sejak itu berhenti membeli dari JBS. Islandia sementara itu mengatakan kepada Global Witness bahwa mereka terlibat dengan pemasoknya untuk memastikan mereka mendapatkan daging sapi mereka secara bertanggung jawab.

The Guardian