LIPUTAN KHUSUS:

Konsumsi Energi AI Ganggu Janji Emisi Google dan Microsoft


Penulis : Kennial Laia

Emisi Google melonjak 50% dalam 5 tahun. Total konsumsi listrik pusat data pada 2026 diperkirakan setara dengan tingkat permintaan listrik di Jepang.

Energi

Sabtu, 06 Juli 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Tujuan Google untuk mengurangi jejak iklim berada dalam bahaya karena perusahaan ini semakin bergantung pada pusat data yang haus energi untuk mendukung produk kecerdasan buatan (AI) barunya. Raksasa teknologi itu mengungkapkan pada hari Selasa bahwa emisi gas rumah kacanya telah meningkat 48% selama lima tahun terakhir.

Google mengatakan konsumsi listrik oleh pusat data dan emisi rantai pasokan adalah penyebab utama peningkatan tersebut. Perusahaan juga mengungkapkan dalam laporan lingkungan tahunannya bahwa emisinya pada 2023 telah meningkat 13% dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai 14,3 juta metrik ton.

Perusahaan teknologi tersebut, yang telah banyak berinvestasi dalam AI, mengatakan bahwa tujuan mereka yang “sangat ambisius” untuk mencapai emisi nol bersih pada 2030 “tidak akan mudah”. Dikatakan bahwa “ketidakpastian yang signifikan” dalam mencapai target tersebut termasuk “ketidakpastian mengenai dampak AI terhadap lingkungan di masa depan, yang kompleks dan sulit diprediksi”.

Emisi Google telah meningkat hampir 50% sejak 2019, tahun dasar tujuan Google untuk mencapai nol bersih (net zero), yang mengharuskan perusahaan membuang CO2 sebanyak yang dihasilkannya.

Pusat data Google di The Dalles, Oregon, Amerika Serikat, pada 2012. Dok. Google Handout/EPA

Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan bahwa total konsumsi listrik pusat data dapat berlipat ganda dari tingkat pada tahun 2022 menjadi 1.000TWh (terawatt jam) pada 2026, setara dengan tingkat permintaan listrik di Jepang. AI akan menghasilkan pusat data yang menggunakan 4,5% pembangkit energi global pada 2030, menurut perhitungan perusahaan riset SemiAnalysis.

Pusat data memainkan peran penting dalam melatih dan mengoperasikan model yang mendukung model AI seperti Gemini dari Google dan GPT-4 OpenAI, yang mendukung chatbot ChatGPT. Tahun ini Microsoft mengakui bahwa penggunaan energi yang terkait dengan pusat datanya membahayakan target “moonshot” untuk menjadi negatif karbon pada 2030. Brad Smith, presiden Microsoft, mengakui bulan lalu bahwa target perusahaan bergeser karena strategi AI perusahaan.

Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, mengatakan pekan lalu bahwa AI akan membantu memerangi krisis iklim karena teknologi besar “sangat bersedia” membayar ekstra untuk menggunakan sumber listrik ramah lingkungan untuk menyampaikan bahwa “mereka menggunakan energi ramah lingkungan”.

Perusahaan-perusahaan teknologi besar telah menjadi pembeli utama energi terbarukan dalam upaya mencapai tujuan iklim mereka.

Namun, janji untuk mengurangi emisi CO2 kini bertentangan dengan janji untuk berinvestasi besar-besaran pada produk AI yang memerlukan sejumlah besar energi untuk pelatihan dan penerapan di pusat data, serta emisi karbon yang terkait dengan pembuatan dan pengangkutan server komputer dan chip yang digunakan dalam proses tersebut.

Penggunaan air juga merupakan salah satu faktor lingkungan dalam ledakan AI. Sebuah penelitian memperkirakan bahwa AI dapat menggunakan hingga 6,6 miliar meter kubik air pada 2027, hampir dua pertiga dari konsumsi tahunan Inggris.