LIPUTAN KHUSUS:

Mirip Anak Manusia, Kera Besar Cenderung Belajar dari Pengajaran


Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Ahli primatologi telah mencatat beberapa kasus mengenai kemampuan kera besar untuk belajar dari mengamati tindakan orang lain di alam liar.

Biodiversitas

Kamis, 03 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Sebuah studi baru oleh para peneliti dari Central European University (CEU) Department of Cognitive Science, Eotvos Lorand University (ELTE), University of St. Andrews, dan Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology melihat apakah kera mirip dengan manusia dalam hal kapasitas belajar, ketika seseorang mencoba untuk mengajari mereka sesuatu. Studi, "Belajar dari komunikasi versus pengamatan pada kera besar," diterbitkan pada 21 Februari 2022 di Scientific Reports.

Ahli primatologi telah mencatat beberapa kasus mengenai kemampuan kera besar untuk belajar dari mengamati tindakan orang lain di alam liar. Namun, kekurangan kera--setidaknya menurut pengetahuan kita saat ini--adalah pengajaran yang disengaja.

Anak kera dapat belajar dari induk mereka bagaimana menggunakan tongkat kayu untuk memancing rayap hanya dengan mengawasinya, tetapi induknya tidak akan mencoba untuk menarik perhatian anaknya ke bagian terpenting dari tindakannya. Apakah ini berarti kera tidak peduli dengan seseorang yang mencoba mengajari mereka sesuatu?

Dalam studi tersebut, para peneliti menunjukkan kepada simpanse, bonobo, dan orangutan cara mengoperasikan perangkat dispenser makanan. Untuk mendapatkan makanan, kera harus memasukkan benda ke dalam lubang kecil di bagian atas perangkat.

Seekor simpanse tengah dalam penelitian./Foto: Central European University

Setelah memasukkan objek ke dalam lubang, perangkat mengeluarkan suara dan pelet makanan dibagikan di bagian bawah perangkat sebagai hadiah. Namun, sementara beberapa objek adalah "objek yang baik" karena mereka "membuat perangkat berfungsi", beberapa objek adalah "objek yang salah" karena setelah memasukkannya, tidak ada yang terjadi (karena itu kera tidak menerima hadiah).

Ketika para peneliti menunjukkan kera bagaimana menggunakan perangkat, mereka memiliki dua jenis demonstran. Sementara satu demonstran juga berkomunikasi dengan kera sebelum dia memasukkan objek ke dalam perangkat (dia melakukan kontak mata, bertepuk tangan dan memberi tahu kera "halo"), demonstran lainnya tidak berkomunikasi, hanya menghasilkan beberapa perhatian lain yang menarik suara (mengetuk lantai ruangan) dan kemudian memasukkan objeknya ke dalam perangkat. Yang terpenting, demonstran yang berkomunikasi dengan kera hanya menggunakan "benda yang salah", jadi dalam kasus ini, kera bisa belajar bahwa benda-benda ini tidak akan membantu mereka mendapatkan makanan dari perangkat.

Demonstran lain, bagaimanapun, yang tidak berkomunikasi dengan kera menggunakan "benda yang baik", jadi dalam situasi ini, kera selalu dihargai. Terakhir, pada tahap uji coba, kedua demonstran menawarkan objek mereka kepada kera, sehingga mereka dapat memilih di antara mereka dan menggunakan objek yang dipilih untuk mengoperasikan perangkat oleh mereka sendiri.

Pada titik penelitian ini, hal yang mengejutkan terjadi meskipun kera dapat melihat dengan mata kepala sendiri bahwa objek yang salah tidak pernah menghasilkan makanan untuk mereka, mereka tetap memilih objek ini di separuh waktu. Hal ini bahkan lebih mengejutkan mengingat pada kelompok kontrol, ketika kedua demonstran berkomunikasi, atau tidak ada satupun dari mereka yang berkomunikasi, tetapi salah satunya masih menggunakan objek yang salah dan yang lainnya menggunakan objek yang baik, sebagian besar kera tidak melakukannya memiliki masalah dengan berhasil memilih objek yang baik dan mendapat imbalan.

Apa yang bisa menjadi penjelasan dari hasil ini?

“Dari penelitian sebelumnya, kami telah mengetahui bahwa tidak hanya bayi dan anak-anak manusia yang peka terhadap isyarat komunikatif, tetapi kera juga dapat mengenali dan bereaksi terhadap isyarat ini,” kata CEU Postdoctoral Fellow dan ELTE Assistant Professor Hanna Marno.

"Namun, sementara dalam kasus anak-anak, kami menganggap bahwa isyarat ini mungkin dipahami oleh anak-anak sebagai 'lihat, ini adalah cara bagaimana Anda harus melakukannya.' Dalam kasus kera, akan mengejutkan untuk mengandaikan interpretasi seperti itu, mengingat mereka tidak saling mengajar di alam liar."

"Namun demikian, penelitian ini memberikan bukti bahwa kera masih dapat memiliki beberapa bias untuk mengaitkan pentingnya komunikasi, yang mungkin menjadi pendahulu untuk mengajar dalam kasus mereka. Semoga, penelitian lebih lanjut akan membantu kami memahami lebih baik apa yang bisa menjadi kapasitas yang hilang yang mereka perlukan agar mereka mulai saling mengajar juga di alam liar."

PHYS