Empat Titik Panas Terdeteksi di Riau

Penulis : Aryo Bhawono

Karhutla

Senin, 13 Maret 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Empat titik panas terdeteksi satelit muncul di Riau, pada Jumat (10/3) pukul 16.00 WIB. Lima daerah yang menetapkan status siaga darurat karhutla.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Mia Vadhila, menyebutkan dua titik panas di Siak ini terdeteksi satelit SNPP dan NOAA20 di Kecamatan Bunga Raya, sedangkan satu titik di Dumai terdeteksi oleh satelit NOAA20 di Kecamatan Sungai Sembilan. Selanjutnya, satu titik di Rohil terdeteksi SNPP di Kecamatan Tanah Putih. 

"Empat hotspot tersebut terdeteksi di Kabupaten Siak sebanyak dua titik serta Rokan Hilir dan Kota Dumai masing-masing terdeteksi satu titik," kata Mia Vadhila di Pekanbaru seperti dikutip dari Antara

Keempat hotspot ini, kata dia, berada di level confidence 30-79 persen atau kategori sedang.

Petugas pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan lahan gambut yang terbakar di Desa Natai Baru, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Senin (2/1/2023) kemarin./Foto: Antara Foto/Ario Tanoto/wsj.

Sedangkan untuk jarak pandang terpantau normal dengan visibility enam km hingga 10 km. Di Pekanbaru 10 km, Rengat delapan km, Dumai 10 km, Pelalawan 10 km, dan Tambang enam km. 

"Jarak pandang di Tambang, Kampar sejauh enam km dan hujan ringan," katanya. 

Sementara itu, di Pulau Sumatera secara keseluruhan terdeteksi 31 hotspot, yakni Jambi sembilan titik, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara masing-masing tujuh titik, Aceh dua titik, serta Sumatera Barat dan Bangka Belitung masing-masing satu titik. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya belum menerima laporan terbaru tentang adanya kebakaran lahan maupun hutan. 

"Sampai sore ini belum ada laporan titik api maupun kebakaran. Nanti malam jika ada perkembangan akan kami informasikan," kata Edy.

Ia menambahkan saat ini sudah ada lima daerah yang menetapkan status siaga darurat karhutla, yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Meranti, Siak, dan Rokan Hulu. 

Sedangkan tujuh daerah yang belum menetapkan status siaga darurat karhutla adalah Kabupaten Pelalawan, Kuansing, Rokan Hilir, Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai. 

"Kami mendorong agar kabupaten/kota yang belum, untuk dapat menetapkan status siaga darurat karhutla," kat Edy.