Menanam Pohon Bisa Menyelamatkan Nyawa

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Hutan

Kamis, 19 Januari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebuah studi baru yang dilakukan di Portland, Oregon menemukan bahwa kampanye penanaman pohon oleh organisasi nirlaba Friends of Trees, yang telah berlangsung selama 30 tahun terakhir, telah dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam kematian non-kecelakaan dan kardiovaskular (masing-masing 20 persen dan 6 persen, untuk pohon yang ditanam dalam 15-30 tahun sebelumnya).

Penelitian yang dilakukan oleh Barcelona Institute for Global Health dan USDA Forest Service dan diterbitkan dalam jurnal Environment International, juga memperkirakan bahwa manfaat ekonomi tahunan dari penanaman pohon jauh lebih besar daripada biaya pemeliharaannya.

Bukti menunjukkan hubungan antara paparan terhadap alam dan kematian yang lebih rendah semakin banyak. "Namun, sebagian besar penelitian menggunakan pencitraan satelit untuk memperkirakan indeks vegetasi, yang tidak membedakan berbagai jenis vegetasi dan tidak dapat secara langsung diterjemahkan ke dalam intervensi nyata," kata Payam Dadvand, peneliti ISGlobal dan penulis senior studi ini.

Oleh karena itu, para penulis memanfaatkan eksperimen alami yang terjadi di Kota Portland, antara 1990 dan 2019, Friends of Trees menanam 49.246 pohon jalanan (dan menyimpan catatan di mana pohon-pohon tersebut ditanam, dan kapan).

Salah seorang relawan WWF Indonesia sedang menanam bibit pohon. Foto: WWF Indonesia

Jadi, tim peneliti melihat jumlah pohon yang ditanam di area tertentu (khususnya, saluran sensus, tempat tinggal sekitar 4.000 orang) dalam 5, 10, atau 15 tahun sebelumnya. Mereka mengaitkan informasi ini dengan kematian akibat kardiovaskular, pernapasan, atau penyebab non-kecelakaan di area yang sama, menggunakan data dari Otoritas Kesehatan Oregon.

Hasilnya menunjukkan bahwa di lingkungan di mana lebih banyak pohon telah ditanam, tingkat kematian (kematian per 100.000 orang) lebih rendah. Hubungan negatif ini signifikan untuk mortalitas kardiovaskular dan non-kecelakaan (yaitu, semua penyebab tidak termasuk kecelakaan), terutama untuk laki-laki dan orang di atas usia 65 tahun.

Lebih jauh lagi, hubungan ini semakin kuat seiring dengan bertambahnya usia dan pertumbuhan pohon. Penurunan tingkat kematian yang terkait dengan pohon yang ditanam 11-15 tahun sebelumnya (30 persen) dua kali lipat dari yang diamati dengan pohon yang ditanam dalam 1-5 tahun sebelumnya (15 persen).

Ini berarti bahwa pohon yang lebih tua dikaitkan dengan penurunan angka kematian yang lebih besar dan bahwa melestarikan pohon dewasa yang ada mungkin sangat penting bagi kesehatan masyarakat.

Studi ini tidak memberikan wawasan langsung tentang bagaimana pohon meningkatkan kesehatan. Namun, temuan bahwa pohon-pohon besar memiliki dampak kesehatan yang lebih besar daripada pohon-pohon yang lebih kecil adalah hal yang menarik, karena pohon-pohon yang lebih besar lebih baik dalam menyerap polusi udara, memoderasi suhu, dan mengurangi kebisingan (tiga faktor yang terkait dengan peningkatan mortalitas).

"Kami mengamati efeknya baik di lingkungan yang hijau maupun yang kurang hijau, yang menunjukkan bahwa penanaman pohon jalanan bermanfaat bagi keduanya," kata Geoffrey H. Donovan, dari USDA Forest Service dan penulis pertama studi ini.

Analisis ini memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kematian, seperti pendapatan, pendidikan, dan komposisi ras di lingkungan tersebut.

Akhirnya, menurut perkiraan para penulis, manfaat penanaman pohon jauh lebih besar daripada biayanya. Biaya tahunan penanaman dan pemeliharaan satu pohon perkotaan di masing-masing 140 area saluran sensus Portland akan berkisar antara USD3.000 hingga USD13.000, sementara itu akan menghasilkan sekitar USD14,2 juta per tahun dalam bentuk nyawa yang diselamatkan.

"Hasil penelitian kami memberikan dasar bukti penting untuk intervensi nyata (misalnya, menanam pohon) untuk meningkatkan umur panjang penduduk perkotaan," simpul Dadvand.

SCI Tech Daily