LIPUTAN KHUSUS:

Alat Outdoor Nyaman Mungkin Terhubung dengan Ketidaksuburan


Penulis : Kennial Laia

Sebagian besar alat outdoor--dari sepatu, ransel, hingga jaket antihujan--masih menggunakan bahan kimia abadi. Buruk untuk kesehatan.

Lingkungan

Jumat, 21 Juni 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Para pendaki mungkin secara tidak sengaja merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan mereka sendiri dengan mengenakan pakaian yang kedap air dan mengandung “bahan kimia abadi”. Sebuah penelitian oleh Ethical Consumer pada 27 perusahaan yang membuat pakaian luar ruangan seperti bulu domba, jaket tahan air, sepatu bot, dan ransel, menemukan 82%-nya masih menggunakan bahan per dan polikloro alkil, atau PFAS.

Beberapa bahan kimia yang digolongkan sebagai PFAS telah dikaitkan dengan masalah kesehatan termasuk kolesterol tinggi, kesuburan, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan beberapa jenis kanker. Bahan-bahan ini telah digunakan dalam produk-produk konsumen sejak 1950-an dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, sehingga mencemari tanah dan pasokan air.

Namun ada alternatif lain. Páramo dan Finisterre tidak menggunakan PFAS dalam produk mereka, sedangkan Fjällräven, Alpkit, Lowe Alpine, dan Patagonia sebagian besar bebas PFAS. Mereka dan lebih dari selusin perusahaan lain mengatakan akan mengakhiri penggunaan PFAS tahun depan. Keen juga memproduksi sepatu bot bebas PFAS sejak 2018.  

Namun hampir separuh perusahaan yang dinilai oleh Ethical Consumer tidak memiliki tanggal penghentian penggunaan PFAS.

Ilustrasi aktivitas pendakian. Dok. Moyan Brenn via Wikimedia Commons

Jane Turner, penulis dan peneliti Ethical Consumer, mengatakan kontaminasi global yang tidak dapat diubah dan toksisitas ekstrem dari 'bahan kimia abadi’ telah terbukti selama bertahun-tahun. Namun sebagian besar perusahaan pakaian luar ruangan masih menggunakannya secara tidak perlu dan menambah beban polusi PFAS. 

“Hal ini tidak dapat diterima dan perusahaan harus berhenti menggunakannya sekarang. Konsumen hanya boleh membeli dari perusahaan yang bertanggung jawab yang telah berhenti menggunakan PFAS,” kata Turner saat merilis hasil riset, 15 Juni 2024. 

Terdapat beberapa brand yang sebagian besar produknya bebas bahan kimia abadi, dengan target penghapusan yang jelas. Di antaranya Jack Wolfskin, Mammut, dan Alpkit. 

Brand yang masih menggunakan namun memiliki tahun target untuk penghapusan bertahap, antara lain Adidas Terrex, Columbia, brand Decathlon (Simond, Forclaz, dan Quechua), Mountain Hardwear, dan Salomon. Banyak dari merek-merek tersebut dijual di Indonesia. 

Sementara itu brand yang masih menggunakan bahan kimia abadi serta secara samar atau tidak pernah menyatakan komitmen antara lain The North Face, Karrimor, Mountain Warehouse, Berghaus, Arc’Teryx, dan Trespass. 

Ada lebih dari 10.000 bahan kimia PFAS, menurut Fidra, sebuah badan amal lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dan polusi kimia. Bahan yang digunakan pada perlengkapan luar ruangan membantu kain menolak air, sehingga cairannya terlepas.

Proses pelapukan bahan berarti bahwa pejalan kaki yang mengenakan perlengkapan luar ruangan melepaskan sebagian bahan kimia ke lingkungan, meskipun sebagian besar polusi PFAS terjadi selama pembuatan bahan kimia tersebut, saat bahan tersebut diaplikasikan pada kain, dan saat produk dibuang.

Hannah Evans, manajer proyek di Fidra, mengatakan PFAS telah ditemukan di sungai-sungai yang mengalir melalui Inggris, di lereng Gunung Everest dan di lebih dari 600 spesies satwa liar, mulai dari beruang kutub hingga lumba-lumba hidung botol.

“Di Eropa saja terdapat setidaknya 23.000 lokasi kontaminasi yang diketahui, 2.000 di antaranya dianggap sebagai ‘hotspot’ PFAS – area yang konsentrasinya dianggap berbahaya bagi kesehatan. PFAS berkontribusi terhadap krisis polusi kimia global,” kata Evans. 

Daya tarik penggunaan PFAS adalah dapat membuat kain menjadi tahan noda dan juga tahan air. Mereka juga digunakan untuk membuat wajan antilengket, lemari es, mesin jet, dan peralatan listrik. Memilih untuk menghilangkan potensi nilai jual dapat menjadi keputusan sulit yang diambil oleh beberapa perusahaan.