Puluhan Gajah Masuk ke Ladang Warga

Penulis : Aryo Bhawono

Satwa

Senin, 06 Maret 2023

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID -  Puluhan gajah liar memasuki ladang warga di Desa Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Mereka keluar dari dari hutan untuk mencari makanan. 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan Ujang Wisnu Barata mengatakan, rombongan ini sedikit keluar dari lintasan mereka. Menurutnya gajah-gajah itu hendak menuju ladang warga yang ditanami komoditas yang juga disukai para gajah, seperti jagung, padi dan sawit.

“Kejadian ini sebenarnya berulang, selalu mendekati masa panen. Tapi kali ini lebih banyak lagi sehingga sempat membuat ,” ucapnya ketika ditelepon pada Jumat (3/3/2023). 

Rombongan gajah yang keluar dari hutan itu diperkirakan mencapai 30 ekor dari total sekitar 60-80 ekor populasi gajah di sana. BKSDA Sumsel sendiri telah mengidentifikasi mereka menjadi tiga kelompok, yakni Melani dengan 30 gajah, Meisi dengan 30 gajah, dan satu kelompok lagi di rentang jumlah 10-20 gajah. 

Sekelompok gajah sumatra sedang beristirahat sambil meminum air di sungai. Foto: Kehati

Kelompok yang merambah perkebunan warga itu sendiri merupakan kelompok Melani. Ujang memastikan gajah ini tak sampai ke pemukiman warga karena masih berjarak sekitar 1,5 kilometer.

“Kami sebenarnya sudah antisipasi karena kelompok Melani dan Meisi sudah dipasangi GPS collar,” kata dia. 

Habitat dan lintasan gajah ini adalah hutan industri. Pada konsesi terdapat koridor yang ditanami dengan tanaman sesuai pakan gajah. Sedangkan batas perkebunan warga dengan konsesi tempat lintasan gajah tersebut sudah terdapat parit penghalang namun masih bisa dilalui oleh rombongan satwa itu. 

Ujang menyebutkan meski bisa dihalau untuk kembali ke lintasan, pihaknya tengah merencanakan penyelesaian jangka panjang dengan meminta warga untuk mengubah tanaman di ladang dengan komoditas yang tidak disukai gajah. Tanaman berbau menyengat seperti sereh, cabai, dan lemon,  tak disukai gajah.

“Kami masih membicarakan, bahkan tak hanya dengan warga tetapi juga dengan pihak perusahaan. 

Hasil pemantauan terakhir, gajah tersebut semakin menjauh dari ladang warga dan kembali masuk ke koridornya di hutan industri. 

Sebelumnya peristiwa ini sempat direkam dan diunggah oleh akun instagram @studio42uhf.  Gajah liar itu keluar dari hutan secara berkelompok. Warga sekitar pun tampak tidak takut dan merekam peristiwa langkah itu dengan menggunakan handphone.