LIPUTAN KHUSUS:

Separuh Hutan Bakau di Dunia Terancam Akibat Ulah Manusia


Penulis : Kennial Laia

Mangrove semakin terancam akibat kenaikan permukaan air laut dan krisis iklim. Ekosistem ini berfungsi untuk menyimpan cadangan karbon dan penting untuk keberlangsungan biodiversitas.

Konservasi

Jumat, 24 Mei 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Separuh dari seluruh hutan mangrove di dunia terancam rusak, berdasarkan penilaian para ahli yang pertama kali dilakukan terhadap ekosistem penting dan simpanan karbon ini.

Perilaku manusia adalah penyebab utama penurunan jumlah spesies ini, menurut analisis Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN). Hutan mangrove di India selatan, Sri Lanka, dan Maladewa merupakan kelompok yang paling berisiko.

Sementara itu ekosistem di Laut Cina Selatan, Pasifik Tengah, dan Segitiga Terumbu Karang bagian timur di sekitar Malaysia, Papua Nugini, dan Filipina diklasifikasikan sebagai terancam punah.

“Ekosistem mangrove memiliki kemampuan luar biasa dalam menyediakan layanan penting bagi masyarakat, termasuk pengurangan risiko bencana pesisir, penyimpanan dan penyerapan karbon, serta dukungan terhadap perikanan,” kata Angela Andrade, Ketua Komisi Pengelolaan Ekosistem IUCN, Kamis, 23 Mei 2024. “Kehilangan mereka akan menjadi bencana bagi alam dan manusia di seluruh dunia,” ujarnya. 

Hutan mangrove yang berusia ratusan tahun di kawasan lindung di Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Dok Kennial Laia/Betahita

Tersebar di seluruh dunia, hutan mangrove mencakup puluhan spesies pohon dan semak yang berbeda di sepanjang garis pantai tropis, yang melindungi beragam keanekaragaman hayati. Kawasan ini berfungsi sebagai tempat pembibitan ikan dan mendukung mamalia yang beragam seperti harimau, anjing liar Afrika, dan kungkang.

Ekosistem mangrove menyimpan jumlah karbon yang tidak sebanding dengan ukurannya, sehingga menyerap hampir tiga kali lipat karbon yang disimpan oleh hutan tropis dengan ukuran yang sama.

Indonesia sendiri memiliki luas mangrove 3,36 juta hektare, atau sekitar 23% dari keseluruhan yang ada di dunia, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan per 2024. 

Sekitar 15% garis pantai dunia ditutupi oleh hutan mangrove. Namun studi ini menemukan bahwa mereka semakin terancam oleh naiknya permukaan air laut, pertanian, pembangunan di sepanjang garis pantai, polusi seperti tumpahan minyak, dan dampak pembangunan bendungan.

Peternakan udang, pembangunan pesisir dan bendungan di sungai, yang mengubah aliran sedimen, semuanya telah ditetapkan sebagai penyebab kerugian sebelumnya oleh para peneliti. Namun meningkatnya ancaman akibat naiknya permukaan air laut dan krisis iklim mengancam kelangsungan hidup mereka karena meningkatnya frekuensi dan tingkat keparahan badai yang hebat.

Para peneliti menggunakan alat IUCN untuk menilai risiko terhadap ekosistem – mirip dengan daftar merah IUCN, yang digunakan untuk menghitung risiko kepunahan suatu spesies – untuk melakukan penelitian yang melibatkan lebih dari 250 ahli di seluruh dunia.

“Daftar merah ekosistem memberikan jalur yang jelas tentang bagaimana kita dapat membalikkan hilangnya hutan mangrove dan melindungi ekosistem yang rentan ini untuk masa depan, membantu menjaga keanekaragaman hayati, mengatasi dampak perubahan iklim dan mendukung realisasi Kerangka Keanekaragaman Hayati Global,” kata Andrade.

Hutan mangrove di Hawaii dan Polinesia Tenggara tidak diikutsertakan dalam penilaian ini karena secara alami bukan merupakan bagian dari ekosistem.