LIPUTAN KHUSUS:

Populasi Ikan Migran Air Tawar Anjlok 80% Sejak 1970


Penulis : Kennial Laia

Ikan migran air tawar merupakan lauk penting bagi masyarakat adat dan jutaan orang lainnya di dunia.

Spesies

Sabtu, 25 Mei 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Populasi ikan migran air tawar menurun lebih dari 80 persen sejak tahun 1970.  Berdasarkan temuan penelitian terbaru, penurunan paling cepat terjadi di Amerika Selatan dan Karibia, di mana kelimpahan spesies ini telah menurun sebesar 91% selama 50 tahun terakhir.

Kedua wilayah ini merupakan wilayah dengan migrasi air tawar terbesar di dunia, namun bendungan, pertambangan, dan pengalihan air oleh manusia telah merusak ekosistem sungai. Di Eropa, populasi ikan air tawar yang bermigrasi telah menurun sebesar 75%, menurut pembaruan terkini pada Living Planet Index.

Ikan air tawar yang bermigrasi sebagian atau seluruhnya bergantung pada sistem air tawar – ada pula yang lahir di laut dan bermigrasi kembali ke air tawar, atau sebaliknya. Dalam beberapa kasus, mereka dapat berenang melintasi benua dan kemudian kembali ke sungai tempat mereka lahir.

Hal ini menjadi dasar pola makan dan penghidupan jutaan orang di seluruh dunia. Namun, banyak sungai yang tidak lagi mengalir deras karena pembangunan bendungan dan penghalang lain yang menghalangi migrasi spesies. Diperkirakan terdapat 1,2 juta penghalang di sungai-sungai Eropa.

Rombongan ikan salmon menerjang air terjun Brooks Falls di Alasa, AS, saat musim migrasi. Dok. Wikimedia Commons.

Penyebab lain penurunan ini adalah polusi dari air limbah perkotaan dan industri, serta limpasan dari jalan raya dan pertanian. Kerusakan iklim juga mengubah habitat dan ketersediaan air tawar. Penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan adalah ancaman lainnya.

Herman Wanningen, pendiri World Fish Migration Foundation, salah satu organisasi yang terlibat dalam penelitian ini, mengatakan penurunan populasi ikan yang bermigrasi merupakan sebuah peringatan yang memekakkan telinga bagi dunia. 

“Kita harus bertindak sekarang untuk menyelamatkan spesies kunci ini dan sungai-sungainya,” ujar Wanningen, Selasa, 21 Mei 2024. 

“Ikan yang bermigrasi sangat penting bagi budaya banyak masyarakat adat, memberi makan jutaan orang di seluruh dunia, dan menopang jaringan spesies dan ekosistem yang luas. Kita tidak bisa terus membiarkan mereka hilang begitu saja,” ujarnya. 

Menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), seperempat spesies ikan air tawar terancam punah, dan ikan yang bermigrasi juga terancam punah.

Laporan tersebut mengamati tren populasi 284 spesies ikan air tawar. Para peneliti juga mencatat mungkin ada penurunan substansial sebelum tahun 1970 namun tidak ada data mengenai hal ini.

Data yang tersedia juga tidak mencukupi untuk menghitung perubahan populasi di Afrika, namun para peneliti menulis bahwa banyak spesies di wilayah tersebut menghadapi berbagai pemicu stres.

Penulis laporan ini menyerukan perlunya pemantauan jangka panjang yang lebih baik, pemulihan dan perlindungan sungai, dan penghapusan hambatan migrasi.

Menurut laporan tersebut, para peneliti ingin menemukan alternatif energi terbarukan dibandingkan ribuan bendungan pembangkit listrik tenaga air baru yang sedang direncanakan di seluruh dunia. Tahun lalu, tercatat 487 hambatan telah dihilangkan di 15 negara Eropa.

Michele Thieme, wakil direktur air tawar WWF-AS, mengatakan: “Kami memiliki alat, ambisi dan komitmen untuk membalikkan penurunan populasi ikan air tawar… Memprioritaskan perlindungan sungai, restorasi dan konektivitas adalah kunci untuk melindungi spesies ini.”

David Jacoby, dosen zoologi di Lancaster University, mengatakan bahwa meskipun laporan tersebut mengkonfirmasi kekhawatiran yang meluas mengenai perairan tawar, “tingkat penurunannya, baik secara regional maupun global, masih mengejutkan”.

“Ancaman yang ditimbulkan oleh hambatan terhadap migrasi, polusi, pengambilan air, dan perubahan iklim bersifat kumulatif,” katanya. Jacoby mengatakan bahwa dampak “besar” terhadap spesies yang bermigrasi dan dampak terhadap perikanan yang lestari memerlukan peningkatan pemantauan untuk membantu menghubungkan kembali ekosistem air tawar dan laut.