Jaring Hantu Ancam Ekosistem Laut

Penulis : Aryo Bhawono

Sampah

Jumat, 21 Oktober 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Sebuah penelitian telah menghitung panjang senar pancing yang tertinggal di lautan cukup untuk direntangkan hingga ke bulan. Senar ini merupakan salah satu jenis sampah yang mematikan bagi kehidupan laut.

Dikutip dari Guardian, jumlah sampah di lautan dari peralatan memancing cukup mengejutkan. Peneliti menyebutkan peralatan yang hilang itu mencakup 25 juta pancing dan perangkap, serta 14 miliar kait. Semuanya memiliki konsekuensi mematikan bagi kehidupan laut.

Banyak jaring yang hilang atau dibuang setiap tahun hingga cukup untuk menutupi Skotlandia. Jika semua jenis jaring yang hilang diikat bersama-sama, itu akan dapat membentang di sekitar bumi 18 kali.

“Ini sangat menantang. Dan ini memiliki dampak jumlah kematian yang tidak dapat dibayangkan yang dapat mengakibatkan efek tingkat populasi bagi satwa liar laut,”  kata Dr Denise Hardesty, dari badan sains CSIRO pemerintah Australia, dan salah satu penulis studi tersebut.

Seekor penyu menggigit sampah plastik/ Troy Mayne/WWF

Peneliti dari CSIRO dan University of Tasmania sendiri mengumpulkan data melalui wawancara dengan 451 nelayan komersial di tujuh negara untuk menanyakan peralatan apa saja yang hilang. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Science Advances

Para peneliti mencocokkan wawancara tersebut dengan data tentang jumlah penangkapan ikan komersial secara global untuk memperkirakan apa yang hilang. Kerugian tahunan termasuk diantaranya :

  • 78.000 km persegi (30.000 mil persegi) jaring pukat cincin dan gillnet
  • 215 km persegi jaring pukat dasar
  • 740.000 km (46.000 mil) jalur panjang utama
  • 15,5 juta km (9,6m mil) jalur cabang
  • 13 miliar kail pancing
  • 25 juta perangkap dan pot

Nelayan di Amerika Serikat, Maroko, Indonesia, Belize, Peru, Islandia dan Selandia Baru turut diwawancarai. Negara-negara tersebut dipilih karena memiliki industri perikanan yang paling banyak menggunakan metode penangkapan ikan.

Perahu yang lebih kecil kehilangan lebih banyak peralatan daripada perahu yang lebih besar, dan nelayan pukat dasar kehilangan lebih banyak jaring daripada pukat di tengah laut.

Perkiraan sebelumnya menempatkan persentase peralatan yang hilang pada tingkat yang lebih tinggi, tetapi penelitian itu bergantung pada berbagai studi, daripada estimasi standar berdasarkan wawancara.

Hardesty mengatakan nelayan sering kehilangan jala karena cuaca buruk karena peralatan tidak diamankan dengan baik atau hanyut, atau peralatan terjerat dengan peralatan dari kapal lain yang bersaing untuk mendapatkan ikan yang sama.

Namun karena jaring dirancang untuk menangkap dan membunuh hewan, peralatan yang hilang akan terus menjebak satwa liar selama bertahun-tahun saat mereka mengapung di laut, tenggelam ke dasar, atau hanyut ke darat.

“Itu burung, penyu, paus, hiu, lumba-lumba, duyung. Anda kemudian juga menangkap sejumlah besar ikan tetapi kemudian tidak memakannya. Itu menjadi masalah ketahanan pangan karena itulah protein yang tidak memberi makan orang di seluruh dunia” katanya.

Kelsey Richardson, penulis utama dari University of Tasmania, mengatakan perkiraan terperinci akan membantu manajer perikanan, sektor perikanan komersial, dan konservasionis untuk menargetkan solusi yang lebih baik.

“Jaring menambah masalah global polusi plastik laut,” ucapnya.

Hardesty mengatakan ada solusi, seperti pemerintah daerah memperkenalkan pembelian kembali alat tangkap lama yang cenderung lebih sering hilang daripada peralatan baru. Label dapat dilampirkan pada alat tangkap, dan fasilitas gratis dapat diperkenalkan di pelabuhan untuk memungkinkan nelayan membuang jaring yang tidak dapat digunakan dengan aman.

Richard Leck, kepala kelautan di WWF Australia, mengatakan angka ini menakjubkan. Ini memberi gambaran tentang skala masalah yang mengerikan dan kebutuhan mendesak untuk mengatasinya.

“Jaring hantu – seperti yang mereka ketahui – adalah bentuk polusi plastik yang sangat mematikan bagi semua kehidupan laut yang kita pedulikan. Begitu jaring ini hilang dari kapal penangkap ikan, mereka tidak berhenti menangkap ikan,” ujarnya.

Leck mengatakan perjanjian polusi plastik global yang saat ini sedang dinegosiasikan melalui PBB diperlukan untuk mengatasi masalah jaring hantu di tingkat global. Selain itu  untuk memastikan negara-negara bertanggung jawab melalui pelaporan dan pelabelan alat tangkap yang transparan.

“Ini mempengaruhi semua negara – bukan hanya tempat di mana jaring hilang. Alat ini dapat bermigrasi di sekitar lautan dan terus menangkap ikan dan menjerat spesies yang terancam,” jelasnya.