Selasa, 23 Juni 2020

Y. Y. Akhmadi

BETAHITA.ID -  Kawanan kera ekor panjang sejak beberapa hari terakhir terlihat turun dari habitatnya di sekitar Gunung Merapi. Kera-kera ini sebagian bahkan sudah masuk ke perkampungan warga untuk mencari makan.

Hewan bernama latin macaca fascicularis ini diduga kelaparan akibat tidak adanya suplai makanan dari wisatawan. Pasalnya sejak pandemi Covid-19 melanda, wisata Kaliurang ditutup.

Warga yang peduli dengan keselamatan kera kemudian berinisiatif memberi makan berupa buah segar di sekitar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Kaliurang. Dengan pasokan makanan buah ini diharapkan kera tidak lagi turun ke permukiman warga, sehingga menghindari konflik dengan manusia.

“Ini inisiatif kami saja karena kondisi covid ini kawasan wisata Kaliurang adalah tertutup, jadi kera-kera di sini sudah terbiasa dengan pengunjung. Kita melihat karena di tempat kami ada bahan makanan yang mungkin oleh masyarakat sudah jarang untuk dimakan kita antarkan ke sini untuk dimakan oleh kera-kera tersebut,” kata salah seorang warga, Wantoro, Minggu (21/6/2020).

Kera Gunung Merapi. ((Dok.Solotrust.com)