Peluncuran Atlas Baru Migrasi Burung di AS

Penulis : Aryo Bhawono

Biodiversitas

Senin, 19 September 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Seekor burung bay-breasted warbler seberat uang koin mampu melakukan perjalanan panjang luar biasa. Ia dapat terbang 6.437 km atau 4 ribu mil, dari tengah hutan cemara Kanada hingga Amerika Selatan bagian utara.

"Burung yang bermigrasi adalah penjelajah kecil dunia ini," kata Direktur Senior Inisiatif Burung Migrasi di National Audubon Society, seperti dikutip dari AP

National Audubon Society menerbitkan sebuah atlas migrasi burung yang bisa diakses secara online. Pembuatan peta ini menggunakan sejumlah sumber data ilmiah dan komunitas yang belum pernah ada sebelumnya. Peta ini menggambarkan rute sekitar 450 spesies burung di Amerika, termasuk burung warbler.

Alat pemetaan The Bird Migration Explorer tersedia gratis untuk umum, merupakan kolaborasi berkelanjutan 11 kelompok yang mengumpulkan dan menganalisis data tentang pergerakan burung, termasuk Laboratorium Ornitologi Cornell, Pusat Burung Migrasi Smithsonian, AS. Survei Geologi, Universitas Georgetown, Universitas Negeri Colorado, dan Masyarakat Audubon Nasional.

10 burung bermigrasi

Situs ini, untuk pertama kalinya, akan mengumpulkan data online dari ratusan studi ilmiah yang menggunakan tag GPS untuk melacak pergerakan burung. Lebih dari 100 tahun data pembanding yang dikumpulkan oleh USGS, pengamatan ilmu komunitas yang dimasukkan ke dalam platform eBird Cornell , analisis genomik bulu untuk menentukan asal burung, dan data lainnya.

"Dua puluh tahun kita terakhir telah melihat kebangkitan sejati dalam berbagai teknologi untuk melacak migrasi burung di seluruh dunia pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata pakar migrasi burung di Universitas Georgetown, Peter Marra, yang berkolaborasi dalam proyek tersebut.

Situs ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan spesies — semisal osprey — dan mengamati pergerakan selama setahun. Misalnya, data dari 378 osprey yang dilacak muncul sebagai titik kuning yang bergerak di antara pesisir Amerika Utara dan Amerika Selatan saat bilah kalender bergulir sepanjang bulan dalam setahun.

Atau pengguna dapat memasuki kota tempat tinggal mereka dan mengeklik di tempat lain di peta untuk melihat sebagian daftar burung yang bermigrasi di antara dua lokasi tersebut. Misalnya, osprey, bobolink, dan setidaknya 12 spesies lainnya bermigrasi antara Washington, D.C. dan Fonte Boa, Brasil.

Saat data pelacakan baru tersedia, situs akan terus berkembang. Direktur program untuk situs tersebut, Melanie Smith, mengatakan fase ekspansi berikutnya akan menambah lebih banyak data tentang burung laut.

Penduduk Washington DC, Michael Herrera, mulai mengamati burung sekitar empat bulan lalu dan dengan cepat ketagihan. Ini, kata dia, hampir seperti dunia tersembunyi yang ada di depan matamu.

“Begitu Anda mulai memperhatikan, semua detail yang seperti kebisingan latar belakang ini tiba-tiba memiliki arti," ucapnya.

Herrera mengatakan dia ingin mempelajari lebih lanjut tentang rute migrasi burung air di wilayah Atlantik tengah, seperti bangau biru besar dan kuntul besar.

Marra, dari Georgetown, berharap pelibatan masyarakat akan membantu menyoroti beberapa tantangan konservasi yang dihadapi burung, termasuk hilangnya habitat dan perubahan iklim.

Dalam 50 tahun terakhir, populasi burung di A.S. dan Kanada telah turun hampir 30 persen, dengan spesies yang bermigrasi menghadapi beberapa penurunan paling tajam.