Pemanasan Global: Miliaran Orang Dipaksa Keluar dari Ceruk Iklim

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Jumat, 26 Mei 2023

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Pemanasan global disebut akan menyebabkan miliaran orang mengalami kenaikan suhu dan cuaca ekstrem. Manusia harus beradaptasi dengan suhu baru, dan meninggalkan temperatur atau iklim yang selama ribuan tahun cocok dengannya. 

Dalam studi terbaru, para ilmuwan kembali mengingatkan bahwa saat ini dunia berada di jalur pemanasan 2,7C dengan skenario dan rencana aksi saat ini. Ini berarti, 2 miliar orang akan mengalami suhu tahunan rata-rata di atas 29C pada 2030. Di masa lalu, sangat sedikit komunitas yang hidup dengan suhu ini. 

Menurut para ilmuwan, hingga 1 miliar orang dapat memilih untuk bermigrasi ke tempat yang lebih dingin. Meskipun daerah yang tersisa di ceruk iklim–kondisi iklim spesies mampu berkembang–masih akan mengalami gelombang panas dan kekeringan yang lebih sering.

Sebaliknya, tindakan cepat untuk menurunkan emisi karbon dan menjaga kenaikan suhu global menjadi 1,5C akan memangkas jumlah orang yang didorong keluar dari ceruk iklim sebesar 80%, menjadi 400 juta.

Ilustrasi gelombang panas ekstrem. Foto: iStock

Analisis tersebut adalah yang pertama dari jenisnya dan mampu memperlakukan setiap warga negara secara setara, tidak seperti penilaian ekonomi sebelumnya tentang kerusakan akibat krisis iklim, yang condong ke orang kaya.

Di negara-negara dengan populasi besar dan iklim yang sudah hangat,  kebanyakan orang akan terdorong keluar dari relung iklim manusia. Dalam hal ini, India dan Nigeria menghadapi perubahan terburuk. India sudah menderita gelombang panas yang ekstrem, dan sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa lebih dari sepertiga kematian terkait panas di musim panas dari 1991-2018 terjadi sebagai akibat langsung dari pemanasan global yang disebabkan oleh manusia.

Prof Tim Lenton di University of Exeter, Inggris, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan, biaya pemanasan global sering dinyatakan dalam istilah keuangan. Namun penelitian ini menyoroti kerugian manusia yang fenomenal karena gagal mengatasi keadaan darurat iklim.

“Perkiraan ekonomi hampir selalu lebih menghargai orang kaya daripada orang miskin, karena mereka punya risiko kehilangan aset. Mereka juga  cenderung menilai orang yang hidup sekarang daripada yang hidup di masa depan. Kami menganggap semua orang setara dalam penelitian ini,” kata Lenton. 

Prof Chi Xu, di Nanjing University di China, dan bagian dari tim peneliti, mengatakan: “Suhu setinggi itu [di luar ceruk] telah dikaitkan dengan masalah termasuk peningkatan kematian, penurunan produktivitas tenaga kerja, penurunan kinerja kognitif, gangguan belajar, efek samping yang merugikan. hasil kehamilan, penurunan hasil panen, peningkatan konflik dan penyebaran penyakit menular.”

Sementara Prof Marten Scheffer di Wageningen University, Belanda, dan penulis senior studi tersebut, mengatakan mereka yang didorong keluar dari relung iklim mungkin mempertimbangkan untuk bermigrasi ke tempat yang lebih dingin. “Bukan hanya migrasi puluhan juta orang tetapi mungkin sekitar satu miliar atau lebih,” katanya. 

Studi tersebut, yang terbit di jurnal Nature Sustainability, berhasil mengidentifikasi kondisi iklim di mana umat manusia dapat berkembang. Para peneliti menemukan, kebanyakan orang tinggal di tempat dengan suhu tahunan rata-rata 13C atau 25C. 

Kondisi di luar itu terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu kering. Selain itu, suhu di luar ini juga terkait dengan tingkat kematian yang lebih tinggi, produksi pangan yang lebih rendah, dan pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah.  

“Ceruk iklim menggambarkan di mana orang berkembang dan telah berkembang selama berabad-abad, bahkan ribuan tahun di masa lalu,” kata Lenton. “Saat orang berada di luar [niche], mereka tidak berkembang.”

"Kami terkejut betapa manusia tetap sangat terbatas dalam hal distribusi mereka terhadap iklim - ini adalah hal mendasar yang telah kami lakukan," tambah Scheffer. 

Para ilmuwan menggunakan model iklim dan populasi untuk melihat kemungkinan perubahan jumlah orang di masa depan di luar relung iklim, yang mereka definisikan berada di atas suhu rata-rata tahunan 29C.

Saat ini ada 60 juta orang yang tinggal di luar ceruk dan terkena panas yang berbahaya, kata para peneliti. Tetapi dengan setiap kenaikan suhu global 0,1C saat ini, 140 juta orang tambahan terdorong keluar dari ceruk.

Jika suhu global terus meningkat menuju 2,7C, pemanasan dikombinasikan dengan pertumbuhan populasi global akan berujung pada 2 miliar orang tinggal di luar ceruk pada 2030 dan 3,7 miliar pada tahun 2090.

Dalam skenario terburuk, suhu global akan naik 3,6C dan membuat hampir separuh populasi dunia berada di luar relung iklim.

Pemotongan emisi yang cepat dan dalam untuk menjaga pemanasan hingga 1,5C akan sangat mengurangi jumlah orang di luar ceruk, demikian temuan para peneliti. Misalnya, 90 juta orang di India akan hidup dengan suhu rata-rata di atas 29C, dibandingkan dengan 600 juta jika suhu global naik menjadi 2,7C. Negara lain yang akan sangat terpengaruh oleh suhu tinggi termasuk Indonesia, Filipina, dan Pakistan.

Lenton mengatakan pilihan yang paling praktis dan cepat untuk beradaptasi dengan suhu tinggi adalah dengan meningkatkan ruang hijau di kota-kota. "Ini dapat mengurangi suhu ekstrem 5C dan memberikan keteduhan - itu sangat berpengaruh," katanya. 

Guardian