Lautan Mencapai Suhu Terpanas dalam Sejarah pada 2022

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Jumat, 13 Januari 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Lautan dunia mengalami suhu terpanas yang pernah tercatat pada 2022. Menurut analisis terbaru, hal ini menunjukkan perubahan mendalam dan meluas yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca manusia terhadap planet bumi. 

Lebih dari 90% kelebihan panas yang terperangkap oleh emisi gas rumah kaca diserap di lautan. Catatan mengenai suhu lautan dimulai pada 1958, menunjukkan kenaikan suhu laut yang tak terhindarkan, dengan percepatan pemanasan setelah tahun 1990.

Suhu permukaan laut memiliki pengaruh besar pada cuaca dunia. Lautan yang lebih panas menambah cuaca ekstrem, menyebabkan badai dan topan yang lebih intens dan lebih banyak uap air di udara, yang membawa hujan dan banjir yang lebih intens. Air yang lebih hangat juga mengembang, mendorong permukaan laut dan membahayakan kota-kota pesisir.

Sementara itu suhu lautan jauh lebih sedikit dipengaruhi oleh variabilitas iklim alami ketimbang suhu atmosfer. Ini menjadikan lautan sebagai indikator pemanasan global yang tak terbantahkan.

Lapisan es di permukaan Laut Arktik. Dok Jeremy Mathis/NOAA

Tahun lalu diperkirakan menjadi tahun terpanas keempat atau kelima yang tercatat untuk suhu udara permukaan saat data akhir dikumpulkan. Selama tahun 2022, dunia melihat peristiwa La Niña ketiga berturut-turut, yang merupakan fase lebih dingin dari siklus iklim tidak teratur yang berpusat di Pasifik yang memengaruhi pola cuaca global. Saat El Niño kembali, suhu udara global akan meningkat lebih tinggi lagi.

Tim ilmuwan internasional yang menghasilkan analisis panas lautan baru ini menyimpulkan: "Energi Bumi dan siklus air telah sangat berubah karena emisi gas rumah kaca oleh aktivitas manusia, mendorong perubahan luas dalam sistem iklim Bumi."

Prof John Abraham, di University of St Thomas di Minnesota dan bagian dari tim studi, mengatakan: “Jika Anda ingin mengukur pemanasan global, Anda ingin mengukur ke mana perginya pemanasan, dan lebih dari 90% masuk ke lautan.”

“Mengukur lautan adalah cara paling akurat untuk menentukan seberapa tidak seimbangnya planet kita,” tambahnya. “Kita mendapatkan cuaca yang lebih ekstrem karena lautan yang menghangat dan itu memiliki konsekuensi yang luar biasa di seluruh dunia.”

Prof Mann mengatakan, analisis menunjukkan lapisan air hangat yang semakin dalam di permukaan laut. 

“Hal ini menyebabkan intensifikasi badai yang lebih besar dan lebih cepat – sesuatu yang juga telah kita lihat tahun lalu – karena angin tidak lagi mengocok sub- air permukaan yang sebaliknya akan meredam intensifikasi.”

Penelitian yang dirilis pada hari Senin oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa banyak peristiwa cuaca ekstrem pada tahun 2022 menjadi lebih mungkin dan lebih intens oleh krisis iklim. Contohnya hujan lebat yang menyebabkan banjir dahsyat di Chad, Niger, dan Nigeria.

Pengukuran suhu laut yang andal dilakukan sejak tahun 1940. Tetapi kemungkinan besar lautan sekarang berada pada titik terpanas selama 1.000 tahun dan memanas lebih cepat dari waktu mana pun dalam 2.000 tahun terakhir.

Analisis tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Atmospheric Sciences, menggunakan data suhu yang dikumpulkan oleh berbagai instrumen di seluruh lautan dan menggabungkan analisis terpisah oleh tim China dan AS untuk menghitung kandungan panas dari 2.000 meter teratas, tempat sebagian besar pemanasan terjadi. 

Lautan menyerap sekitar 10 zettajoule lebih banyak panas pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021. Ini setara dengan setiap orang di Bumi yang menyalakan 40 pengering rambut sepanjang hari, setiap hari.

Para peneliti juga menganalisis salinitas, yang bersama dengan suhu menentukan kerapatan air dan merupakan pendorong vital sirkulasi laut. Indeks variabilitas salinitas di seluruh lautan mencapai rekor tertinggi pada tahun 2022, menunjukkan amplifikasi berkelanjutan dari siklus hidrologi global.

Ciri penting lain dari lautan adalah stratifikasi, di mana pelapisan air berdasarkan kepadatan menjadi lebih kuat. Ini membatasi pencampuran air yang lebih dalam, lebih dingin, dan lebih kaya nutrisi dengan air permukaan.

Para ilmuwan menemukan  bahwa tren jangka panjang peningkatan stratifikasi berlanjut pada tahun 2022. “Ini membawa konsekuensi ilmiah, sosial, dan ekologis yang penting".

Salah satu akibatnya, kata Abraham, berkurangnya percampuran di lautan berarti lapisan permukaan menyerap lebih sedikit karbon dioksida dari atmosfer, sehingga meningkatkan pemanasan global.

Para peneliti juga mengatakan: "Ada peningkatan kejadian gelombang panas yang memecahkan rekor dan kekeringan di belahan bumi utara, konsisten dengan pemanasan laut yang intensif di samudra Pasifik dan Atlantik garis lintang tengah."

Pemanasan lautan, dan dampaknya pada cuaca ekstrem, akan meningkat hingga umat manusia mencapai emisi nol bersih, tulis ilmuwan dalam analisis tersebut. 

Guardian